Welcome to My Page

IMAN DAN AMAL SOLEH

Sabtu, 02 April 2011

Munthakhab Ahadist Kalimah Tayyibah

KALIMAH TAYYIBAH

لآٍٍِإله الآ الله محمد رسوالله


TIADA YANG PATUT DISEMBAH KECUALI ALLAH,
DAN MUHAMMAD ADALAH UTUSAN ALLAH


IMAN

Pengertian harafiah iman adalah percaya kepada perkataan seseorang dengan bergantung semata-mata kepada kekuasaannya . Dalam istilah agama Iman berarti percaya kepada yang gaib dengan bergantung semata-mata pada kekuasaan Rasul.


Ayat-ayat Al Qur’an

قال الله تعلى : وما أرسلنا من قبلك من رسول إلآ نوحى إليه أنه, لآ إله إلآ أنافاعبدون (25) [الآنيساء :25]
Allah SWT berfirman : “Dan Kami tidak mengutus seorang Rasulpun sebelum kamu ( wahai Muhammad), melainkan Kami wahyukan kepadanya : “bahwasanya tidak ada Tuhan melainkan Aku (Allah ), maka sembahlah olehmu sekalian akan Aku” ( Al Anbiya 21:25 )

وقل تعلى : إنماالمؤمنون ألّذينا إذا ذكرالله وجالت قلو بهم وإذا تليت علهم ءايته, ادتهم إيمنا وعلى ربهم يتو كلون (2) [ الآ نفل : 2 ]
Allah SWT berfirman : Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu… apabila dibacakan kepada mereka ayat-ayat Nya , bertambahlah iman mereka dan kepada Tuhanlah mereka bertawakkal. ( Al Anfal 8:2)

وقال تعلى : فأما ألذين ءامنوا بالله وأعتصموا به, فسيدخلهم فى رحمة منه وفضل ويهديهم إليه صراطا مشتقما (175) [ النسا : 175 ]
Allah SWT berfirman : Adapun orang-orang yang beriman kepada Allah dan berpegang teguh kepada (agama)-Nya, niscaya Allah akan memasukkan mereka kedalam rahmat Nya dan limpahan karunia Nya, dan menunjuki mereka kejalan yang lurus kepadaNya. (Annisa 4:175 )

وقال تعلى : إنا لننصر رسلنا وألذين ءامنوا فى الحيوة ألدنيا ويوم يقوم ألآشهد (51) [غافر :51 ]
Allah Swt berfirman : Seseungguhnya Kami menolong rasul-rasul Kami dan orang-orang yang beriman dalam kehidupan di dunia dan pada Hari ( Kebangkitan ) ketika berdirinya saksi-saksi. (Ghofir 40:51)

وقال تعلى : ألذين ءامنوا ولم يلبسوا إيمنهم بظلم أوليك لهم ألآ من وهم مهتدون (82) [ الآنعام :82]
Allah SWT berfirman : Orang-orang yang beriman (kepada ke esaan Allah dan tidak menyembah selain daripadaNya ) dan tidak mencampur adukkan iman mereka dengan zulum ( dengan menzalimi diri mereka seperti menyembah selain dari pada Allah –syirik ), mereka itulah orang-orang yang mendapatkan keamanan dan mereka itulah adalah orang-orang yang mendapat petunjuk. (Al an’am 6:82)

وقالىتعلى : وألذين ءامنوا أشد حبا لله (165) [البقرة : 165]
Allah SWT berfirman : adapun orang-orang yang beriman amat sangat cintanya kepada Allah. (Al Baqarah 2:165)

وقال تعلى : قل إن صلاتى ومماتى للهربالعلمين (162) [الآنعام :162 ]
Allah SWT berfirman : Katakanlah (wahai Muhammad)! Sesungguhnya shalatku, ibadatku, tidurku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam. (Al An’am 6:162)


Hadits-hadits Nabawi

1-عن أبى هريرة رضىالله عنه قال : قال رسول الله صلىالله عليه وسلم : الإيما بضع وسبعون شعبة، فأفضلها قول لآألهألله، وأدناها أماطة الأذى عنالطريق، والحياء شعبة من الأيمانסּ رواه مسلم، باب بيان عددشعب الايمان ... ،رقم : 153
1. Abu Hurarirah r.a. meriwayatkan : Rasulullah SAW bersabda : Iman (yakin) mempunyai lebih daripada 70 cabang , dan yang terbaik daripadanya adalah La ilaha illallah ( tiada yang patut disembah kecuali Allah ), dan yang paling rendah adalah membuang duri dari jalan, dan Haya (malu) adalah salah satu cabang dari iman. ( H.R.Muslim)
Catatan : Hakikat Haya(malu) adalah dapat menahan seseorang dari kejahatan, dan mencegah seseorang dari melalaikan kewajibannya yang mesti ia tunaikan kepada orang lain. ( Riyadush sholihin ).

2- عن أبى بكر رضىالله عنه قل : قل رسول الله صلىالله عليه وسلم : من قبل منى الكلمة التى عرضت على عمى فردها على فهى له نجاة סּ رواه احمد 1/6
2. Abu Bakar r.a. meriwayatkan : Rasulullah saw bersabda : Barang siapa yang menerima daripadaku kalimah yang saya sampaikan kepada pamanku (Abu Talib pada saat menjelang kematiannya) tetapi ia menolaknya akan menjadi sebab keselamatannya. (Musnad Ahmad)

3- عن أبى هريرة رضىالله عنه قل : قل رسول الله صلىالله عليه وسلم : جددوا إيمانكم ، قيل:يا رسول الله ! وكيف نجدد إيماننا ؟ قال : أكشروا من قول لآ إله إلله . رواه أحمد والطبرانى إسناد أحمد حسن، الترغيب 2/415
3. Abu Hurairah r.a. meriwayatkan : Rasulullah SAW bersabda : Perbaharuilah iman kamu ! apabilah ditanya : Wahai Rasulullah, bagaimana kami memperbaharui Iman kami ? Baginda bersabda : Perbanyaklah mengucapkan kalimah La ilaha illallah. ( Musnad Ahmad, Tabrani dan targhib)

4- عن جابربن عبدالله رضىالله عنهما يقول : سمعت رسول الله صلىالله عليه وسلم : يقول : أفضل الذكر لآ إله الله وأفضل الدعاء الحمد لله. رواه الترمذى وقالى : هذاحديث حسن غريب، باب ماحاء أندعوة المسلم مستخابة، رقم : 3353
4. Jabir Ibnu Abdullah r.a. meriwayatkan : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: Zikir (ingat kepada Allah ) yang terbaik adalah La ilaha illallah dan doa yang terbaik adalah Alhamdulillah. ( HR.Tirmidzi )
Catatan : 1. Kalimah ini adalah asas seluruh Din (agama), dan seorang tidak akan menjadi seorang muslim tanpanya begitupun iman dan amal seseorang tidak akan dapat diterima tanpanya. 2. memuji Allah SWT sama dengan bermohon oleh karena itu disebut sebagai doa yang terbaik (Mazahir Haque).

5- عنأبى هريرة رضىالله عنه قال : قاى رسول الله صلىالله عليه وسلم : ماقل عبد لآ أله الله قط مخلصا إلا فتحت له أبواب السماء حت تفضى إلىالعرشى ما احتنب الكباير.رواه الترمذى وقال : هذا حديث حسن، باب دعاء أم سلمة رضىالله عنهما، رقم. 359
5. Abu Hurairah r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : Tidaklah seorang hamba (Allah) mengucapkan La ilaha illallah dengan ikhlas, kecuali pintu-pintu langit terbuka sehingga ucapannya itu mencapai Arsy Allah ( yang diterima ) asalkan ia bersabar dari dosa-dosa besar. (HR.Tirmidzi)
Catatan: 1. Mengucapkan dengan Ikhlas maksudnya bebas dari sifat pura-pura dan nifak. 2. Bersabar dari dosa-dosa besar memastikan diterima ucapannya dengan tepat dan jikalau diucapkan kalimat itu tanpa bersabar daripada dosa-dosa besar maka ucapan itu tidak bermanfaat atau tidak ada pahala. (Mirqat-ul-Mafatih)

6- عن يعلى بنشداد قل: حدثنى أبى شداد وعبادة بن اصامت رضىالله عنهماحاضريصدقه قال: كناعندالنبى صلىالله عليه وسلم فقل : هل فيكم غريبي يعني أهل الكتاب ؟ قلنا : لايارسول الله !فأمربغلق البا وقال : ارفعوا أيديكم وقولوا : لآإله إلا الله ، فرفعنا أيد ينا ساعة ثم وضع صلىالله عليه وسلم يده ثم قال : الحمدلله ، اللهم إنك بعشتنى بهذه الكلمة وأمرتنى بها ووعدتنى عليها الجنة وإنكىلاتخلف الميعاد ، ثم قال : ألاأبسروا فإن الله قدغفر لكم . رواه أحمد والطبرانى والبزار ورجاله موثق ن ، مجمع الزواد 1/164
6. Ya’la Ibnu Shaddad r.a meriwayatkan : Ayahku Shaddad menceritakan kepada saya yang pada ketika itu Ubadah Ibnu Samid r.a hadir sebagai menguatkan riwayatnya. Ia berkata suatu ketika kami bersama-sama dengan Rasulullah SAW. Baginda bertanya : Apakah ada orang asing diantara kamu ? bermakna ahli kitab. Kami berkata : Tidak wahai Rasulullah ; Baginda kemudian memerintahkan kami menutup pintu dan bersabda : Angkatlah tangan-tanganmu dan ucapkanlah : La ilaha illallah. Maka kami mengangkat tangan-tangan kami beberapa saat (dan mengucapkan kalimah ), Sesudah itu Nabi SAW menurunkan tangannya dan bersabda : Alhamdulillah ( segala puji bagi Allah ). Wahai Allah! Sesungguhnya Engkau telah mengutus aku dengan kalimah ini dan telah memerintahkan aku ( untuk mendakwahkan )nya; Dan Engkau telah menjanjikan kepada ku sorga kepada siapa yang megucapkannya ; dan sesungguhnya Engkau tidak pernah menarik balik firman Mu. Kemudian Baginda berkata kepada sahabat ; Bergembiralah, karena sesungguhnya Allah telah mengampunkan kamu! ( Munad Ahmad , Tabrani, Bazzar dan Majma Uz-Zawaid ).

عن أبى ذ ررضى الله عنه قال : قال النبى صلىالله عليه وسلم : مامن عبد قال لآ إله إلله ثم مات على ذلك إلا دخل الجنة، قلت : وإن زنى وإ سر ق ، قلت: وإن زنى وان سر ق ؟ قال : و إن زنى وإن سر ق : وإن زنى وإن سرق ؟ قال : وإن زنى وإن سرق على رغم أنف أبى ذر. رواه البخارى، باب الثياب البيض ، رقم : 5827
7. Abu Dzar r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda tidaklah seorang Abd (hamba Allah ) yang mengucapkan La ilaha illallah kemudian mati dengan beriman kepad Nya kecuali ia pasti akan memasuki sorga. Saya bertanya : Walaupun jikalau ia berzina dan mencuri? Baginda menjawab : walaupun ia berzina dan mencuri. Saya mendesak : walaupun ia berzina dan mencuri ? Baginda menegaskan : Walaupun ia berzina dan mencuri ; meskipun demikian anda tidak sependapat dengan Abu Zar! ( HR.Bukhari )
Catatan : Hadist nomor 9 menjelaskan bahwa walaupun seseorang boleh jadi melakukan kejahatan yang serius ; selain daripada syirik, kalimah ini akhirnya akan menyelamatkannya dari neraka jahanam dan memastikan ia memasuki sorga dengan kehendak Allah, kalau seseorang yang mengucapkannya dengan penuh keyakinan dan mati dalam keadaan itu. Asal keheranan Abu Zar adalah ternampak dari kepahaman tentang hadist ini yang bermakna bahwa seseorang yang mati dengan keyakinan terhadap kalimah ini akan memasuki sorga sudah mutlak tak dapat dihitung, yang sudah tentu bukanlah masalah atau bukan yang dimaksud dengan hadist ini, motif yang paling utama bahwa sorga itu mutlak akan menjadi tempat tinggal selama-lamanya bagi orang yang mengucapkan akan mati dengan beriman kepada kaliamah ini cepat atau lambat tanpa perlu merujuk kepada keterangan-keterangan yang dapat dipertanggung jawabkan sebelumnya yang terdapat dalam beberapa hadist yang lain. Oleh karena itu perlu dicatat bahwa pengertian yang seksama dari banyak hadist tidak mungkin diperolehi tanpa mengetauhi kumpulan-kumpulan riwayat yang berkaitan dan menerangkan satu sama lain. ( Mu’ariful Hadist)

8- عن حذيفة رضى الله عنه قال : قال رسول الله صلىالله عليه وسلم يدرس الإسلام كما يدرس وشى الثوب حتى لايدرى ما صيام ولاصدقة ولانسك ويسرى على كتاب الله فى ليلة فلا يبقى فى الآرض منه اية ويبقى طوايف من الناس الشيخ الكبير والعج زالكبيرة يقولون أدركنا ءنا على هذه الكلمة لآإله الا الله فنحن نقولهاز قال صلةبن زفر لحذيفة : فماتغنى عنهم لا إله إلا الله وهم لايدرن ماصيام ولاصد قة ولانسك ؟ فاغرض عته حذيفة فرددها عليه ثلثا، كل ذلك يعرض عنه حذبفة ثم أقبل عليه فى الثالثة فقال : ياصيلة تنجيهم من النار. رواه الحاكم وقال : هذا حديث صحيح على شرطمسلم ولم يخر جاه 473
8. Huzaifah r.a meriwayatkan bahwa Rasullullah SAW bersabda : Islam lambat laun akan menjadi usang sebagaimana pakaian sehingga Puasa, Zakat (Sedekah), Nusuk ( pengorbanan terhadap agama ) tidak akan dikenal. Pada suatu malam nanti Al Qur’an akan diangkat dari hati-hati manusia sehingga tidak tertinggal satu ayat pun diatas bumi dan hanya sebagian orang yang masih hidup yang terdiri dari laki-laki dan wanita yang sudah tua yang berkata : Kami mendapati nenek moyang kami mengucapkan kalimah La ilaha illallah, maka kami mengucapkannya juga. Sila Ibnu Zufr berkata kepada Huzaifah r.a. bagaimana ucapan mereka terhadap kalimah La ilaha illallah memberi manfaat kepada mereka ketika mereka tidak mengetauhi puasa atau zakat atau nusuk ? Huzaifah r.a. mengelak daripadanya maka ia mengulangi pertanyaannya tiga kali, tapi setiap kali Huzaifah menghindar. Kemudian setelah kali yang ke tiga ia berbalik dan menghadapkan mukanya sambil berkata : Wahai Sila ! Sesungguhnya ucapan mereka itu akan menyelamatkan mereka dari neraka . (Mustadrak Hakim ).

9- عن أبى هريرة رضىالله عنه قال : قال رسول الله صلىالله عليه وسلم من قال لآ إله إلاالله نفعته يوما من دهره يصيبه قبل ذلك ما أصابه. رواه البزار والطبرانى ورواته رواةالصحيح، الترغيب 2/414
9. Abu Hurairah r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : Barang siapa yang mengucapkan La ilaha illallah, ( akhirnya ) akan menjadi sebab bagi keselamatannya, walaupun sebelumnya ia menderita dengan azab yang menimpa ke atas dirinya. (Bazzar,Tabrani dan targhib)

10- عن عبدالله بن عمر رضىالله عنهما قال: قال رسول اللهصلىالله عليه وسلم ألا أخبركم بوصية نوح ابنه ؟ قالوا : بالى،قال: أوصى نوح ابنه فقال : لآبنى :يابنى إنىأوصيك بانتيين وانهاك عن اثنتين أوصيك بقول لااله الا الله ، فانها لووصعة في كفة الميزان ووضعت السموات والارض فى كفة لرجحت بهن ، ولو كانت حلقة لقصمتهن حتى تخلص الى الله ، وبقول : سبحان الله العظيم وبحمده ، فانها عبادة الخلق، وبها تقطع ارزاقهم ، وانهاك عن اثنتين ، الشرك والكبر، فانهما يحجبان عن الله .( الحديس ) راواه البزرا وفيه : محمد بن اسحاق وهو مدلس وهوثقة وبقية رجاله رجال الصحيح ، مجمع الزوائد 10/92
10. Abdullah Ibnu Umar r.a meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : Tidakkah saya memberitahukan kepadamu nasehat Nuh a.s. kepada anaknya ? mereka berkata sungguh, beritahukanlah kepada kami. Baginda bersabda Nuh : Nuh.a.s. menasehatkan putranya , katanya kepadanya wahai anakku aku menasihatkan kamu untuk melakukan dua perkara dan melarang kamu dari dua perkara. Aku menasihatkan kamu dengan ucapan La ilaha illallah ; Jika kalimah itu diletakkan dalam satu timbangan dan langit dan bumi ditempatkan pada timbangan yang lain maka niscaya kalimah itu akan lebih berat. Dan jikalau keduanya ( langit dan bumi ) dibentuk dalam lingkaran yang kokoh maka ia (kalimah itu ) akan mematahkan lingkaran itu dan akan mencapai Allah SWT. Dan saya menasehatkan kamu dengan ucapan : Subhanallahil Azim Wabihamdihi ( Maha suci Allah Yang Maha Tinggi, dan segala puji bagiNya ), karena ucapan ini adalah ibadat dari seluruh makhluk dan dengannya rezeki mereka diberikan; dan saya melarang kamu dari dua perkara; Syirik dan Kibr (sombong) karena dua kejahatan ini ( Syirik dan Kibr), menjauhkan seseorang dari Allah Ta’ala. ( Bazzar dan Majma Uz-Zawaid ).

11- عن طلحة بن عبيد الله رضى الله عنه قال:قال النبي صلىالله عليه وسلم انىلآعلم كلمة لا يقولها رخل يحضره الموت الآ وجدروحه لها روحا حتى تخرج من جسده وكانت له نورا يوم القيمامة. (رواه ابويعلى ورجاله رجل الصحيح مجمع الزوائد 3/67
11. Tolha bin Ubaidullah r.a meriwatkan : Bahwa rasulullah SAW bersabda : Saya mengetauhi sebuah kalimah yang apabila seorang manusia menjelang mati mengucapkannya maka ruhnya ketika meninggalkan jasadnya akan mengalami kegembiraan disana ; Dan akan menjadi cahaya baginya pada hari kebangkitan ( kalimah itu adalah La ilaha illallah ). ( Abu Ya’la dan Majma Uz-Zawaid )

12- عن انس رضى الله عنه (فى حديث طويل ) ان النبىصلىالله عليه وسلم قال : يخرج من النار من قال لآاله الآالله وكان فى قلبه من الخير مايزن شعيرة ثم يخرج من النار من قال لآاله الآالله وكان فى قلبه من الخير مايزن برة ثم يخرج من النار من قال لآ اله الآ الله وكان فى قلبه مايزن من الخير ذرة(وهو جزءمن .الحد يث) رواه البخاري، باب قول الله تعالى : لما خلقت بيدى، رقم:7410
12. Anas r.a. meriwatkan ( Dalam sebuah riwayat yang panjang ), bahwa Nabi SAW bersabda : Orang-orang yang dibebaskan dari neraka , mereka yang pernah mengucapkan La ilaha illallah dan dalam hatinya ada kebaikan ( iman ) walaupun sebesar tepung gandum. Setelah mereka akan dikeluarkan dari neraka mereka yang mengucapkan La ilaha illallah dan dalam hatinya ada kebaikan ( iman ) walaupun seberat tepung terigu. Sesudaah itu, akan dikeluarkan dari neraka orang yang mengucapkan La ilaha illallah dan dalam hatinya ada kebaikan (iman ) walaupun sebesar debu. (HR.Bukhari)




13- عن المقداد رضى الله عنه ياقول : سمت رسول الله يقال: لايبقى على ظهرالآرضىبيت مدر ولا وبرإلا أدخله كلمة الإسلام بعز أوذليل إما يعزهم الله عزوجل فيجعلهم من أهلها أويذ لهم فيدينو ن لهاز. رواه أحمد 6/4
13. Miqdad Ibnu Aswad r.a. meriwayatkan : Saya mendengar rasululah SAW bersabda : Tidak akan tertinggal diatas permukaan bumi ini sebuah rumah yang terbuat dari tanah atau dari rambut unta di suatu kota, kampung atau padang sahara; kecuali Allah menjadikan kalima Islam ini memasukinya dengan kehormatan, atau dengan kehinaan yang menghinakan. Ataukah Allah akan memuliakan mereka dan menjadikan mereka diantara ahli-ahli kalimah, atau menghinakan mereka dengan menjadikan mereka tunduk setia kepadanya ( sebagaimana orang-orang dan pemerintah yang berasaskan keyakinan mereka sendiri ). (Musnad Ahmad )

14- عن ابن شماسة المهرى قال : حضرنا عمرو بن العاص وهو فى سياقة الموت يبكى طويلا وحول وجهه إلى الجدار، فجعل ابنه يقول : ياأبتاه ! أما بشرك رسول الله صلىالله عليه وسلم بكذا ؟ أما بشرك رسول اللهصلىالله عليه وسلم بكذا ؟ قال فأقبل بوحهه وقال : إن أفضل ما نعد شهدة أن لآ إله ألا الله وأن محمدا رسول الله ، إنى قد كنت على أطباق ثلث ، لقد رأيتنى وما أحد أشد بغضا لر سول اللهصلىالله عليه وسلم منى ، ولا أحب إلى أن اكون قدالستمكنت منهفقتلته منه، فلو مت على تلك الحال لكنت من أهل النا، فلما حعل الله الإسلام فى أتيت النبى صلىالله عليه وسلم فقلة : ابسط يمينك فلآبا يعك فبسط يمينه، قال : فقبضت يدى قال : مالك ياعمرو؟ قال قلت ، اردت أن أشترط قال : تشترط بماذا ؟ قلت : أن يغفر لى قال : أماعلمت ياعمرو أن الاسلام يهدم ماكان قبله؟ وان الهرة تهدم ما كان قبلها؟ وان الحج يهدم ما كان قبله؟ وما كان احداحب الى من رسل اللهصلىالله عليه وسلم ولا احل فى عينى منهْْ,و ما كنت اطيق ان املآ عينى منه إجلا لا له ولو سئلت ان اصفه ما آ طقت لآ نى ما اكن املآ عينى منه ولو مت على تلك الحال لرخوت ان اكون من اهل الجنة ثم ولينا اشياء ما ادرى ما حالى فيها فاذا انا مت فلا تصحنى نائحة و لا نار فإذ دفنتمنونى فسنوا على التراب سنا ثم آقيموا حول قبرى فدرماتنحر جزور ويقسم لحمها حتى آستآنس بكم, وآنظر ماذا آراجع به رسل ربه.(رواه مسلم,باب كون الآ سلام يهدم ما قبله ....,رقم 321
14. Ibnu Symasa Al-Mahri Rahimahullah meriwayatkan : Kami bersama dengan Amir Ibnu Al-as r.a. ketika ia dalam sakratul maut, dan ia menangis lama sekali, ia memalingkan wajahnya kearah tembok. Putranya menghiburnya katanya! Tidakkah Rasulullah memberi kabar gembira kepadamu sekian dan sekian ? Tidakkah Rasulullah SAW memberikan kabar gembira kepadamu sekian dan sekian? Kemudian ia menghadap kami dan berkata : Sesungguhnya perkara yang terbaik yang kita persiapkan (untuk kita sendiri ) adalah bersaksi bahwa La ilaha illallahu wa anna Muhamamadur rasulullah ( Tiada yang patut disembah kecuali Allah dan bahwa Muhammad adalah utusanNYA ). Sesungguhnya saya yelah melewati tiga zaman dalam kehidupanku. Saya sudah mengetauhi bahwa tidak ada orang yang lebih saya benci dari pada Rasulullah SAW, dan tidak ada yang lebih saya inginkan bahwa saya mendapat kesempatan untuk membunuhnya ! dan kalau saya mati dalam keadaan itu tentu saya berada bersama dengan golongan ahli neraka. Kemudian ketika Allah mencampakkan Islam ke dalam hati saya, saya datang kepada Rasulullah dan berkata : Ulurkanlah tangan kananmu supaya saya dapat berbaiat kepadamu. Baginda mengulurkan tangannya, tetapi saya menarik balik tanganku. Baginda kembali bertanya : Ada apa gerangan dengan kamu wahai Amir ? saya berkata : saya mau masuk Islam dengan suatu persyaratan. Baginda bersabda apa persyaratan yang kamu hendaki ? Saya berkata bahwa saya mesti diampuni! Baginda bersabda : Tidakkah engkau mengetauhi bahwa ( menerima ) Islam menghapuskan dosa-dosa yang dilakukan sebelumnya ; dan hijrah menghapuskan dosa-dosa yang dilakukan sebelumnya, dan bahwa haji menghapuskan dosa-dosa yang dilakukan sebelumnya. Dan setelah itu tidak ada orang yang lebih saya hormati dari pada Rasulullah SAW, Oleh karena itu saya tidak sanggup mengangkat muka untuk menatapnya karena cintaku kepadanya, dan jikalau saya diminta untuk menggambarkan bentuk rupanya, saya tidak dapat melakukannya karena saya tidak pernah menatapnya, dan kalau saya mati dalam keadaan itu saya berharap bahwa saya akan berada diantara orang-orang ahli surga. Sesudah itu kami telah terlibat dalam banyak urusan dunia, yang karena urusan-urusan itu saya tidak mengetauhi bagaimana keadaan diri saya sendiri. Oleh sebab itu apabila saya mati janganlah jenazah saya ditemani oleh wanita-wanita peratap atau janganlah membawa api. Ketika kamu menguburkan aku ratakanlah kubur saya dengan tanah, kemudian berdirilah beberapa saat sekeliling kuburanku selama masa seekor unta disembelih dan dibagi-bagikan dagingnya, supaya saya dapat merasa terhibur dari kamu sementara saya memikirkan jawaban apa yang mesti saya berikan kepada utusan-utusanmu ( malaikat-malaikat ) Rabbku. (HR.Muslim.(
15. عن عمر رصى الله عنه قال النبيصلىالله عليه وسلم ياابن الجطب ! اذهب فنادفى الناس انه لا يدخل الجنة الا المؤمنون. رواه مسلم , باب غلظ تحريم ...رقم 309
15. Umar r.a. meriwayatkan bahwa rasulullah SAW bersabda : Wahai putra Khathab! Pergilah dan beritahukanlah kepada manusia bahwa sesungguhnya tidak ada orang yang akan memasuki sorga kecuali orang-orang beriman. ( HR.Muslim )

16.عن ابى ليلا لصى الله عنه عن النبيصلىالله عليه وسلم قال:ويحك يا ابا سفيان قد جئيكم بالدنيا والآخرة فا سلمواتسموا.(وهوبعض الحديث )رواه الطبرنى وفيه : حرب بن الحسن الطحان وهو ضعيف وقد وثق، مجمع الزوائد6/250

16. Abu Laila r.a. meriwayatkan dari Bapaknya : Nabi SAW bersabda : Celakalah amu wahai Abu Sofyan ! sesungguhnya saya telah datang kepadamu dengan ( kejayaan ) dunia ini dan akhirat, maka masuk Islamlah dan masuklah kedalam keselamatan. (HR.Tabrani dan Majma Uz-Zawaid ).
17- عن انس رض الله عنه قال: سمعة النبي صلىالله عليه وسلم يقول:اذا كان يوم القيمامة شفعت، فقلت: يارب! ادخل الجنة من كان فى قبله ادنى شىء . رواه البخارى، باب كلام الر تعالى يوم القيمامةصلىالله عليه وسلم ..رقم 7509

17. Anas r.a. meriwayatkan : saya mendengar nabi SAW bersabda : Apabila terjadi hari kebangkitan maka saya akan dijinkan memberi syafaat maka saya akan berkata : wahai Rab ! masukkanlah kedalam sorga sesiapa sesiapa yang dalam hatinya ada iman sebesar biji sawi, ( Allah SWT akan menerima syafaatku ) maka mereka akan memasuki sorga. Kemudian saya akan berkata : masukkan kedalam sorga sesiapa yang mempunyai dalam hatinya iman yang lebih kecil daripada zarrah. (HR.Bukhari )

18- عن أبى سعيد الخدرى رض الله عنه عن النبى صلىالله عليه وسلم قال: يد خل اهل الجنة وأحل النار النار ثم يقول الله تعلى : أخرجوا من كان فى قلبه مثقال حبة من حرد ل من إيمان فيخرجون منها قداسودا ، فيلقون فى نهرى الحياة فينبتون كماتنبت الحبت فى جانب السيل ألم تر أنهاتخرج صفراء ملتو ية ؟. رواهالبخارى ، باب تفاضل أهل الايمان فى الآعمال ، رقم : 22
16. Abu Sayyid Al-Kudri r.a. meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda : apabila ahli-ahli sorga sudah memasuki sorga dan ahli-ahli neraka sudah memasuki neraka, Allah SWT berfirman keluarkanlah sesiapa yang mempunyai dalam hatinya iman seberat biji sawi. Karena itu mereka akan dikeluarkan dari neraka yang keadaan mereka hitam kelam. Mereka akan dilemparkan kedalam sungai kehidupan dan mereka akan tumbuh kembali sebagaimana benih yang tumbuh pada tepi sungai – sungai yang deras. Tidakkah kamu memperhatikan bagaiamana ia tumbuh dengan lengkung kuning yang berseri ? (HR.Bukhari ).

19- عن أبى أمامة رض الله عنه أن رسول الله صلىالله عليه وسلم سأله رجل فقل : يا رسول الله ! ما الإيمان ؟ قال : إذاسرتك وساء تك سيئتك مؤمن . ( الحديس ) رواه الحاكم وصححه ، ووالفقه الذهبى 1/ 13،14
19. Abu Umamah meriweayatkan : Seorang bertanya kepada Rasulullah SAW wahai utusan Allah ! apa itu Iman ? baginda menjawab : apabila amal baikmu menyukakan kamu dan amal burukmu menyedihkan kamu, maka engkau adalah seorang mukmin ( beriman ). (HR.Mustadrak Hakim ).

20- عن العباس بن عبد المطلب رض الله عنه أنه سمع رسول اللهصلىالله عليه وسلم يقول : ذاق طعم الإ يمان من رضى بالله ربا وبالإسلام دينا وبمحمد صلىالله عليه وسلم رسولا. رواه مسلم ، باب الد ليل على أن من رضى بالله ربا... قم: 151
20. Abbas Ibnu Abdul Muthalib r.a. meriwayatkan : saya mendengar Rasulullah SAW bersabda : Sesungguhnya orang yang merasakan bunganya iman adalah orang yang ridha kepada Allah sebagai Rabnya dan orang yang ridho kepada Islam sebagai Din ( agama )nya, dan oang yang ridho kepada Muhammad SAW sebagai utusan Allah. ( HR.Muslim )
Catatan : Ini bermakna menyembah Allah SWT, menjalankan kehidupan menurut syariat Islam dan mentaati Muhammad SAW yang berhubungan dengan kasih yang mendalam karena Allah, RasulNya SAW dan Islam. Barang siapa yang telah mencapai derajat ini sesungguhnya dia telah rasakan manisnya Iman.

21- عن أنس رض الله عنه عن النبى صلىالله عليه وسلم قال : ثلث من كن قيه وجد حلاوة الإيمان : أن يكون الله ورسوله أحب إليه مما سوا هما ، وأن يحب المرء لا يحبه لله ، وأن يكره أن يعود فى الكفر كما يكره أن يقذف فى النار. رواه البجارى ، باب حلاوة الإيمان ، رقم: 16
21- Anas r.a. meriwayatkan bahwa : Nabi SAW bersabda : barangsiapa yang memiliki tiga sifat yang berikut akan merasakan kemanisan Iman : seseorang yang kasihnya kepada Allah dan RasulNya lebih dari pada segala sesuatu ; seseorang yang mengasihi orang lain semata-mata karena Allah ; dan seseorang yang membenci untuk kembali kepada kufur sebagaimana ia benci dicampakan kedalam neraka. (HR.Bukhari )

22- عن أبى أمامة رض الله عنه أن رسول الله صلىالله عليه وسلم أنه قال : من أحب لله ، وأبغض لله ، وأعطى لله ، ومنع لله فقد استكمل الإيمان. رواه ابوداؤد ، باب الدليل على زيادة الإيمان ونقصانه ، رقم : 4681
22- Abu Umamah r.a. meriwayatkan bahwa rasulullah SAW bersabda : Jikalau seseorang kasih semata-mata kareana Allah, benci semata-mata karena Allah, memberi semata-mata karena Allah dan menarik pemberian semata-mata karena Allah, maka ia akan mendapat kemajuan kepada kesempurnaan Iman. ( HR.Abu Daud ).

23- عن ابن عباس رض الله عنه عن النبى صلىالله عليه وسلم أنه قال لآبى ذر : ياأبا ذر ! أىعرى الإيمان ؟ قال : الله عزوجل ورسوله اعلم، قال : الموالاة فى الله والبغض فى اللهز رواه البيهقى فى شعب الإيمان 7/70
23- Ibnu Abbas r.a meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bertanya kepada Abu Dzar :wahai Abu Dzar ! Iman yang manakah yang dipapat dipercaya ? ia menjawab : Allah SWT dan Rasulnya yang lebih mengetauhi. Nabi SAW bersabda : Bertemu karena Allah, (mengasihi seseorang) karena Allah (membeci seseorang) karena Allah (HR.Baihaqi)
Catatan : Ini bermakna bahwa dari antara cabang-cabang iman yang paling kekal dan yang menghidupkan adalah apa yang berhubungan dengan seseorang; menghubungkan atau memutuskan silaturahmi, mengasihi atau membenci, tidak mesti di asaskan pada pemenuhan keinginan seseorang, akan tetapi semata-mata karena Allah dan dalam rangka mematuhi perintah-perintahNya.

24- عن أنس بن مالك رض الله عنه عنه قال : قل رسو ل الله صلىالله عليه وسلم طوبى لمن أمن بى ورانىمرة وطوبى لمن امن بى ولم يرنى سبع مرار. رواه أحمد 3/155
24- Anas Ibnu Malik r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : Berikanlah kabar gembira sekali pada orang yang beriman kepadaku dan melihat aku ; dan berikanlah kabar gembira 7 kali kepada orang yang beriman kepadaku dan tidak melihat aku ! (Musnad Ahmad ).

25- عن عبد الرحمن بن يزيد رحمهالله قال : ذكرا عند الله أصحاب محمد صلىالله عليه وسلم وإيمانهم قال : فقل عبد الله إن أمر محمد صلىالله عليه وسلم كان بينا لمن راه والذى لآ إله غيره ما امن مؤمن أفضل من إيمان بغيب ثم قرأ : "الم ذلك الكتب لاريبْْْ فيه" إلى قوله تعلى " يؤمنون بلغيب ". رواه الحاكم وقال : هذاحديث صحيح على شرط الشيخين ولم يخر جاه ووافق الذهبى 2/265
25- Abdurrahman Ibnu Yazid Rahimahullah menceritakan : Beberapa orang mengingatkan kenangan mereka tentang sahabat-sahabat Muhammad SAW dan iman mereka dihadapan Abdullah r.a. Maka bdullah berkata sesungguhnya kenabian Muhammad SAW sudah terang bagi orang yang melihatnya. Dan demi yang satu, selainnya tiada yangh patut disembah, dan tiadalah seorang yang memiliki iman lebih baik daripada beriman kepada yang gaib kemudian ia membaca Alif Lam Mim Dzalikal kitabu La Roiba Fih ……..Bil Ghaib inilah kitab ( Al Qur,an ) yang tiada keraguan didalamnya, sebagai petunjuk kepada orang-orang yang muttaqun [ orang-orang yang saleh yang banyak takut kepada Allah ( yang bersabar dari segala macam dosa dan perbuatan-perbuatan jahat yang dilarangNya ) dan banyak mengasihi Allah ( melakukan berbagai amal kebaikan yang diperintahkannya ) ]. Orang-orang yang beriman kepada yang ghaib ! (Al baqarah 2:1) (Mustadrak hakim )

26- عن أنس بن مالك رض الله عنه قال: قل رسول الله صلىالله عليه وسلم ودد ت أنى لقيت إخوانى ، قال فقل أصحاب النبى صلىالله عليه وسلم : أوليس نحن إخوانك ؟ أنتم أصحابى ولكن إحوانى الذين امنوا بى ولم يرونى. رواه احمد 3/155
26- Anas Ibnu Malik r.a.meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw bersabda : Saya berkehendak bahwa saya dapat bertemu dengan saudara-saudara. Sahabat Nabi SAW bertanya : Tidaklah kami adalah saudara-saudaramu ? baginda menjawab : kamu adalah sahabatku. Tetapi saudara-saudaraku adalah yang beriman kepadaku walaupun mereka tidak melihat aku. (Musnad ahmad )

27- عن عبد الرحمن الجهنى رض الله عنه قال: بينا نحن عند رسول الله صلىالله عليه وسلم طلع راكبان ، فلما راهما قال : كنديان مذحجيان حتى أتياه ، فإذا رجال من مذحج ، قال : فدنا إليه أحدهما ليبايعه ، قال فلماأخذ بيده قال : يا رسول الله ! أرأيت من راك فامن بك وصدقك واتبعك ماذا له ؟ قال : طوبى له ، قال فمسح على تده فانصرف ، ثم أقبل الآخر حتى أخذبيده ليبايعه قال : يا رسول الله ! أريت من امن بك وصدقك واتبعك ولم يرك قال : طوبى له ثم طوبى له طوبى له ، قال فمسح على يده فانصرف. رواه أحمد 4/152
27- Abdurrahman Al Juhani r.a. berkata : kami sedang duduk-duduk bersama Rasulullah SAW ketika dua orang penunggang muncul. Ketika Baginda SAW melihat mereka ia berkata : kedua orang ini nampaknya adalah orang yang berasal dari suku Kindah dan Madhhij ! Ketika mereka sampai dihadapannya maka benar bahwa mereka berasal dari Madhhij. Selepas itu seorang dari antara mereka datang mendekat kepadanya untuk berbaiat. Sambil menjabat tangan Rasulullullah SAW, orang yang melihat engkau dan beriman kepada engkau dan membenarkan apa yang engkau ( diutus ) dan mengikuti engkau, apa yang akan ia perolehi disana? Baginda menjawab : berikanlah kabar gembira kepadanya. Kemudian ia melepaskan tangannya dari tangan nabi SAW dan pergi. Kemudian yang lain datang kehadapan dan mengambil tangan nabi SAW untuk berbaiat. Ia berkata wahai Rasulullah, orang yang beriman kepada engkau dan membenarkan engkau dan mengikuti engkau walaupun ia tidak melihat engkau apa yang akan ia perolehi ? Baginda menjawab: Berikanlah kabar gembira kepadanya, sekali lagi berikanlah kabar gembira kepadanya, dan sekali lagi berikanlah kabar gembira kepadanya. Kemudian ia melepaskan tangannya ( dari tangan Nabi SAW ) dan setelah ia berbaiat ia pergi. (Musnad Ahmad )

28- عن أبى موس رض الله عنه قال: قال رسول الله صلىالله عليه وسلم : ثلاثة لهم أجران : رجل من أهل الكتاب امن بنبيه وامن بحمد صلىالله عليه وسلم والعبد المملوك إذا أدى حق الله تعلى وحق مواليه ، ورجل كانت عنده أمة فأدبها فأحسن تأديبها وعلمها فأحسن تعليمها ثم أعتقها فتز جها فله أجران. رواه البخارى ، باب تعليم الرجل أمته وأهله ، رقم : 97
28- Abu Musa r.a meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : Ada tiga jenis manusia yang akan mendapat pahala ganda : Seorang dari antara ahli kitab ( Yahudi dan Nasrani ), yang beriman kepada nabinya dan juga beriman kepada Muhammad SAW ; Seorang hamba sahaya apabila ia menunaikan hak-hak Allah dan juga hak daripada majikannya ; dan seorang yang memiliki hamba sahaya yang perempuan dan ia mengajarkan dan mendidiknya dengan ilmu yang terbaik dan mengasuhnya, kemudian ia membebaskannya dan mengawinkannya, sesungguhnya baginya adalah pahala ganda ( HR.Bukhari ).
Catatan : Tujuan hadist ini menjelaskan bahwa pahala ganda yang dicatat dalam kaitan dengan setiap amal-amal ini, dibandingkan dengan yang lain. Sebagai umpama jika seorang mengerjakan shalat, ia akan menerima pahala sepuluh kali ganda dan apabila salah satu dari tiga orang ini melakukan amal yang sama, paalanya akan menjadi dua puluh kali ganda. (Mazahir Haque ).

29- عن أوسط رحمه الله قال : ختبنا أبو بكر رض الله عنه فقال : قام رسول الله صلىالله عليه وسلم مقامى هذا عام الآول ، وبكى ، فقال أبو بكر : سلو الله المعا فاة أو قال : العافية فلم يؤت أحد قط بعد اليقين أفضل من العافية أوالمعافاة. رواه أحمد 1/3
29- Awsat Rahimahullah menceritakan bahwa Abu Bakar r.a. menyapa kami katanya : Setahun yang lalu Rasulullah SAW berdiri ditempat ini dimana saya sedang berdiri. Kemudian Abu Bakar mulai menangis. Maka Abu Bakar r.a berkata : mohonlah kepada Allah akan afiyah ( keadaan baik ) karena tiada seorang pun yang diberi ; sesudah yakin ( iman yang kuat ) adakah sesuatu lebih baik daripada afiyah. (Musnad Ahmad ).

30- عن عمروبن شعيب عن أبيه عن جده رض الله عنهما أن النبى صلىالله عليه وسلم قال : أول صلاح هذه الآمة باليقين والزهد وأول فسادها بالبخل والأمل، رواه البيهقى فى سعب الايمان 7/467
30 Abdullah Ibnu Amir r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : Awal pembentukan umat ini dikarenakan iman yang sahih dan bersabar dari kesenangan –kesenangan dunia dan awal kemunduran umat ini dikarenakan kebatilan dan memandang akan kemewahan-kemewahan dunia. (HR.Baihaki )

31- عن عمر بن الخطاب رض الله عنه قال : قال رسول اللهصلىالله عليه وسلم لو أنكم كنتم توكلون على الله حق توكله لرزقتم كما ترزق الطير تغدوخماصا وتروح بطانا. رواه الترمذا حديث حسن صحيح ، باب فى التو كل على الله ، رقم : 2344
31- Umar Ibnu Khattab r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : Jikalau kamu bertawakkal dengan sebenar-benarnya kepada Allah maka sesungguhnya Dia akan memberikan kepada mu rezeki sebagaimana Dia memberi rezeki kepada burung-burung. Mereka berangkat dipagi hari dengan perut yang kosong dan kembali di petang hari ( dengan perut mereka ) yang kenyang. ( HR.Tirmidzi ).

32- عن جابربن عبدالله رض الله عنهما أخبره أنه غزامع رسول الله صلىالله عليه وسلم قبل نجد ، فلما قفل رسول الله صلىالله عليه وسلم قفل معه ، فأدركتهم القائلة فى واد كثير العضاه ، فنزلرسول الله صلىالله عليه وسلم وتفرق الناس يستظلون بالشجر ، فنزل رسول اللهصلىالله عليه وسلم تحن شجرة وعلق بها سيفه ، ونمنا نومة فإذا رسول الله صلىالله عليه وسلم يدعونا وٌإذا عنده أعرابى ، فقال : إن هذا اخترط على سيفى وأنا نائم ، فاستيقظت وهو فى يده صلتا ، فقال : من يمنعك منى ؟ فقلت : الله ، ثلاثا ، ولم يعاقبه وجلس. رواه البجارى ، باب من علق سيفه بالشجارى... ،رقم : 2915
32- Jabir Ibnu Abdullah r.anhuma meriwayatkan bahwa ia bersama-sama dengan Rasulullah SAW dalam sebuah ekspedisi ( dijalan Allah ) ke Najd ; dan ketika kembali Rasulullah SAW dari ekspedisi ini, ia bersama dengannya. ( Peristiwa ini berlaku pada perjalanan mereka kembali ). Waktu petang hari ngantuk telah menguasi mereka. Ketika mereka berada di suatu lembah yang ditunggui pohon – pohon berduri. Rasulullah SAW turun dari untanya dan sahabat-sahabatnya bertebaran diantara pohon-pohon mencari pohon-pohon yang teduh. Rasulullah SAW berlindung dibawah sebuah pohon dan ia menggantungkan pedangnya pada pohon itu. Kami baru saja tertidur ketika tiba-tiba Rasulullah SaW memanggil kami dan ada seorang badui yang kafir sedang bersamanya. Rasulullah SAW berkata orang badui ini mengambil pedang saya dan menghunuskannya ketika saya sedang tidur. Apabila saya terbangun, Pedang telanjang yang terhunus sudah ada ditangannya dan ia berkata kepadaku : Siapakah yang dapat menyelamatkan kamu dari padaku ? Aku memberitahukan kepadanya tiga kali bahwa Allah ! ia terduduk dan Rasulullah SAW tidak menghukumnya ( karena perbuatannya itu ) ( HR.Bukhari ).

33- عن صالح بن مسمار وجعفر بن برقان رحمهماالله أن النبى صلىالله عليه وسلم قال للحارث بن مالك : ما أنت ياحارث بن مالك ! قال : عزفت نفسى من الدنبا ، وأسهرت ليلى ، وأظمأت نهارى ، وكأنى أنظر إلى عرسى ربى حين يجاءبه ، وكأنى أنظر إلى أهل الجنة يتزاورون فيها ، وكأنى أسمع عواء أهل النار ، فقال النبى صلىالله عليه وسلم مؤمن نورقلبه. رواه عبدالرزق فى مصنفه ، باب الايمان ولإسلام 11/129
33- Saleh Ibnu Mismar dan Ja’far Ibnu Burkhan Rahimahullah menceritakan Rasulullah SAW bertanya kepada Harist Ibnu Malik r.a. : Apa kabar wahai Harist Ibnu Malik ? Ia menjawab : dengan rahmat Allah saya beriman ( berada dalam keadaan iman ). Rasulullah SAW bertanya seorang mukmin yang benar ? ia menjawab mukmin yang benar. Rasulullah SAW bersabda bagi setiap kebenaran ada hakekatnya. Karena itu apakah hakikat kebenaran ( yang kamu katakana itu ) ? ia menjawab saya sudah memalingkan diri saya dari dunia ini dan melewati malam-malam saya berjaga ( dalam ibadah ) dan saya melewatkan hari – hari saya dalam kehausan ( berpuasa ). Jikalau saya dapat melihat Arsy Rabb saya ketika saya akan dibawa dan saya seolah-olah melihat ahli-ahli sorga menjiarahi satu sama lain dan saya seolah – olah mendengar jeritan ahli-ahli neraka ! Rasulullah SAW kemudian bersabda : ( Harist ) seorang mukmin yang demikian hatinya telah mendapat nur. (Musannaf Abdu Rozaq)

34- عن ماعز رض الله عنه عن النبى صلىالله عليه وسلم أنه سئل أى الآعمال أفضل ؟ إيمان بالله وحده ، ثم الجهاد حجة ، ثم حجة برة ، تفضل سائر العمل كما بين مطلع الشمس إلى مغربها. رواه احمد 4/342
34- Ma’iz r.a meriwayatkan bahwa Nabi SAW di tanya amal manakah yang paling afdzal ? Baginda SAW bersabda : beriman kepada Allah ialah Allah Yang Esa, kemudian Jihad, kemudian haji yang mabrur. Mereka mengatasi segala amal-amal lain (dalam keutamannya), sebagaimana jarak antara terbitnya matahari dan terbenamnya ( Musnad Ahmad )

35- عن أبى أمامة رض الله عنه قال: ذكرأصحاب رسول الله صلىالله عليه وسلم يوما عند ه الد نيا ، فقال رسول الله صلىالله عليه وسلم ألاتسمعون ؟ ألاتسمعون ؟ إن البذ ة من الإيمان بغنى : التقحلز رواه أبو داود ، باب النهى عن كشر من الإرفا ه ، رقم : 4161
35- Abu Umamah r.a. berkata : Suatu hari sahabat Rasulullah SAWmenyebut-nyebutkan dunia dihadapannya. Maka Rasulullah SAW berkata tidakkah kamu mendengarkan ? tidakkah kamu mendengarkan ? sesungguhnya sederhana adalah bagian dari iman, sesungguhnya sederhana adalah bagian dari iman ! ( HR.Abu Daud ).
Catatan : ( Sederhana ) disini bermakna meninggalkan upacara-upacara, perhiasan-perhiasan dan berdandan
.
36- عن عمروبن عبسة رض الله عنه قال: فأى الإيمان أفضل ؟ قال : الهجرة ، قال : فما الهجرة ؟ قال : تهجرالسوء. (وهو بعض للحديس )رواه احمد 4/114

36- Amir Ibnu Abasah r.a bertanya Iman yang manakah yang paling afdzal ? Nabi SAW menjawab hijrah ( berpindah semata-mata karena Allah dan agama ). Kemudian ia bertanya : apa itu hijrah ? Nabi SAW menjawab meninggalkan kejahatan. ( Musnad Ahmad ).

37- عن سفيان بن عبد الله الثقفى رض الله عنه قال: قلت يا رسول الله ! قل لىفى الإسلام قولا لاأسأل عنه أحد بعدك ، وفى حديث أبىأسامة : غيرك ، قال امنت بالله ثم الستقم. رواه مسلم ، باب حامع أوصاف الإسلام ، رقم : 159
37- Supyan Ibnu Abdullah Aththaqofi r.a. berkata : Saya bertanya : wahai Rasulullah ! beritahukanlah kepadaku sesuatu mengenai islam yang mana setelah ini saya tidak perlu bertanya kepada orang lain selain engkau. Baginda bersabda : Katakanlah aku beriman kepada Allah. Dan aku beristiqomah dengannya. ( HR.Muslim ).
Catatan : Pertama beriman kepada Allah dan semua sifat-sifatnya dan mentaati semua perintah-perintahnya dan mengikuti Rasul-Nya. Inilah iman dan ketaatan terhadapnya tidak boleh di alihkan tetapi dengan berpegang teguh kepadanya. ( Mazahir Haque ).





38- عن عبدالله بن عمروبن العاص رض الله عنهما قال: قال رسول الله صلىالله عليه وسلم : إن الإيمان ليخلق فى جوف أحد كم كما يخلق الثوب الخلق فاسئلو الله أن يجد الإيمان فى قلو بكم. رواه الحاكم وقال : هذا حديث لم يخرج فى الصحيحين ورواته مصريون ثقات، وقداحتج مسلم فى الصحيح ، ووافقه الذهبى 1/4

38- Abdullah Ibnu Amir Ibnil As r.anhuma meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : sesungguhnya iman yang ada dalam diri seseorang dari kamu menjadi usang sebagaimana pakaian yang sobek apabila dipakai. Oleh sebab itu mintalah kepada Allah untuk memperbaharui imanmu dalam hati-hati kamu. ( Mutadrak Hakim ).

39- عن أبى هريرة رض الله عنه قال: قال النبىصلىالله عليه وسلم إن الله تجاوزلى عن أمتى ماوسوست به صدورها مالم تعمل أوتكلم. رواه البحارى ، باب الخطا والنسيان فى العتا قة صلىالله عليه وسلم .، رقم : 2527
39- Abu Hurairah r.a meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda : Sesungguhnya Allah Ta’ala telah mengampuni bisikan – bisikan atau keinginan-keinginan buruk hati mereka selagi mereka tidak melaksanakan ( keinginan-keinginan itu atau tidak menzahirkannya ) (HR.Bukhari ).
40- عن أبى هريرة رض الله عنه قال: جاء ناسمن أصحاب النبى صلىالله عليه وسلم فسالوه : إنا نجدفى أنفسنا ما يتعا ظم أحدنا أن بتكلم به ، قال : اوقد وجد تموه ؟ قالوا : نعم ، قال : ذلك صريع الإيمان. رواه مسلم ، باب بيان الوسو سة فىالإيمان.. .، رقم : 345
40- Abu Hurairah r.a meriwayatkan : Beberapa sahabat r.a. datang kepada Nabi Muhammad SAW dan bertanya kepadanya : kami mendapatkan bahwa didalam hati-hati kami terbersik pemikiran-pemikiran yang kami rasa hina untuk membicarakannya. Baginda bersabda benarkah apa yang kamu rasakan seperti itu? Kami berkata Ya. Baginda menjawab : sesungguhnya itu adalah bukti iman (HR.Muslim )
Catatan : Ini bermakna bahwa apabila bisikan-bisikan dan pemikiran-pemikiran menghasut kamu maka kamu akan jauh dari pada beriman dan iman kamu akan menjadi lemah apabila mengucapkannya. Sesungguhnya ini adalah tanda iman yang sempurna. ( Nawawi ).


41- عن أبى هريرة رض الله عنه قال :قال رسول الله صلىالله عليه وسلم : أكثروامن شهادة أن لآ إله الله قبل أنيحال بينكم وبينهما. رواه أبو يعلى ياسناد جيد قوى ، الترغيب 2/316
41- Abu Hurairah r.a. meriwayatkan : Rasulullah SAW bersabda : perbanyaklah mengucapkan La ilaha illallah ( Tiada yang patut disembah kecuali Allah ) , sebelum rintangan ( mati dan sakit ) datang antara kamu dan dia.
( Musnad Abu Ya’la –Targhib)


42- - عن عثمان رض الله عنه قال: قال رسول الله صلىالله عليه وسلم من مات وهويعلم أنه لآإله إلا الله دخل الجنة . رواه مسلم ، باب الدليل على ان من مات .. .، رقم : 136
42- Ustman Bin Affan r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : Barang siapa yang mati mengetauhi (dan beriman )bahwa tiada Tuhan yang patut di sembah kecuali Allah akan memasuki sorga. ( HR.Muslim )




43- عن عثمان بن عفان رض الله عنه قال : قال رسول الله صلىالله عليه وسلم : من مات وهو يعلم أن الله حق دخل الجنة. رواه أبويعلى فى مسند ه 1 /159
43- Ustman bin Ahhan r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : Barang siapa yang mati mengetauhi ( dengan kepastian ) bahwa Alah adalah hak dan Dia ada akan memasuki sorga. ( Musnad Abu Ya’la)

44- عن على رض الله عنه قال : قال النبىصلىالله عليه وسلم : قال الله تعلى : إنى أنا الله لآ إله إلا أنامن أقرلى بلتوحيد دخل حصنى ومن دجلحصنى أمن من عذابى . رواه ألشيرازىوهوحديث صحيح ، الجامع الصغير 2/234
44- Ali r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW dalam sebuah hadist kudsi bersabda : Allah SWT berfirman :Sesungguhnya aku adalah Allah tiada yang patut disembah kecuali aku, Barng siapa yang mengakui ke Esaan-Ku memasuki benteng-Ku dan barang siapa yang masuk kedalam benteng-Ku akan terselamat dari pada azab-Ku. ( Jami’us saghir ).
45- عن مكحول رحمه الله يحدث قال:جاء شيخ كبير هرم قد سقط حاجباه على عينيه فقال :يارسول الله ! رحل غدل وفجر ولم يدع حاجة ولاداجة الا اقتطفها بيمنيه، لوقسمت خطيئته بين اهل الارض لآوبقتهم، فهل له من توبة ؟ فقال النبيصلىالله عليه وسلم ااسلمت ؟ فقال : اماانا فاشهدان لآ اله الا اللهوحده لا شرك له وان محمدا عبده ورسوله، فقال النبيصلىالله عليه وسلم فان الله غافر لك ما كنت ذلك ومبدل سيئاتك حسنات فقال:يارسول الله!وغدراتى وفجراتى ؟ فقال: وغدراتك وفجراتك، فولى الرجل يكبر ويهلل. التفسر لا بن كثير3/340
45- Makhul Rahimahullah menceritakan bahwa seorang yang tua dengan alis matanya yang menutupi matanya datang dan berkata : Wahai Rasulullah SAW ! seorang yang berkhianat, berzina, tidak meniggalkan sedikit keinginan atau nafsu yang paling kecil, kecuali (ditunaikannya) ; Jikalau dosa-dosanya dibagi-bagikan diantara semua manusia seluruh dunia, mereka akan binasa karenanya ! Adakah tobat bagi dia ? Rasulullah SAW bertanya : Apakah kamu sudah masuk Islam ? Ia menjawab : Bagi saya , أسهد أن لآ إله الاالله وحده لا شريك له وأن محمدا عبده ورسو له
(Saya bersaksi bahwa tiada yang patut disembah kecuali Allah Dialah Yang Esa Tiada serikat bagi-Nya dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Utusan-Nya. Rasulullah SAW bersabda : Sesungguhnya Allah Ta’ala telah mengampuni segala apa yang telah engkau lakukan dan telah menggantikan amal-amal burukmu dengan kebaikan. Kemudian orang tua itu berkata : Wahai rasulullah ! dan penghianatanku dan perbuatan zinaku ? Nabi Saw menjawab : Dan pengkhianatanmu dan perbuatan zinamu. Orang tua itu berpaling dan pergi sambil mengucapkan Allahu Akbar, laa ilaha illallah. ( tafsir Ibnu katsir ).

46- عن عبدالله بن عمروبن العاص رض الله عنهما يقول: سمعت رسول اللهصلىالله عليه وسلم : يقول : إن الله سيخلص رجلا من أمتى على رؤؤس الخلائق يومالقيامة فينشر عليه تسعة وتسعين سجلا، كل سجل مثل مدالبصر ثم يقول : أتنكرمن هذا شيئا ؟ أظلمك كتبتى الحافظون ؟ يقول : لا، يارب ! فيقول : أفلك عذر ؟ فيقول : لا ، يارب ! فيقول : بلى ، إن لك عندنا حسنة فإنه لاظلم عليك اليوم ، فيخرج بطاقة فيها أسهدان لآاله إلاالله واشهدان محمدا عبده ورسوله ، فيقل : احضروزنك ، فيقول: يارب ! ماهذه البط قة مع هذه السجلا ت ؟ فقال : فإنك لاتظلم. قال : فتوضع السجلا ت فى كفة والبطاقة فىكفة فطاشت السجلات وثقلت البطاقة ، ولايقل مع اسم الله شء . رواه الترمذى وقال : هذاحديث حسن غريب ، باب ماجاء فيمن يموت .، رقم :2639
46- Abdullah Ibnu Amir Ibnil As r.a meriwayatkan : Saya mendengar Rasululah SAW bersabda sesunguhnya Allah Ta’ala menyelamatkan seseorang dari pada umatku dihadapan seluruh makhluk pada hari kebangkitan setelah membuka sembilan puluh sembilan gulungan kitab ( amal keburukan ) yang berlawanan dengannya, yang setiap gulungan panjangnya sejauh mata memandang. Kemudian Allah Ta’ala berfirman : Apakah kamu menyangkal sesuatu yang tertulis disini ? Apakah pencatat-pencatat saya telah melakukan ketidak adilan kepada kamu ? Ia akan berkata : Tidak wahai Rabbku. Allah SWT berfirman kamu mempunyai suatu amal kebaikan dari sisi kami dan sesungguhnya pada hari ini tidak akan ada ketidak adilan ke atas kamu. Kemudian sekeping kertas akan dibawah bertuliskan kalimah di bawah ini :

أسهد أن لآ إله الاالله وحده لا شريك له وأن محمدا عبده ورسو له

Saya bersaksi bahwa tiada yang patut disembah kecuali Alah dan Saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan utusan-Nya. Kemudian Allah SWt berfirman : Pergilah dan letakkan dalam timbangan. Maka ia akan berkata : Wahai Rabbku berapakah beratnya sekeping kertas ini dibandingkan dengan semua gulungan kitabku ini ? Allah SWT akan berfirman : Sesungguhnya tidak akan ada ketidak adilan terhadap kamu kemudian gulungan-gulungan kitab itu diletakkan pada sebelah dacing dan sehelai kertas itu disebelah dacing lainnya. Maka perbandingan berat sekeping kertas pada dacing dan gulungan kitab mulai bergerak da tidak ada yang dapat mengatasi beratnya nama Allah ( HR.Tirmidzi )


47- عن أبى عمرة الآنصارى رض الله عنه قل: قال النبى صلىالله عليه وسلم : أسهد أن لآ إله الاالله وأنى رسولالله لايلق عبد مؤمن بها إلاحجبته عن الناريوم القياة ، وقى رواية : لايلق الله**أحد بوم القيامة إلا أدخل الجنة على ماكان فيه. رواه أحمد والطبرانىفىالكبير والآوسطورجاله ثقات ، مجمع الزوائد 1/165
47- Abu Amrah Al ansari r.a. meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : saya bersaksi bahwa tiada yang patut disembah selain Allah dan bahwa saya adalah utusan Nya. Hamba ( Allah ) yang bertemu Allah ( pada hari kebangkitan ) dengan keyakinan ini, maka kalimah ini akan melindunginya dari neraka. Dalam riwayat yang lain : Seorang yang bertemu Allah pada hari pengadilan dan bersaksi kepada kedua ini ( ke Esaan Allah dan kenabian Muhammad SAW ), akan memasuki sorga meskipun sebanyak mana dosa yang ada padanya . ( Musnad Ahmad, Tabhrani dan majma Uz-zawaid ).
Catatan : Para penafsir dengan pengertian ini dan hadist lain yang serupa menjelaskan makna hadist ini bahwa barang siapa yang datang pada pengadilan Allah memberi kesaksian akan ke Esaan Allah dan kenabian Muhammad SAW ; dan buku-buku amalnya juga penuh dengan dosa-dosa akan tetapi Allah SWT akan pasti memasukkannya ke dalam sorga setelah mengampuninya dengan rahmat Nya atau menghukumnya karena dosa-dosanya. ( Mu’ariful hadist )


48- عن عتبان بن ماللك رض الله عنه عن النبى صلىالله عليه وسلم : قل: لايسهد أحدأن لآ إله الاالله وأنى رسول الله فيدخل النار ، أوتطعمه. (وهو بغض الحد يث) رواه مسلم ، باب الد ليل علىأن من مات.. .، رقم: 149
48- Itban ibnu malik r.a. meriwayatka bahwa nabi SAW bersabda tidak pernah akan berlaku serang yang bersaksi tiada tuhan yang disembah kecuali Allah dan bahwa saya adalah adalah utusan Nya dan karenanya masuk neraka atau dibakar dalam api. ( HR.Muslim ).

49- عن أبى قتادة عن أبيه رض الله عنهما قل: قال رسول اللهصلىالله عليه وسلم : من شهد أن لآ إله الاالله وأنا محمدا رسول الله فذل بها لسانه واطمان بها قلبه لم تطعمه النار. رواه البيهى فى شعب الإيمان 1/41
49- Abu qatadah r.a. meriwayatkan dari bapaknya bahwa Rasulullah SAW bersabda : Barang siapa yang bersaksi bahwav tiada uhan yang atut di semba kecuali Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Allah dan lidahnya terbiasa dengan ucapan ini ( senantiasa mengucapkannya ) dan hatinya ridho ( dengan ucapan kalimah ini), maka neraka ( jahanam ) tidak akan membakarnya (HR.Baihaqi )

50- عن معاذ بن جبل رض الله عنه عن النبى صلىالله عليه وسلم :قل:مامن نفس تموت وهى تشهد أن لآ إله الاالله وأنى رسول الله يرجع ذلك إلى قلب موقن إلا غفر الله لها. رواه احمد 5/229

50- Muaz Ibnu Jabal r.a. meriwayatkan bahwa nabi SAW bersabda : Tiadalah seorang yang mati bersaksi dengan keyakinan dari hatinya bahwa tiada yang patut disembah kecuali Allah dan bahwa saya adalah utusan Nya kecuali ia diampuni oleh Allah. ( Musnad ahmad ).

51- عن أنس بن مالك رض الله عنه أن رسول الله صلىالله عليه وسلم : ومعاذ رديفه على الرحل- قل: يا معاذ بن جبل ! قال : لبيك يا رسول الله وسعديك ، قال : يا معاذ ! قال : لبيك يا رسول الله وسعديك ثلاثا قال : مامن أحد يسهد أن لآ إله الاالله وأنا محمدا رسول الله ، صدقامن قلبه إلا حرمه الله على النار قال : يارسول الله ! افلا أخبر به الناس فيستبشر ؟ قال : إذا يتكلو ، وأخبر بها معاذ عند موته تاثما . رواه البخارى ، باب من خص بالعلم قوما.. .، رقم : 168
51- Anas Ibnu Malik r.a. meriwayatkan : bahwa ketika Muaz r.a. menaiki unta yang sama dibelakang Rasulullah SAW. Baginda berkata : wahai Muaz Ibnu jabal ! Muaz menjawab labbaik ya Rasulullah, wasadaik ( saya ada ya Rasulullah ). Baginda sekali berkata ; wahai Muaz ! ia sekali lagi menjawab : Labbaik ya Rasulullah, Wa sadaik. Ini berlaku tiga kali, maka Rasulullah Saw bersabda : seorang yang bersaksi bahwa Tiada yang patut disembah kecuali Allah dan bahwa Muhammad adalah utusan Nya dengan sebenarnya dari hatinya, maka Allah akan mengharamkannya dari neraka. Muaz ( setelah mendengar kabar gembira ini ) berkata : wahai Rasulullah ! Tidakkah saya beritahukan kepada orang supaya mereka boleh bergembira ? baginda menjawab jikalau engkau melakukan yang demikian maka orang –orang (jahil) akan bergantung pada ini saja dan akan meninggalkan amal-amal kebajikan. Kemudian Muaz r.a. ketika hampir meninggal meriwayatkan hadist ini karena takut dosa ( menyembunyikan pengetauhan ). (HR.Bukhari )
Catatan : Hadis yang mana neraka di haramkan hanya ke atas orang yang menyaksikan La ilaha illallahu Muhammadurrasulullah ( Tiada yang patut disembah kecuali Allah dan Muhamad utusan Allah ), para perawi hadis menjelaskan dua makna. Pertama, pelepasan dari azab neraka yang kekal yaitu mereka yang tidak berada dalam neraka buat selamanya seperti orang-orang tak beriman dan penyembah berhala walaupun mereka berada di dalam neraka karena lamanya hukuman atas dosa-dosa mereka. Kedua mengucapkan sahadah La ilaha ilallah Muhammadurrasulullah meliputi semua orang islam. Seorang yang membenarkan dengan penuh keyakinan dalam kehidupannya sungguh akan menjalankan kehidupannya menurut rukun – rukun Islam. ( Mazahir Haque ).

52- عن أبى هريرة رض الله عنه قال: قال النبىصلىالله عليه وسلم : أسعد الناس بشفاعتى يوم القيامة من قال لآ إله الا الله جالصا من قبل نفسه . ( وهو بعض الحاديس ) روا البخارى ، باب صفة الجنة والنار ، رقم : 657
52- Abu Hurairah r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : Orang yang sangat bermanfaat dari safaatku pada hari kiamat yaitu orabng yang mengucapkan La ilaha illallah dengan ikhlas dari hatinya ( HR.Bukhari ).

53- عن رفاعة الجهنى ر ضى الله عنه فال: قال النبي صلىالله عليه وسلم اشهد عند الله لا يموت عبد يشهد ان لآ اله الا الله، انى رسول الله صدقا من قلبه، ثم يسدد الا سلك فى الجنة. (الحديث ) رواه احمد 4/16
53- Rifa’ah Al juhani r.a. Meriwayatka bahwa : Rasulullah SAW bersabda : Saya bersaksi dihadapan Allah bahwa seorang Abd ( hamba Allah ) yang mati bersaksi dengan sebenar-benarnya dari hatinya bahwa : Tiada yang patut disembah kecuali Allah dan bahwa saya adalah ( Muhammad SAW ) utusan Allah dan beramal saleh ia pasti akan memasuki sorga. (Musnad Ahmad )

54- عن عمر نب الخطاب رض الله عنه قال: سمعت رسول اللهصلىالله عليه وسلم يقول انى لاعلم كلمق لا يقولها عبد حقا من قلبه فيموت على حرمه الله على النار ، لآ اله الا الله . رواه الحاكم وقال: هذا حديث صحح على شرط الشيخين ولم يخرجاه وواقفه الذهبى1/72
54- Umar ibnu Khattab r.a. berkata : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda : Sesungguhnya saya mengetauhi sebuah kalimah yang degannya tiadalah seorang Abd (hamba Allah ) yang mengucapkannya dengan tuluis dari hatinya dan kemudian mati dalam keadaan itu kecuali Allah pasti akan mengharamkannya dari neraka, kalimah itu adalah La ilaha illallah ( Mustadrak Hakim ).

55- عن عباض الانصارى رصى الله عنه رفعه قال: ان لآ اله الا الله كلمة ، على الله كريمة ، لها عند الله مكان ، وهى كلمة من قالها صادقا ادخله الله بها الجنة ومن قالها كاذبا حقنت دمه واخرزت ماله ولقى الله غدا فحاسبه . رواه البزر ورجاله موثقون ، مجمع الزوائدا 1/174
55- Iyyad Al Anshari r.a. menunjuk kepada rasulullah Saw bahwa baginda bersabda : sesungguhnya La laha illallah adalah kalimah yang sangat berharga dihadapan Allah. Ia dihadapan Allah menempati derajat yang tinggi, dan sebuah kalimah yang barang siapa yang mengucapkannya dengan tulus llah akan memasukannya kedalam surga dan baang siapa yang mengucapkannya dengan tidak ikhlas maka ucpannya itu akan menyek\lamatkannya keturunannya ( kehidupannya ) dan melindungi hartanya di dunia ini akan tetapi ia akan menjumpai Allah besok yang Dia akan membuat perhitungan dengannya. ( Bazar dan majma Uz –Zawaid )
Catatan : dengan mengucapkan Kalimah walaupun tidak ikhlas, maka ucapan itu boleh menjadi asbab perlindungan baginya hartanya dan kepunyaannya dalam dunia ini, akan tetapiAllah SWT akan membuat perhitungan dengan orang yang mengucapkan kalimah di akhirat.

56- عن ابى بكر الصديق رصى الله عنه قال: قال النبي صلىالله عليه وسلم من شهد ان لآ اله الا الله يصدق قلبه لسانه دخل من اى ابواب الجنة شاء . رواه ابويعلى 1/68
56- Abu bakar Siddiq r.a meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda : Barang siapa yang bersaksi La ilaha illallah tiada yang patut disembah kecuali Allah, sedangkan hatinya membenarkan dengan lidahnya akan memasuki sorga dari pintu mana saja yang ia kehendaki ( Abu Ya’la )

57- عن ابى موسى رضى الله عنه قال: قال النبى صلىالله عليه وسلم ابشروا وبشر وا من وراءكم انه من شهد ان لآ اله الا الله صادقا بها دخل الجنة . رواه الحمد والطبرانى فى الكبر ورجاله ثقات ، مجمع الزوئدا 1/159
57- Abu Musa .a. meriwayatkan : Bahwa nabi SAW bersabda : Ambillah kabar gembira dan berikanlah kabar gembira kepada orang lain, bahwa barang siapa bersaksi la ilha illallah ( tiada yang patut disembah kecuali Allah ) dan ia benar dalam penyaksiannya akan memasuki sorga. ( Musnad ahmad Tabrani dan Majma Uz-zawaid ).

58- عن ابى الدرداء رصى الله عنه قال: قال رسول الله صلىالله عليه وسلم . من شهد ان لآ اله الا الله وان محمدا عبده ورسوله مخلصا دخل الجنة . مجمع البحرين فى زوائد المعجمين 1/56 قال المحقق: صحيح لجميع طرقه
58- Abu Darda R.a. meriwayatkan bahwa nabi SAW bersabda : barang siapa bersaksi dengan ikhlas bahwa tiada yang patut disembah kecualAllah dan Muhamad adalah hamba Nya dan utusan Nya akan memasuki sorga. (Majma Ul Bahrain ).

59- عن انس رضى الله عنه قال : قال رسول اللهصلىالله عليه وسلم .: دخلت الجنة فرايت فى عار ضتى الجنة مكتوبا ثلاثة اسطر بالذهب ، السطر الاول : لآ اله الا الله محمد رسول الله، والسطر الثانى : ما قدمنا وجدنا وما اكلنا ربحنا وما خلفنا خسرنا ، والسطر الثالث : امة مذنبة ورب غفور . رواه الرافعى وابن النجار وهو حديث صحيح ، الجامع الصغر1/645
59- Anas r.a. meriwayatkan : bahwa Rasulullah SAW bersabda : Ketikan saya memasuki sorga saya mendapati ada kedua sisi tiga baris ( kalimat ) tertulis dengan tinta emas. Tulisan pertama tertulis : La ilaha illal;lahu Muhammadur rasulullah ( Tiada yang patutu disembaha kecuasli Allah dan Muhammad utusan Allah. Baris kedua tertulis : Apa yang kita kirimkan kita ( mendapat pahala ) disana dan apa yang kita pakai kita mendapat manfaat darinya dan apayang kita tinggalkan dibelakang kita menanggung kerugian disana. Baris yang ketiga tertulis : Umat penuh dengan dosa dan Rab senantiasa memberi pengampunan. ( Raf’I ibnu Najjar dan jami’us saghir ).

60-عن عتبان بن مالك الآنصار رضى الله عنه قال : قال النبى صلىالله عليه وسلم : لن يوافى عبد يوم القيامة يقول لآ إله ألله يبتغى بها وجه الله إلاحرم الله عليه النار. رواه البخارى ، باب العمل الذ يبتى به وجه الله تعالى ، رقم ، 242
60- Itban Ibnu malik Al Anshari r.a. meriwayatkan bahwa nabi SAW bersabda : Tidaklah seorang hamba Allah yang datang pada hari kiamat mengucapkan La ilaha illallah semata mata mencari wajah Allah karenanya kecuali Aalah SWT mengharamkan neraka kepadanya (HR.Bukhari )


61-عن أنس بن مالك رضىالله عنه عن رسول الله صلىالله عليه وسلم : قال: من فارق الدنيا على الإخلاص لله وحده لاسريك له وإقام الصلاة وإيتاء الزكاة ، فارقاها والله عنه راصى . راواه الحاكم وقال : هذا حديث صحيح الإسناد ولم يخرجاووافقه الذهبى 2/332
61- Anas Ibnu malik r.a. meriwayatkan bahawa Nabi SAW bersabda : barang siapa yang meninggalkan dunia ini dengan ikhlas ( yakin yang ikhlas kepada Allah saja tanpa menserikatkannya, mendirikan shalat, dan mengeluarkan zakat dan ( ia pergi dari dunia ini ) dalam keadaan yang sedemikian yang Allah ridho kepadanya (Mustadrak hakim )
Catatan : Ikhlas ( yakin yang tulus ) bermakna memilik ketaatan dari dalam lubuk hatinya.

62- عن أبى ذررضىالله عنه أن رسول الله صلىالله عليه وسلم قال: قد أفلح من أجلص قلبه للإ يمان وجعل قلبه سليما ولسانه صادقا ونفسه مطمئنة وخليفته مسقيمة وعينه ناظرة. ( الحديث ) رواه أحمد 5/147
62-Abu Dzar r.a. meriwayatkan : bahawa Rasulullah SAW bersabda : Sesungguhnya orang yang sukses adallah orang yang mendedikasikan hatinya semata mata untuk iman, dan membersihkan hatinya dari kesesatan dan pencemaran dan menjaga lidahnya berkata benar dan dirinya merasa puas (dengan ingat kepada Allah dan taat kepadanya ), dan menjaga akhlaknya senantiasa jujur, dan menggunakan telinganya mendengarkan kebenaran dan menggunakan matanya menyelediki ( perkara-perkara yang berkaitan dengan iman. ( Musnad ahmad )

63- عن أجابربن عبد الله رضىالله عنهما قال : سمغت رسول الله صلىالله عليه وسلم يقول: منلقىالله لايشرك به سيئا دجل الجنة ، ومن لقيه يشرك به شيئا دخل النار. رواه مسلم ، باب الد ليل على من مات... .،رقم : 275

63- Jabir Ibnu Abdullah r.a. berkata : saya mendengar Rasulullullah SAW bersabda barang siapa yang menjumpai Allah dengan tidak mensyarikatkan sesuatu kepadanya memasuki sorga. Dan barang siapa yang mensarikatkan sesuatu dengan Nya memasuki neraka. ( HR.Muslim )

64-عن عبادة بن الصامت رضىالله عنه قال : سمغت رسول الله صلىالله عليه وسلم يقول : من مات لا يشر ك بالله شيئا فقد حرمالله عليه النار. عمل اليوم والليلة للنساالي ، رقم : 1129
64- Ubadah Ibnu samit r.a. erkata : saya mendengar rasululah SAW bersabda : barang siapa yang mati dengan tidak mensarikatkan sesuatu kepada Allah, Allah pasti mengharamkan neraka darinya . ( Amalul Yaumi wal laila lin nasai ).

65- عن النواس بن سمعان رضى الله عنه أنه سمع النبى صلىالله عليه وسلم ياقول :من مات وهو لا يشرك بالله شيئا فقد حلت له مغفرته. رواه الطبرانى فى الكبير وإسناده لا باس به ، مجمع الزوائدا 1/164
65- Nawas Ibnu sam’an r.a. meriwayatkan bahwa ia mendengar rasullulah SAW bersabda : barang siapa yang mati dengan tidak menserikatkan sesuatu kepada Allah, maka sungguh pengampunannya menjadi wajib ( kepada Allah ) ( Tabrani dan Majma Uz Zawaid )

66- عن معاذ رضى الله عنه عن النبى صلىالله عليه وسلم قال : يا معاذ ! هل سمعت منذ الليلة حسا ؟ قلة لا. قال: إنه أتانى ات من ربى ، فبسرنىأنه من مات من أمتى لا يسرك بالله شيئا دخال الجنة ، قلت : يارسول الله ! أفلا أخرج إلى أناس فأبشرهم ، قال: دعهم فليستبقو الصراط . رواه الطبرانى فى الكبير. 30/59
66- Muaz r.a. meriwayatkan bahwa : nabi SAW bertanya : Wahai Muaz ! Apakah engkau mendengar suara petang ini ? saya menjawab tidak. Baginda SAW berkata : Sesungguhnya seorang malaikat datang kepadaku dari rabbku dan menyampaikan kabar gembira kepadaku bahawa Barang siapa dari umatmu yang mati dengan tidak menserikatkan sesuatu kepada Allah akan memasuki sorga. Saya berkata : wahai Rasulullah !tidakkah saya pergikepada orang orang dan memberikan kabar genbira kepada mereka ? Baginda SAW menjawab biarkan mereka demikian supaya mereka boleh berlomba-lomba dalam jalan ke solehan. ( HR.Tabrani )



67- عن معاذ بن جبل رضى الله عنه أنه عن النبى صلىالله عليه وسلم قال : يامعاذ ! أتدرى ما حق الله على العباد وما حق العباد على الله ؟ قال : قلت : الله ورسوله اعلم قال : فإن حقالله على العباد أن يعبدوا الله ولا يشركوا به شيئا ، وحق العباد علىالله عزوحل أن لا يعذ ب من لايشرك به شيئا. (الحديث ) رواه مسلم ، باب الدليل على ان من مات ..... ، لقم : 144
67- Muaz Ibnu jabal r.a. meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda : Wahai Muaz adakah engkau mengetauhi apa hak Allah ketas hamba Nya dan apa hak hamba Allah ketasa Allah ? saya menjawab : Allah dan rasul Nya lebih mengetauhi. Baginda SAW bersabda sesungguhnya hak Allah ke atas hamba adalah bahwa mereka menyembah Allah dan tidak menserikatkan sesuatu kepada Nya. Dan hak hamba keatas Alah SWT adalah bahwa Dia tidak menghukum seseorang yang tidak menserikatkan sesuatu kepada Nya. ( HR.Muslim ).

68- عن ابن عباس رضى الله عنهما أن رسول الله صلىالله عليه وسلم قال : من القىالله لايشرك به شيئا ولا يقتل نفسا لقى الله وهوا خفيف الظهر. رواه الطبرانى فى الكبير وفى إسناده ابن لهية ، مجمع الزوائدا/167 ، ابن لهية صدوق ، تقريب التهديب
68- Ibnu Abbas r.a. meriwayatkan bahwa Rasululah Saw bersabda : barang siapa menjumpai Allah SWT tanpa menserikatkan sesuatu kepada Nya dan tidak membunuh seseorang akan menjumpai Allah tanpa ada beban dipunggungnya. ( Tabrani Majma Uz-zawaid )

68- عن جرير رضى الله عنه عن النبى صلىالله عليه وسلم قال : من مات لا يشرك بالله شيئا ولم يتند بدم حرام أدخل من أى أبواب الجنة شاء . رواه الطبرانى فى الكبير ورجال موثقون ، مجمع الزوائد1/165
69- Jarir r.a meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda : Barang siapa yang mati tanpa menserikatkan sesuatu kepada Allah SWT dan tidak melemurkan tangannya dengan membunuh seseorang dengan kejam akan dapat memasuki sorga dari pintu mana saja yang ia kehendaki. ( Tabrani dan Majma Uz Zawaid )





























BERIMAN KEPADA YANG GHAIB


Beriman kepada Alah ta’ala dan beriman kepada kebenaran ghaib, dan beriman kepada semua yang disampaikan oleh Rasulullah SAW sebagai suatu kepastian, dan menolak pengalaman material, pendapat-peb\ndapat manusiawi dan kesenangan-kesenangan yang sementara, jikalau bertentangan dengan apa yang diwahyukan kepada rasulullah SAW.


Beriman kepada Allah Ta’ala dan sifat-sifat Nya, Kerasulan Nya, dan beriman kepada takdir


Ayat-ayat Al Qur’an

قال الله : ليس البرأن تولوا وجوهكم قبل المشرق والمغرب ولكن البر من ءامن بالله واليوم الآخر والمئلكة والكتب والنبين وءاتى المال على حبه ، ذوى القربى واليتمى والمسكين وابن السبيل والسائلين وفىالرقاب وأقام الصلوة وءاتى الزكوة والموفون بعهدهم إذا عهدوا والصبرين فى البا ساء والضراء وحين الباس ’ أوليك ألذين صدقوا‘ وأوليك هم المتقون *ٌ[البقرة : 177 ]
Allah SWT berfirman : Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebaktian ( kiblat dalam shalat ) ; akan tetapi sesungguhnya kebaktian itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, Kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir, dan orang-orang yang meminta-minta ; dan memerdekakan hamba sahaya, mendirikan shalat dan mengeluarkan zakat dan orang-orang yang menetapi janjinya apabila ia berjanji dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan dan penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang ikhlas dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa. (Al Baqarah 2:177 )

وقال تعالى يايها الناس اذكروا نعمت الله عليكم ، هل من خلق غير الله يرزقكم من السماء والرض ، لآ اله الا هو ،فانى تؤفكون * {فاطر:3}
Allah SWT berfirman : Hai manusia ! ingatlah akan nikmat Allah kepadamu ! adakah suatu pencipta selain Allah yang dapat memberikan rizki kepadamu dari langit dan bumi ! Tiada Tuhan selain Dia ; maka mengapakah kamu berpaling ( dari pada Nya ) ( Fathir 35:3 )
وقال تعالى : بدع السموة والارض ، انى يكون له ولدولم تكن له صحبة وخلق كل شىء وهو بكل شىء عليم *{ الانعام : 101}
Allah SWT berfirman : Dia pencipta langit dan bumi ! Bagaimana Dia mempunyai anak padahal Dia tidak mempunyai istri. Dia menciptakan segala sesuatu : Dan Dia mengetauhi segala sesuatu. ( Al An am 6:101 ).

وقال تعالى : افرء يتم ما تمنون(57) ء ا نتم تخلونه ام نحن الخلقون(59) {الوقعه : 57-59}
Allah SWT berfirman dan treangkanlah kepadaku tentang nutfah yang kamu pancarkan ? kamukah yang menciptakannya, atau Kami yang menciptakannya ? ( Al Waqiah 56: 58-59 ).

وقال تعالى : افرءيتم ما تحرثون (63) ء ا نتم تزرعونه ام نحن الزرعون (64) {الوقعه 63- 64}
Allah SWT berfirman : Maka terangkanlah kepadaku tentang yang kamu tanam ? kamu kah yang menumbuhkannya ataukah Kami yang menumbuhkannya ? ( Al Waqiah 56:63-64 )

وقال تعالى : افرءيتم الماء الذى تشربون (68) ءانتم انزلتوه من المزن ام نحن المنزلون (69) لو نشاء جعلنه اجاجا فلولا نشكرون (70) افرءيتم النار اليى تورون (71) ءانتم انشاتم شجرتها ام نحن المنشرون (72) {والعقهْ}
Allah SWT berfirman : Maka terangkanlah kepada KU tentang air yang kamu minum kamukah yang menurunkannya dari awan ataukah Kami yang menurunkannya ? kalau Kami kehendaki niscaya kami jadikan dia asing, maka mengapakah kamu tidak bersyukur ? maka terangkanlah kepadaku tentang api yang kamu nyalakan. Kamukah yang menjadikan kayu itu atau Kamikah yang menjadikannya ? ( Al Waqiah 56:68-72)

وقال تعالى : ان الله فالق الحب والنوى يخلج الحى من الميت ومخلج الميت والحى ذلكم الله فانى تؤفكون (95) فالق الاصباح وجعل اليل سكن والشمس والقمر حسبانا ذاك تقدر العزيز العليم (96) وهوالذى جعل لكم النجوم لتهتدوا بها فى ظلماتالبر والبحر قد فصلنا الايت لفوم يعلون (97) وهوالذى انسا كم من نفس وحدة فمستقر ومستودع قد فصلنا الايت لقوم يفقهون (98) وهوال ى انزل من السماءما ء فاخرجنبه نبات كل شىء فاخرجنا منه خضرا نخرج منه حبا متراكبا ومن النخل من طلعها قنوان دانية وجنت من اعناب والزيتون والرمان مشتبها وغير متشبه أنظروا إلى ئمر وينعه إن فى ذلكم لآيت لقوم يؤمنون ٌ{99}[ اللآنعام : 95-99]
Allah SWT berfirman : Sesungguhnya Allah menumbuhkan butir tumbuh-tumbuhan dan biji buah-buahan. Dia mengeluarkan yang hidup dari yang mati dan mengeluarkan yang mati dari yang hidup. Demikian itulah Allah, maka mengapa kamu masih berpaling. Dia menyingsingkan pagi dan menjadikan malam untuk beristirahat, dan menjadikan matahari dan bulan untuk perhitungan. Itulah ketentuan Allah yang Maha Perkasa lagi Maha mengetauhi dan Dialah yang menjadikan bintang-bintang bagimu, agar kamu menjadikannya petunjuk dalam kegelapan di darat dan di laut. Sesungguhnya Kami telah menjelaskan tanda-tanda kebenaran pada orang-orang yang mengetauhi. Dan Dialah yang menciptakan kamu dari seorang diri maka bagimu ada tempat tetap dan tempat simpanan. Sesungguhnya kami telah jelaskan tanda-tanda kebesaran kami kepada orang-orang yang mengetauhi. Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari timbih-tumbuhan itu tanaman yang menghijau, Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak ; dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan Zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikannlah baunya diwaktu pohonnya berbuah dan perhatikanlah pula kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda kekuasaan Allah bagi orang-orang yang beriman. ( Al an Am 6:95-99 )

وقال تعالى : فلله الحمد رب الشموت ورب الآرضى رب العلمين {36} ألكبريأء فى ألسموت والأ رضى وهوالعزيزالحكم {37ْ}[الجائية : 36-37 ]
Allah SWT berfirman : Maka bagi Allah lah segala puji Tuhan langit dan Tuhan Bumi, Tuhan semesta alam dan bagi Nya lah keagungan di langit dan di bumi, Dialah yang Maha Perkasa Lagi Maha Bijaksana. ( Al Jasiah 45: 36-37 )

وقال تعالى : قل أللهم ملك ألملك تؤ تى ألملك من تشاءوتنزع ألماك ممن تشاء وتعزمن تشاء وتذل منتشاء بيدك الخير أنك على كل شىءقدير {26} تولج أليل فى النهار وتولج النهار فى اليلة وتخرج الحى من الميت وتخرج الميت من الحى وترق من تشاء بغير حساب {27 } [ أل عمران : 26-27 ٍ]
Allah SWT berfirman : Katakanlah ! Wahai Tuihan yang mempunyai kerajaan Engkau berikan kerajan kepada orang yang engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari oprang-orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Ditangan Engkaulahg segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu. Engkau masukkan malam kedalam siang dan Engkau masukkan malam ke dalam siang. Engkau keluarkan hidup dari yang mati, Dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Dan Engkau beri rezeki siapa yang engkau kehendaki tanpa hisab. ( Al Imran 3: 26-27 )

وقال تعالى : وعنده ، مفاتح ألغيب لا يعلمها إلا هو ويعلم مافى البر والبحر وماتسقط من ورقة إلا بعلمها ولا حبة فى ظلمت ألآرض ولا رطب ولا يابس إلا فى كتب مبين {59} وهو الذى يتوفكم باليل ويعلم ما جر حتم بألنار ثم يبعثكم فيه ليقضى اجل مسمى ثم إليه مرجعكم ثم بنبئكم بما كنتم تعملون ل{60ْ} [ الآنعام : 59-60]
Allah SWT berfirman : Dan pada sisi Allah lah kunci-kunci semua yang ghaib tak ada yang mengetauhinya kecuali Dia sendiri, Dan Dia mengetauhi apa yang didaratan dan di lautan, Dan tiada sehelai daun pun yang gugur melainkan Dia mengetauhi Nya, Dan tidak jatuh sebutir biji pun dalam kegelapan bumi dan tidak suatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata ( Lauhul Mahfudz ). Dan Dialah yang menidurkan kamu di malam hari dan dia mengetauhi apa yang kamu kerjakan pada siang hari, kemudian Dia membangunkan kamu pada siang hari untuk di sempurnakan umurmu yang telah ditentukan, kemudian kepada Allah lah kamu kembali, lau Dia memberitahukan kepadamu apa ang dahulu kamu kerjakan. ( Al An am 6: 59-60 )

وقال تعالى : قل أغير الله أتخذ وليا فا طر ألسموات والإرض وهو يطعم ولا يطعم * [ الآنعام ْْ]
Allah SWT berfirman : Katakanlah ( Wahai Muhammad ) ! Apakah Aku akan jadikan pelindung selain dari pada Allah yang menjadikan langit dan bumi, padahal Dia memberi makan dan tidak diberi makan ? ( Al An am 6: 14)

وقال تعالى : وإن من شى ء إلا عندنا خزأئنه، وما ننزله ، إلا بقدر معلوم * [ احبر : 21]
Allah SWT berfirman dan tidak ada sesuatupun melainkan pada sisi kamilah khazanahnya ; dan Kami tidak menurunkannya melainkandengan ukuran tertentu. ( Al Hijr 15: 21 )

وقال تعالى : أيبتغون عندهم ألعزة فإن العزة لله جميعا * [ النساء 139]
Allah SWT berfirman : Apakah mereka mencari kekuatan disisi orang kafir itu ? maka sesungguhnya semua kekuatan kepunyaan Allah ( Annisa 4: 139 )
وقال تعالى : وكأين من دابة لاتحمل رقها الله ير قها وإياكم ًٍَُِ وهو ألسميع ألعليم * [ العنكبوت 60 ٍ]
Allah SWT berfirman : Dan berapa banyak binatang yang tidak dapat membawa rezekinya sendiri. Allah lah yang memberi rezeki kepadanya dan kepadamu dan Dia maha mendengar lagi Maha Mengetauhi. ( Al Ankabut 29:60 )

وقال تعالى : قل أريتم إن أخذالله سمعكم وأصركم وختم على قلوبكم من إله غيرالله يأتيكم به أنظر كيف نصر ف ألآ يت ثم يصدفون * [ألآنعام : 46 ٍ]
Allah SWT berfirman : Terangkanlah kepadfa Ku jika Allah mencabut pendengaran dan penglihatanserta menutup hatimu siapakah Tuhan selain Allah Yang Kuasa mengembalikannya kepadamu ? Perhatikanlah, agaimana kamu berkali-kali memperlihatkan tanda-tanda kebesaran kepada mereka, kemudian mereka tetap berpaling. ( Al Anam 6: 46 )

وقال تعالى : قل أريتم إن جعل الله عليكم أليل سرمدا إلى يوم ألقيمة من إله غيرالله يأتيكم بضياء أفلا تسمعون [ 71] : قل أريتم إن جعل الله عليكم النهار سرمدا الى يوم القيامة من إله غيرالله يأتيكم بليل تسكنو فيه أفلا تبصرون {72} [ ألقصص : 71-72 ٍُ]
Allah SWT berfirman : Terangkanlah kepada Ku jika Allah menjadikan untukmu malam itu terus menerus sampai hari kiamat siapakah Tuhan selain Allah yang mendatangkan sinar kepadamu ? Maka apakah kamu tidak mendengar ? katakanlah : Terangkanlah kepadaku jika Alah menjadikan untukmu siang itu terus menerus sampai hari kiamat, siapakah Tuhan selain Allah yang akan mendatangkan malam kepadamu yang beristirahat pada Nya ? maka apakah kamu tidak memperhatikan ? ( Al Qoshash 28 : 71-72 )

وقال تعلى : ومن ءايته الجوار فى البحر كالأ علم {32} ان يشأ يسكن ألريح فيظللن رواكد على ظهرى إن فى ذلك لآ يت لكل صبار شكور {33} أو يوبقهن بما كسبوا ويعف عن كثر {34} [ الشورى : 33-34 ]

Allah SWT berfirman : dan diantara tanda-tanda kekuasaan Nya ialah kapala-kapal di laut seperti gunung-gunung jika Dia menghendaki Dia akan menenangkan angin, maka jadilah kapal-kapal itu terhenti dipermukaan laut. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda bagi setiap orang yang banyak bersabar dan banyak bersyukur. Atau kapal-kapal itu dibinasakan Nya karena perbuatan mereka atau Dia memberi maaf sebagian besar dari mereka ( Asysyuro 42:32-34 )

وقال تعلى :ولقد اتينا داود منا فضلا يجبال اوبى معه والطير والنا له الحديد (10) { سبا:10}
Allah SW berfirman : dan sesungguhnya telah Kami berikan kepada Daud kurnia dari Kami ( Firman Nya ) “ Hai gunung-gunung dan burung-burung, bertasbihlah berulang-berulang bersama Daud “, dan Kami telah melunakkan besi untuknya. ( Saba 34 : 10 )

وقال تعالى : فخسفنا به وبداره الارض فما كان له من فئة ينصرونه ومن دون الله وما كان من المنتصرين (81){القصص : 81}

Allah SWT berfirman : maka Kami tenggelamkan qarun berserta rumahnya ke dalam bumi. Maka tidak ada baginya suatu golonganpun yang menolongnya tyerhadap azab Allah, dan tiadalah ia termasuk orang-orang yang dapat menyelamatkan dirinya. ( Al Qosas 28 : 81 )

وقالى تعالى : فاوحينا الى موسى انضرب بعصاك الحخر فافلق فكلن كل فرق كالطود العظيم (63) {الشعر :63}
Allah SWT berfirman :lalu kami wahyukan kepada Musa ( kami berfirman : “Pukullah lautan itu dengan tongkatmu “. Maka terbelahlah lautan itu dan tiap-tiap belahan adalah seperti gunung yang besar. ( Asy Syu’araa 26 : 63 )

وقال تعالى : وما امرنا الا وحدة كلمح بلبصر (50) {القمر :50}
Allah SWT berfirman : Dan perintah Kami hanya satu perkataan seperti kejapan mata. ( Al Qomar 54:50 )
وقال تعالى الا له الخلق والامر {الا عراف : 54}
Allah SWT berfirman : Sesungguhnya menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah ( Al A’raf 7 : 54 ).
وقال تعالى : ما لكم من اله غيره{ الاعراف 59 ْ}
Allah SWT berfirman : ( Setiap Rasul menyampaikan satu misi kepada kaumnya ; Sembahlah Allah ) sekali-kali tidak ada Tuhan bagimu selain Nya. ( Al Araf 7 : 59 )

وقال تعالى ولو انما فى الر ض من اقلم ولبحر يمده من بعده سبعة ابحر ما نفدت كلمت الله ان الله عزيز حكيم (27) { لقمان}
Allah SWT berfirman : dan seandainya pohon-pohon di bumi menjadi pena dan laut menjadi tinta ditambahkan kepadanya 7 laut lagi niscaya tidak akan habis-habisnya dituliskan kalimah Allah. Sesungguhnya Allah maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. ( Lukman 31 : 27 )

وقال تعالى : قل لن يصيبنا الا ما كتب الله لنا هومولنا وعلى الله فليتوكل المؤمنون (51) { التوبة: 51}
Allah SWT berfirman : Katakanlah ! “ Sekali-kali tidak akan menimpa kamu melainkan apa yang ditetapkan oleh Allah bagi kami. Dialah pelindung kami, dan hanyalah kepada Allah orang-oang beriman harus bertawakkal. ( At Taubah 9: 51 ).

وقال تعالى : وان يمسسك للله بضر فلا كا شف له الا هو وان يردك بخير فلا رآد لفضله يصيب به من يشآء من عباده وهو الغفو الرحيم (107) { يونس : 107}
Allah SWT berfirman : Jika Allah menimpakan sesuatu kemudaratan kepadamu, maka tdak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia. Dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tidak ada yang dapat menolak karunia Nya. Dia memberikan kebaikan itu kepada siapa yang dikehendaki Nya daiantara hamba-hamba Nya dan Dialah yang Maha Pengampun lagi maha penyayang. ( Yunus 10 : 107 ).


Hadist-hadist Nabawi


70- عن ابن عباس رصى اله عنهما ان جبريل قال للنبىصلىالله عليه وسلم . حدثبى ما الا يمان ؟ قال: الا يمان ان تؤ من بالله واليوم الآخر والملائكة والكيب والنبيين وتؤمن باالموت وبالحياة بعد الموت وتؤمن بالجنة والنار والحساب والميزان وتؤمن بالقدر كله خيله وشره. قال فاذا فعلت ذلك فقد آمنت ؟ قال: اذا فعلت ذلك فقد آمنت .( وهو قطعة من حديث طويل ) رواة احمد 1/319
70- Ibnu Abbas r.a meriwayatkan bahwa Zibrail a.s. bertanya kepada Nabi SAW : Katakan kepadaku apa itu Iman ? Nabi SAW menjawab : Iman adalah beriman kepada Allah, hari akhirat, Malaikat-malaikat, Kitab-kitab, nabi-nabi, dan beriman kepada ke matian dan kehidupan setelah mati, dan beriman kepada sorga dan neraka, dan kepada hari hisab dan kepada timbangan ( amalan –amalan ) dan beriman kepada segala ( aspek ) mengenai takdir baik dan buruk. Zibrail a.s. berkata jikalau aku berbuat demikian apakah saya menjadi seorang beriman ? Rasulullah SAW menjawab : Jikalau engkau berbuat demikian engkau sudah menjadi seorang beriman. ( Musnad Ahmad )


71- عن ابن هرير ة رضىالله عنه - عن ابن هرير ة رضىالله عنه عن النبى صلىالله عليه وسلم قال: الإيمان أن تؤمن بالله وملايكته وبلقائه ، ورسوله ، وتؤمن بالبعش . رواه البخار، باب سؤ ال جبر يل النبى . ، رقم: 50
71. Abu Hurairah r.a meriwayatkan Nabi SAW bersabda : Iman adalah beriman kepada Allah, malaikat- malaikat, pertemuan Nya ( pada hari akhirat ), Rasul-rasul, dan beriman kepada hari kebangkitan ( HR.Bukhari )


72- عن عمربن الخطا رضىالله عنه أنه سمع النبى صلىالله عليه وسلم يقول : من مات يؤ من بالله وملائكته وبلقا ئه ، ورسل ، وتؤمن بالبعث . رواه أحمد وفى إسناده شهر بن حوشب وقد وثق ، مجمع الزوائد 1/186
72- Umar Ibnu Khattab r.a. merwayatkan bahwa ia mendengar Nabi SAW bersabda : Barang siapa yang mati dalam iman kepada Allah dan hari akhirat akan dikatakan kepadanya : masuklah kamu dari salah satu belakang pintu sorga yang kamu kehendaki. ( Musnad Ahmad )


73- عن عبدالله بن مسعود رضىالله عنه قال : قال رسو ل الله صلىالله عليه وسلم : إن للشيطان لمة بابن ادم وللملك لمة ، فأما لمة الشيطان فإ يعاد باشر وتكذيب بالحق ، وأما لمة الملك فإيعاد بالخير وتصديق بالحق ، فمن وجد ذلك فليعلم أنه منالله فليحمد الله ، ومن وجد الآ خرى فليتو ذ بالله منالسيطان الرجيم ثم قرأ :﴿ السيطن يعدكم الفقر ويأ مر كم بالفحشء ) الآ. رواه الترم1 وقال : هذا احديث حسن صحيح غريب ، باب ومن سو رة البقرة ،رقم : 2988
73- Abdullah Ibnu mas’ud r.a. meriwayatkan : Bahwa rasulullah SAW bersabda : Sesungguhnya dalam hati manusia ada bisikan yang dikobarkan oleh saitan dan juga ada bisikkan yang datangnya dari malaikat kalau bisikan yang dikobarkan oleh syaitan ia senantiasa menghasut kepada perbuatan jahat dan memalsukan kebenaran. Dan kalau bisikan yang datang dari pada Malaikat ia senantiasa mendorong kepada kebaikan dan menguatkan kebenaran. Oleh sebab itu barng siapa yang mendapati dalam hatinya bisikan yang mengajak kepada kebaikan dan membenarkan yang benar ketauhilah bahwa bisikan ( petunjuk ) itu berasal dari Allah maka hendaklah ia bersyukur kepada Allah, dan barang siapa mendapati dalam hatinya bisikan lain ( dari syaitan ) hedaklah ia bertaawudz ( berlindung ) kepada Allah dari syaitan yang terkutuk ; dan membaca ( membaca dari Al Qur’an surat Al Baqarah 2: 268 ): Syaitan menakut-nakuti engkau dengan kemiskinan dan mengjajak engkau melakukan perbuatan mesum. ( HR.Tirmidzi )


74- عن أبى ذر داء رضىالله عنه قال : قل رسول الله صلىالله عليه وسلم : أجلوا الله يغفرلكم. رواه أحمد 5/199
74- Abu Darda r.a. meriwayatkan bahwa Rasullullah SAW bersabda : Agungkan Allah ( dalam hatimu ), dan Dia akan mengampunimu. ( Musnad Ahmad )



75- عن ابن ذر رضىالله عنه عن النبى صلىالله عليه وسلم فيما روى عنالله تبارك وتعالى أنه قال :ياعباى ! إنى حرمت الظلم على نفس ، وجعلته بينكم محرما ، فلا تظا لموا ، ياعبادى ! كلكم ضال إلا من هديته ، فاستهدونى أنى أهدكم ، ياعبادى ! كلكم جائع إلا من أطعمته ، فاستطعمونى أطعمكم، ياعبادى ! كلكم عار إلامن كسوته ، فاسكسونى أكسكم ، ياعبادى ! إنكم تخطئون بالليل والنهار ، وأنا أغفر الذنوب جميعا ، فاستغفرونى أغفر لكم ، ياعبادى ! إنكم لن تبلغوا ضرى فتضرونى ، ولن تبلغوا نفعى فتنفعونى ، ياعبادى ! لو أن أولكم وا خركم، وإنسكم وجنكم ، كانوا على اتقى قلب رجل واحد منكم ، مازاد ذلك فىملكى شيئا ، ياعبادى ! لو أن أولكم وا خركم، وإنسكم وجنكم ، كانوا على أفحر قلب رجل واحد منكم مانقص ذلك من ملكى شيئا ، لو أن أولكم وا خركم، وإنسكم وجنكم ، كانوا على اتقى قلب رجل واحد منكم ، مازاد ذلك فىملكى شيئا ، ياعبادى ! لو أن أولكم وا خركم، وإنسكم وجنكم ، قامو افى صعيد واحد فسألونى ، فأعيت كل إنسان مسأ لته ، ماتقص ذللك مما عندى إلا كما ينقص المخيط إذا أدخل البحر، لو أن أولكم وا خركم، وإنسكم وجنكم ، كانوا على اتقى قلب رجل واحد منكم ، مازاد ذلك فىملكى شيئا ، ياعبادى ! إنماهى أعمالكم أحصيها لكم ، ثم أوقيكم إياها ، فمن وجد خيرا فليحمد الله ، ومن وجد غير ذلك فلا يلو من إلا نفسه . رواه مسلم ، باب تحريم الظم ، رقم : 2572
75- Abu Dzar r.a. Meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersaba bahwa Allah SWT berfirman : Wahai hamba-hamba Ku ! Aku telah mengharamkan aniaya keatas diri Ku dan Aku telah mengharamkannya dari antara kamu maka janganlah kamu menganiaya satu sama lain. Wahai hamba-hamba Ku ! semua kamu adalah sesat kecuali orang yang Aku beri petunjuk maka carilah petunjuk daripada Ku, Aku kan menunjuki kamu. Wahai hamba-hamba Ku ! kamu semua lapar kecuali orang yang Aku beri makan oleh karena itu mintalah makanan dari pada Ku, Aku akan memberimu makanan. Wahai hamba- hamba Ku ! kamu semua telanjang kecuali oarng yang Aku beri dia pakaian, oleh sebab itu mintalah pakaian dari pada Ku, maka Aku akan memberimu pakaian. Wahai hamba-hamba Ku ! sesunguhnya kamu melakukan kesalahan malam dan siang dan Aku mengampuni semua dosa, leh sebab itu mintalah ampunan dari pada Ku, maka Aku akan mengampuni kamu. Wahai hamba-hamba Ku ! Jika kamu hendak memudaratkan Aku kamu tidak akan pernah dapat berbuat demikian. Dan jikalau kamu hendak memberi manfaat kepada K, maka kamu tidak akan pernah akan dapat berbuat demikian. Wahai hamba-hamba Ku ! jikalau orang yang pertama dari pada kamu dan orang yang terakhir dari pada kamu dan semua manusia dan jin adalah soleh sebagaimana orang – orang yang paling soleh diantara kamu, maka tidak akan menambah singgasana Ku yang paling kecil. Wahai hamba-hamba Ku ! Jikalau orang yang pertama dan yang terakhir diantara kamu, semua manusia dan jin menjadi durhaka sebagaimana orang yang paling durhaka diantara kamu, maka mereka tidak akan dapat mengurangi kerajaan Ku walaupun yang paling kecil. Wahai hamba-hamba Ku Jikalau orang yang pertama dan terakhir dari pada kamu dan semua manusia dan jin berdiri di tanah lapang dan memohon kepada Ku dan Aku memberikan kepada setiap orang apa yang dimintanya, maka tidak menyebabkan berkurangnya khazanah Ku, walaupun sebesar jarum berkurangnya ( air ) dalam lautan jikalau dicelupkan disana. Wahai hamba-hamba Ku itulah amalan – amalan kamu yang Aku catatkan dan Aku perhitungkan bagi kamu, kemudian aku mengimbangi secara penuh kepada kamu, oleh sebab itu barang siapa mendapati ( disana ) hendaklah ia bersyukur kepada Allah dan barang siapa mendapati lain dari yang semestinya janganlah ia menyalahkan orang lain dari dirinya sendiri. ( HR. Muslim ).

76 – عن ابى موسى الا شعرى رضى الله عنه قال رسول الله صلىالله عليه وسلم . بخمس كلمات فقال : ان الله عز وجل لا ينام ولا ينبغى له ان ينام ، يخفض السط ويرفعه ، يرفع اليه عمل الليل فبل عمل النهار ، وعمل النهار فبل الليل ،حجابه النور النور لو كشفه لا حرقت وجهه ما انتهى اليه بصره من خلقه . رواه مسام ، باب فى قوله عليه السلام : ان الله لا ينام.... رقم :445
76- Abu Musa Al ashari meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW berdiri ditengah – tengah kami dan ( memberitahukan kepada kami ) lima rangkaian kalimat :
1. Sesungguhnya Allah SWT tidak tidur dan tidak pantas bagi Nya untuk tidur.
2. Amalan-amalan pada malam hari diangkat kepada Nya sebelum amalan-amalan siang hari.
3. Dan amalan-amalan siang hari sebelum amalan-amalan malam hari.
4. Hijab bagi Nya adalah nur. Jikalau Dia hendak mengangkatnya maka wajahnya yang agung akan menyebabkan terbakarnya ciptaan Nya, sejauh pandangan mereka memandang. ( H.Muslim )

77- عن ابى عباس رضى الله عنهما قال : قال رسول الله خلق إسرفيل منذ يوم خلقه صآفا قدميه لا يرفع بصره ،ينبه وبين الرب تبارك ويعالى سبعون نورا ، ما منها من نور يدنو منه الا احترق . مصا بيح السنة للبغوى من الحسان 4/31
77- Ibnu Abbas r.a meriwayatkan bahwa Rasulullullah SAW bersabda : Sesungguhnya semenjak Allah menciptakan Israfil a.s ; Ia berdiri tegak lurus diantara kedua kakinya tanpa mengangkat matanya. Antara dia dan Pemberi rezeki, Yang Maha Mulia ada tujuh puluh ( hijab ) Nur. Jikalau ia datang mendekat kepada ( hijab – hijab Nur ) ini maka ia akan terbakar. ( Masabih-hus-sunah ).

78- عن زرارة بن اوفى رضى الله عنه ان رسول الله صلىالله عليه وسلم , قال لجبريل: هل رأيت ربك ؟ فانتقض جبريل وقال : يا محمد ! ان بينى وبينه سبعين حجابا من نورلو دنوت من بعضها لا حترقت . مصابيح السنة للبغوى ىعده من الحسان 4/30
78- Zurarah Ibnu Awfah r.a meriwayatkan bahwa Rasulullullah SAW beertanya kepada Zibrail a.s. : Apakah kamu pernah melihat Pembneri rezekimu? Mendengar Ini jibrail a.s. gemetar dan berkata : Wahai Muhammad antar aku dan Dia terdapat tujuh puluh hijab dari Nur, jikalau aku datang mendekat kepada salah satu dari mereka, aku akan terbakar. ( Masabih – huj-sunah ).


79- عن ابى هريرة رضى الله عنه ان رسول اللهصلىالله عليه وسلم .قال : قال الله عز وجل : انفق انفق عليك ، يدالله ملأى لا يغيضها نفقة ، سحا ءالليل والنهار وقال : أرأيتم ما أنفق منذ خلق السماء والارض فانه لم يغض ما فى ديه وكان عرشه على الماء ، وبيده اْْلميزان يخفض ويرفع . رواه البخارى ، باب قوله وكان عرشه على الماء ، رقم :4684
79- Abu Hurairah r.a. meriwayatkan bahwa rasullullah Saw bersabda : Allah SWT berfirman : berbelanjalah maka Aku akan berbelanja keatas kamu. Dan Dia berfirman : Tangan ( khazanah ) Allah adalah pemurah, Dia membelanjakan malam dan siang terus menerus tanpa pernah menguranginya. Dan Dia berfirman : Tidakkah engkau perhatikan, apa yang Dia belanjakan semenjak Dia menciptakan langit dan bumi dan tidak menyebabkan berkurangnya apa yang ada dalam genggaman Nya ? dan arsy Nya berada di atas air dan dalam tangan Nya timbangan ( takdir ) yang Ia turunkan dan Ia angkat. ( HR.Bukhari )

80- عن ابى هريرة رضى الله عنه عن النبى صلىالله عليه وسلم . يقبض الله الارض يوم القيامة ، ويطوى السماء بيمينه ثم يقول :انا الملك ، اين الملك الارض ؟ رواه البخارى ، باب قول تعالى ملك الناس ، رقم : 7382
80- Abu Hurairah r.a. meriwayatkan bahwa nabi SAW bersabda : Allah SWT akan menggenggam bumi ada hari kiamat dan akan menggulung langit dalam tangan kanan Nya, kemudian ia kan berfirman : Akulah raja maka dimanakah raja-raja bumi ? (HR.Bukhari ).
catatan : Sifat menggenggam bumi dan menggulung langit, tangan Allah, dan yang serupa dengannya adalah kebenaran, hakekatnya diluar genggaman kita sebagaimana tidak ada kesamaan dengan sifat makhluk. Allah SWT tidak serupa dengan salah satu dari ciptaan Nya baik dalam keberadaan Nya maupun dalan sifat-sifat Nya kecuali dalam kata-kata saja. Allah dan sifat-sifat Nya jauh diatas pemahaman yang sempurna dari salah satu ciptaan Nya.

81- عن أبى ذررضىالله عنه قال: قال رسول الله صلىالله عليه وسلم إنى أرى ما لا ترون وأسمع ما لا تسمعون، أطت السماء وحق لها إن تئط ما فيها موضع أربع أصابع إلا وملك واضع جبهته لله ساجد، والله لوتعلمون ما أعلم لضحكتم قليلا ولبكيتم كثيرا، وما تلذ ذتم بالنساء على الفرش، ولخر إلى الصعدات تجأرون إلى الله، لوددت أنى كنت شجرة تعضد. رواه الترمذ وقل : هذا حديث حسن غريب، باب ماجاءفىل النبى صلىالله عليه وسلم لوتعلمون....رقم : 2316
81- Abu Dzar r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda :Sesungguhnya saya melihat apa yang tidak kamu lihat dan aku mendengar apa yang tidak kamu dengar. Langit berbunyi ( dengan kebesaran dan keagungan Allah) adalah pantas bagi nya berbunyi ! Tidak ada satu ruanganpun diantara ke empat jari kecuali terdapat seorang Malaikat yang menundukkan dahinya dalam bersujud kepada Allah. Demi Allah ! Jikalau kamu mengetauhi apa yang saya ketauhi kamu akan sedikit tertawa dan banyak menangis, dan kamu tidak akan bersenang-bersenang dengan istri-istri mu diatas tempat tidur, dan kamu akan pergi ke atas bumbung rumah-rumah kamu untuk berdoa dengan bersungguh – sungguh kepada Allah. Sesungguhnya saya berkehendak bahwa kalau saya adalah seperti sebuah tanaman yang dipetik dari bumi! (HR. Tirmidzi )

82- عن أبى هريرة رصىالله عنه فال : قل رسوالله صلىالله عليه وسلم إن لله تسعة اسما مانة غير واحدة من أحصاها دخل الجنة.
هوالله الذى لآ إله إلاهو الرحمن الرحيم الملك القدوس السلام المؤمن المهيمن العزيز الجبار المتكبر الخالق البارى المصور الغفار القهار الوهاب الرزاق الفتاح العليم القابض الباسط الخافض الرافع المعزالمذل السميع البصير الحكم العدل اللطيف الخبير الحليم العظيم الغفور الشكور العلى الكبير الحفيظ المقيت الحسيب الجليل الكريم الرقيب المجيب الواسع الحكيم الودود الماجيد البا عث الشهيد الحق الوكيل القوى المتيى الولى الحميد المحص المبدئ المعيد المحيى المميت الحى القيوم الواجد الماجد الواحد الآحد الصمد القادر المقتدر المقدم المؤخر الآول الآخر الظاهر الباطن الوالى المتعالى البر التواب المنتقم العفو الرؤؤف مالك املك ذوالجلال والإكرام المقسط الجامع الغنى المغنى المانع الضار النافع النور الهادى البديع الباقى الوارث الرشيد الصبور.
رواه الترمذى وقال : هذاحديث غريب، باب حديث فى أسماءاللهصلىالله عليه وسلم ..، رقم : 35
82- Abu Hurairah meriwayatkan : Bahwa Rasulullullah Saw bersabda : Sesungguhnya ada sembilan puluh sembilan nama bagi Allah ; seratus kurang satu, barang siapa yang menghapal dan membacanya masuk ke dalam sorga. Dialah Allah selain Dia tiada yang patut di sembah, Dia adalah :

Ar-Rahmān Maha Pemurah/Maha Pengasih

Ar-Rahim Maha Penyayang

Al-Malik Maha Merajai

Al-Quddus Maha Suci

As-Salaam Maha Menyelamatkan

Almu’min Maha Pemelihara Keamanan

Almuhaimin Maha Penjaga

Al’aziiz Maha Mulia

Aljabbaar Maha Perkasa

Almutakabbir Maha megah

Alkhaaliq Maha Pencipta

Albaari Maha membebaskan

Almushawwir Maha pembentuk

Alghaffaar Maha Pengampun

Alqahhaar Maha Pemaksa

Alwahhaab Maha Pemberi

Arrazzaaq Maha Pemberi rezeki

Alfataaah Maha Membukakan

Al’aliim Maha Mengetauhi

Alqaabidh Maha pencat

Albaasith Maha Meluaskan

Alkhaafidh Maha Menjatuhkan

Arraafi’ Maha Mengangkat

Almu’izz Maha Pemberi Kemuliaan

Almudzill Maha Pemberi kehinaan

Assamii Maha Mendengar

Albashiir Maha Melihat

Alhakam Maha Menetapkan Hukum

Al’adl Maha Adil

Allatihiif Maha Halus

Alkhabiir MahaWaspada

Alhaliim Maha penghiba atau penyantun

Al’azhiim Maha Agung

Alghafuur Maha Pengampun

Asy-syakuur Maha Pembalas

Al’aliyy Maha Tinggi

Alkabiir Maha Besar

Alhafiidh Maha Pemeliara

Almuqiit Maha Pemberi Kekuatan

Alhasiib Maha enghisab

Aljaliil Maha Luhur

Alkaariim Maha Mulia

Arraqiib Maha Mengawasi

Almujiib Maha Mengabulkan

Alwasi’ Maha Luas

Alhakiim Maha Bijaksana

Alwaduud Maha Pencinta

Almajiid Maha Mulia

Alba’its Maha Membangkitkan

Asy-syahiid Maha Menyaksikan

Alhaqq Maha benar/hak

Alwakiil Maha Pemelihara Penyerahan

Alqawiyy Mah Kuat

Almatiin Maha Kokoh

Alwaliyy Maha Melindungi

Alhamiid Maha Terpuji

Almuhshii Maha penghitung

Almubdi’ Maha Memulai

Almu’iid Maha Mengembalikan

Almuhyii Maha Menghidupkan

Almu’miit Maha Mematikan

Alhayy Maha Hidup

Alqayyuum Maha Tegak

Alwaajid Maha mengadakan

Almaajid Maha Mulia

Alwaahid Maha Esa

Ash-shamad Maha dibutuhkan

Alqaadir Maha Kuasa

Almuqtadir Maha menentukan

Almuqaddim Maha mendahulukan

Almuakhkhir Maha Mengakhirkan

Al-awwal Maha Permulaan

Al-aakhir Maha Penghabisan


Azh-zhaahir Maha Nyata

Albaathin Maha Tersembunyi

Alwaalii Maha Menguasai

Almuta’aali Maha Suci/Terpelihara

Albarr Maha Dermawan

Attawwaab Maha Penerima taubat

Almuntaqim Maha Penyiksa

Al’afuww Maha Pemaaf

Arrauuf Maha Pengasih

Maalikul Mulki Maha Memiliki Kerajaan

Dzul Jallali Wal Ikraam Maha Memiliki Kesabaran

Almuqsith Maha Mengadili


Aljaami’ Maha Mengumpulkan

Alghaniyy Maha kaya

Almughnii Maha Pemberi Kekayaan

Almaani’ Maha Menolak


Adh-dhaarr Maha Pemberi bahaya

Annaafi’ Maha Pemberi Kemanfaatan

Annuur Maha Bercahaya

Alhaadii Maha Pemberi Petunjuk

Albadii’ MahaPencipta keindahan

Albaaqii Maha Kekal

Alwaarits Maha Pewaris

Arrasyiid Maha Cendikiawan

Ash-shabuur Penyabar

Catatan : Allah SWT memiliki banyak nama sebagaimana disebutkan dalam Al Qur’an dan Al Hadist. Dari sembilan puluh sembilan nama itu terdapat dalam hadist ini.

73 – عن أبى بن كعب رصىالله عنه أن المشركين فال النبى صلىالله عليه وسلم : يامحمد ! انسب لناربك ، فأنزل الله يبارك وتعالى :( قل هوالله أحد الله الصمد لم يلد ولم يولد ولم يكن له كفواأحد ). رواه احمد 5/124 موسى الا شعرى
83- Ubay Ibnu Kaab r.a meriwayatkan : Suatu ketika orang-orang musrik berkata kepada Nabi SAW : Wahai Muhammad ! Terangkan kepada kami tentang keturunuan Pemberi rezeki kami. Atas pertanyaan itu Allah SWT menurunkan (surat Al Ikhlas ) : Katakanlah ( wahai Muhammad ) ! Dialah Allah Yang Maha Esa, Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada Nya segala sesuatu. Dia tiada branak dan tiada pula diberanakkan, dan tidak ada seorangpun yang sebanding dengan Dia. (Musnad Ahmad )


74 – عن ابى هرير ة رضىالله عنه قال : قال رسوالله صلىالله عليه وسلم : (قال الله عزوجل ) : كذبنى ابن ادم ولم يكن له ذلك ، وشتمن ولم يكن له ذلك ، أما تكذيبه إياى أن يقول : إنى لن أعيده كما بد أته ، وأما شتمه إياى أنيقول : اتخذ الله ولدا ، وأنا الصمد الذى ولم أولد ، ولم يكن لى كفوا أحد . رواه البخارى ، باب قوله االله الصمد ، رقم : 4975
84- Abu Hurairah r.a. meriwayatkan : Bahwa Rasulullullah SAW bersabda : Allah SWT berfirman : Bani Adam menuduh Aku berbohong, yang ia tidak mempunyai (dasar ) untuk berkata demikian. Dan ia telah mencerca Aku walaupun ia tidak mempunyai ( dasar ) untuk itu. Sebagaimana tuduhannya kepada Ku bahwa Aku berbohong dengan perkataannya bahwa Aku tidak pernah akan membangkitkannya padahal sesungguhnya aku telah menciptakannya, dan sebagaimana cercaannya kepada Ku dengan mengatakan bahwa Allah mempunyai anak, padahal Aku adalah Tuhan tempat bergantung Nya segala sesuatu, Aku tidak beranak dan tidak diperanakkan dan tiada yang serupa dengan Ku (HR.Bukhari ).

85- عن أبى هرير ة رضىالله عنه قال : سمعت يارسوالله صلىالله عليه وسلم يقول : لا يزال الناس يتساء لون حتى ياقال هذا : خلق الله الخلق فمن خلق الله ؟ فإذا قالوا ذلك فقول : الله أحد الله الصمد لم يلد ولم يولد ولم يكون له كفوا أحد ، ثم ليتفل عن يساره ثلا ث وليستعذ من الشيطان الرجيم. رواه أبوداود، مشكوة المصابيح ، لقم : 75
85- Abu Hurairah r.a. meriwayatkan : Saya mendengar Rasullullah SAW bersabda : Manusia akan berhenti bertanya daia antara mereka ( tentang keberadaan Allah ), sehingga ( mereka melewati semua batas ) dan berkata : Allah menciptakan makhluk akan tetapi siapa yang menciptakan Allah ? oleh sebab itu apabila mereka mengatakan suatu perkataan demikian, katakan kepada mereka :

الله أحد الله الصمد لم يلد ولم يولد ولم يكن له كفوا أحد

Artinya : Dialah Allah Yang Maha Esa, Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada Nyasegala sesuatu. Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan dan tidak ada seorang pun yang senbanding dengan Nya. Kemudian meludah ringan kesamping sebelah kirimu tiga kali dan mohon perlindungan ( kepada Alah ) dari syaitan yang terkutuk . ( Abu Daud Miskatul Masabih )

86- عن أبى هرير ة رضىالله عنه قال : قال النبى صلىالله عليه وسلم : قال الله تعلى : يؤ ذينى ابن ادم ، يسب الدهر وأنا الدهر ، بيد الآمر ، أقلب الليل والنهار . رواه البخارى ، باب قول الله تعلى يردون أن بيدلو كلام الله ، رقم : 7491
86- Abu Hurairah r.a. meriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda : Allah SWT berfirman : Bani Adam mengganggu dan beriri hati kepada Ku. Ia melalaikankna Waktu padahal Akulah ( Pencipta ) Waktu ( dan segala sesuatu yang berada di dalamnya ) ! Di dalam genggaman tangan Ku ( segala sesuatu ) berjalan, dan Aku menjadikan malam dan siang silih berganti ! ( HR.Bukhari)

87- عن أبى موس ألآ شعرى رضىالله عنه قال : قال النبى صلىالله عليه وسلم : ما أحد أصبر على أذى سمعه منالله ، يد عون له الولد ثم يعافيهم وير زقهم . رواه البخارى، باب قول الله تعالى أن الله هوالرزاق . ، رقم : 7378
87- Abu Musa Al ashari r.a. meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda : Tiada orang yang lebih sabar ketas gangguan ia dengar daripada Allah ! Orang-orang musrikin menserikatkan kepada Nya dengan seorang anak dan ( walaupun demikian ) Dia terus memberi kepada mereka keadaan yang baik dan mnemberikan rezeki kepada mereka ! (HR.Bukhari )

88- عن أبى هرير ة رضىالله عنه قال : قال النبى صلىالله عليه وسلم : لما خاق الله الخلق ، كتب به ، فهو عنده فوق العرش : إن رحمتى تغلب غضبى. رواه مسلم ، باب فى سعة رحمة الله تعلى ... .، رقم : 6969
88- Abu Hurairah r.a. meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda ketika Allah menciptakan makhluk, Dia menulis dalam kitab Nya ; dan kitab itu berada bersama dengan Allah diatas Arsy, yang ( tertulis ) : Sesungguhnya rahmat Ku mengalahkan kemarahan Ku : (HR.Muslim )

89- عن أبى هرير ة رضىالله عنه أن رسول الله صلىالله عليه وسلم قال : لويعلم المؤمن ماعند الله من العقوبة، ماطمع بجنته أحد، ولو يعلم الكافر ما عندالله من الرحمة ، ماقنطمن جنته أحد. رواه مسلم ، باب فى سعة رحمة الله تعلى .. .، رقم : 6979
89- Abu Hurairah r.a. meriwayatkan : bahwa Rasulullah SAW bersabda : Jikalau orang beriman mengetauhi apakah azab yang dimiliki Allah ketas para penjalim, maka tiada seorang pun yang berharap ke atas sorga Nya dan apabila orang-orang kafir mengetauhi apakah rahmat yang dipunyai Allah maka niscaya tiada yang berputus asa atas sorga Nya. ( HR.Muslim )

90- عن أبى هرير ة رضىالله عنه النبى صلىالله عليه وسلم قال : إن لله مائة رحمة ، أنزل منهما رحمة واحدة بين الجن والإنس والبهائم والهوام ، فبها يتعا طفون ، وبها يتراحمون ، وبها تعطف الوحش على ولد ها ، وأخرالله تسعا وسعين رحمة ، يرحم بها عباده يومالقيامة. رواه مسلم ، باب فى سعة رهمة الله تعلى .. .، رقم : 2974
وفى رواية لمسلم: فإذا كان يوم القيامة أكملها بهاذه الرحمة. رقم : 6977
Abu Hurairah r.a.meriwayatkan bahwa nabi SAW bersabda : Sesungguhnya Allah memiliki seratus rahmat. Dia telah menurunkan darinya satu Rahmat diantara jin dan manusia, binatang dan makhluk-makhluk yang melata. Dengan demikian mereka ( semua ) menunjukkan kasih sayang kepada satu helai dan dengan demikian mereka menunjukkan ke rahiman ke atas satu sama lain, dan karena itu satu ekor lebah memperlihatkan kasih sayangnya kepada anaknya dan Allah menangguhkan sembialan puluh sembilan rahnmat yang Dia akan memberikan kepada hamba-hamba Nya pada hari kiamat. ( HR.Muslim )
Catatan : Dalam sebuah riwayat oleh Muslim : Dan apabila pada hari kiamat Dia akan menyempurnakan ( Sembilan Puluh Sembilan ) dengan ( satu ) Rahmat ( yang telah diturunkan ke atas dunia ini dan pada hari kiamat Dia akan menganugerahkan kepada hamba-hamba Nya seratus rahmat. ( HR.Muslim )


91- عن عمر بن الجطاب رضىالله عنه أنه قال : قدم على رسول الله صلىالله عليه وسلم بسبى، فإذا امرأة من السبى ، تبتغى ، إذا وحدت صبيا فى السبى ، أخذته فألصقته ببطنها وأرضعته فقال : لنا رسول اللهصلىالله عليه وسلم : أترون هذه المرأة طار حة ولد هافى لاوالله ! وهى تقدر على أن لاتطرحه ، فقال رسول الله صلىالله عليه وسلم : لله أرحم بعباده من هذه بولدها. رواه مسلم ، باب فى سعة رحمة الله تعلى .. . رقم : 6978
91- Umar Ibnu Khattab r.a Meriwayatkan : Ketika beberapa tawanan perang dibawah kehadapan Rasulullah SAW, Seorang tawanan perempuan sedang mencari-cari (sesuatu ). Sesudah ia mendapati seorang bayi diantara para tawanan dia mengankatnya dan meletakkan bayi itu diatas pangkuannya dan mulai menyusuinya. Oleh karena itu rasulullah SaW bersabda kepada kami dapatkah kamu bayangkan kalau perempuan ini melemparkan putera Nya kedalam api ? mereka menjawab: Tidak, demi Allah ia tidak akan dapat melemparkannya ! Rasulullah SAW bersabda Sesungguhnya Allah lebih pengasih kepada hamba Nya dari pada perempuan ini kepada Puteranya (HR.Muslim )


92- عن أبى هرير ة رضىالله عنه قال : قام رسول الله صلىالله عليه وسلم فى صلوة وقمنا معه، فقال أعرابى وهوفى الصلة : الهما ارحمنى ومحمدا ولا ترحم معنا أجد . فلما سلم النبى صلىالله عليه وسلم قال للأ عرابى : لقد حجرت واسعا يريد رحمة الله، . رواه البجارى ، باب رحمة الناس والبهائم ، رقم : 6010
92- Abu Hurairah r.a. meriwayatkan : bahwa Rasulullah SAW berdiri untuk shalat dan kami telah bangun untuk shalat bersama dengannya. Seorang Badui ( Muslim yang baru ) sambil ia mengerjakan shalat ia berdoa : wahai Allah rahmatilah aku dan Muhammad SAW dan janganlah Engkau merahmati salah satu selain dari pada kami ! setelah itu apabila Nabi SAW telah menyempurnakan shalatnya ( dengan demikian pada akhir shalatnya ) Baginda berkata kepada Badui itu : Kamu telah membatasi ( sesuatu yang sangat ) luas berkenaan dengan rahmat Allah ( jangan kamu cemas tentang rahmat Allah yang begitu luas yang meliputi segala sesuatu dan ( tiada terbatas ). (HR. Bukhari ).


93- عن أبى هرير ة رضىالله عنه عن رسول اللهصلىالله عليه وسلم أنه قال : والذى نفس مدمد بيده ! لا يسمع بى أحد من هذه الأ مة يهودى ولا نصرانى ، ثم يموت ولم يؤمن بالذى أرسلت به ، إلا كان من أصحاب النار . رواه مسلم ، باب وحوب الإيمان ...، رقم : 386
93- Abu Hurairah r.a. meriwayatkan : bahwa Rasulullah SAW bersabda : Demi Dia yang dalam genggaman tangan Nya nyawa Muhammad SAW : Jikalau salah satu dari pada mereka dari antara antara umat ini mendengar tentang aku ; yaitu Yahudi dan Nasrani, kemudian mati tanpa beriman kepada apa yang saya diutus dengannya; ia akan ( pasti ) berada diantara penghuni neraka ! ( HR.Muslim ).
Catatan : Ummah disini menunjuk kepada seluruh umat dan Jann ( Jamak dari pada Jin ) yang hidup sesudah kenabian Muhammad SAW.

94- عن جابر بن عبدالله رضىالله عنهما قال : جائت ملآ ئكة إلى النبى صلىالله عليه وسلم وهوانائم فقال بعضهم إنه نائم، وقال بعضهم: إن العين نائمة والقلب يقظان ، فقالوا : إن الصا حبكم هذا مثلا ، قال : فلضربوا له مثلا ، فاقال بعضهم : إنه نائم ، وقال بعضهم : إن الغين نا ئمة والقلب يقظان ، فقالوا : مثله كمثل رجل بنى دارا وجعل فيها مأدبة وبعث داعيا ، فمن أجاب الداعى دحل الدار وأكل من المأدبة ، ومن لم يجب الداعى لم يد خل الدار ولم يأكل من المأجبة ، فقالو : أولوهاله يفقهها ،فقل بعضهم : إنه نائم ، وقال بعضهم : إن العين نائمة والقلب يقظان ، فقالوا : فالدار : الجنة ، والداعى : محمد صلىالله عليه وسلم فمن أطاع محمداصلىالله عليه وسلم فقد أطاع الله، ومن عص محمدا صلىالله عليه وسلم فقد عص الله ، ومحمد صلىالله عليه وسلم فرق بين الناس . رواه البخارى ، باب الإقتداءبسنن رسول الله !. رقم : 7681
94- Jabir Ibnu Abdullah r.a. meriwayatkan : Beberapa malaikat datang kepada Nabi SAW ketika ia sedang tidur. Setelah itu salahsatu dari pada mereka berkata :Sesungguhnya ia sedang tidur dan malaikat lain berkata : Sesungguhnya matanya tertidur akan tetapi hatinya tetap berjaga. Kemudian mereka berkata : Sesungguhnya sahabatmu Muhammad Saw ini ada sebuah misal ( yang dapat diberikan ). Salah satu daripada mereka berkata : oleh sebab itu berikan permisalannya ! yang lain berkata : Ia sedang tidur. Beberapa diantara mereka berkata lagi : matanya tertutup, akan tetapi hatinya terjaga. kemudian malaikat-malaikat berkata kepada satu sama lain : permisalannya adalah seperti seorang yang membangun sebuah rumah dan mengadakan sebuah jamuan disana kemudian ia mengutus seorang penyeru ( untuk mengundang orang-orang supaya mengambil bagian dalam jamuan tersebut ), oleh sebab itu barang siapa menerima undangan tersebut, masuk dalam rumah itu dan akan menikmati jamuan itu. Dan barang siapa yang tidak memenuhi undangan itu tidak masuk dalam rumah itu dan tiak akan mengambil bagian dalam jamuan itu. Kemudian mereka berkata : jelaskan ( permisalahan ) ini kepadanya supaya ia dapat mengerti. Bebrapa malaikat berkata : ia sedang tertidur, yang lainnya berkata : Sesungguhnya matanya tertidur akan tetapi hatinya terjaga ! kemudian mereka berkata ( menjelaskan ) : Rumah itu adalah surga, dan penyeru itu adalah Muhammad SAW, oleh karena itu barang siapa yang mentaati Muhammad SAW maka ia mentaati Allah ( ia akan masuk sorga dan akan menikmati berbagai karunia ) dan barang siapa yang tidak mentaati Muhamad SAW maka ia tidak mentaati Allah ( akan kehilangan kenikmatan sorga ), dan uhammad SAW telah membagikan manusia ( dalam ketaatan dan ketidak taatan )
( HR.Bukhari ).
Catatan : Tidurnya Nabi-nabi alaihimussalam berbeda dengan tidurnya orang-orang biasa. Seorang manusia ketika tidur menjadi tidak sadar dengan keadaan dan kejadian-kejadian yang berlaku sekitarnya ; hal mana keadaan ini tidak berlaku dengan Nabi-nabi. Tidurnya mereka hanya berkenan dengan mata akan tetapi hati mereka terus menerus berbakti kepada Allah SWT.

95- عن أبى موس رضىالله عنه عن النبى صلىالله عليه وسلم قال : إنما مثلى ومثل ما بعشنى الله به كمشل رجل أتى قوما فقل : ياقوم ، إنى رأيت الجيش بعينى ، وإنى أنا النذير العريان ، فاطاعه طائفة من قومه فأدلجو افانطلق ا على مهلهم فنجوا ، وكذبت طائفة منهم فأصبحوا مكا نهم ، فصبهم الجيش فأهلكهم واجتاحهم ، فذلك مثل من أطاعنى فاتبع ماجئت به ، ومثل من عصانى وكذب بماجئت بهمنالحق . رواه البجارى ، باب الإقتداء بسنن رسول الله صلىالله عليه وسلم رقم : 7683
95- Abu Musa r.a meriwayatkan : Bahwa nabi SAW bersabda permisalanku dan permisalan tentang apa yang Allah SWT telah mengutusku dengannya yakni seperti seorang yang mendatangi manusia dan berseru : Wahai manusia ! Sesungguhnya saya telah melihat pasukan ( musuh ) dengan mata kepalaku sendiri dan sesungguhnya saya adalah pemberi peringatan yang benar maka carilah perlindungan ! maka sebagian daripada kaumnya mentaatinya ; dan bergegas berangkat pada malam hari tanpa membuang masa dan menyelamatkan dan melarikan diri mencari perlindungan. Dan sebagian daripada kaumnyatidak percaya ( dengan peringatan itu ) dan tetap tinggal ditempat mereka sehingga tiba fajar. Karena itu ketika pasukan menyerang pada saat fajar membinasakan dan menghapuskan mereka. Demikianlah permisalan seorang yang mentaati aku dan mengikuti apa yang aku bawa ( ia memperoleh keselamatan ), dan permisalan orang yang tidak mentaati aku dan tidak beriman dengan kebenaran yang mana saya diutus dengannya ia akan binasa. (HR.Bukhari ).
Catatan : Menurut kebiasaan orang-orang Arab apabila menyerang dilakukan pada waktu fajar. Orang yang hendak menghindar daripada bahaya ini, berangkat pada malam hari.

96- عن عبدالله بن ثابت رضىالله عنه قال : جاء عمربن الخطاب إلى النبى صلىالله عليه وسلم فقال : يا رسول الله ! إنى مررت باخ لى من قريظة فكتب لى جوامع من التوراة، ألا أعرضها عليك ؟ قال : فتغير وجه رسوالله صلىالله عليه وسلم قال عبدالله يعنى ابن ثابت ، فقلت له : ألا ترى ما بوجه رسول اللهصلىالله عليه وسلم ؟ فقال عمر رصىالله عنه : رضينابالله تعلى ربا وبالإسلام دينا وبمحمد صلىالله عليه وسلم رسولا " ، قال : فسرى عن النبىصلىالله عليه وسلم وقال : والذى نفس محمد بيده ، لو أصبح فيكم موس ثم اتبعتموه وتركتمو نى لضللتم ، إناكم حظى مناالآمم وأنا حظكم منالنبيين. رواه أدمد 265
96. Abdullah ibnu Sabit r.a. meriwayatkan : Umar Ibnu Khattab datang kepada Nabi SAW dan berkata : Wahai Rasulullah ! Sesunguhnya saya melewati seorang saudara saya dari ( kaum ) quraisah kemudian menuliskan untuk saya beberapa ayat dari Taurat ( yang berguna bagiku ). Bolehkah saya perlihatkan ayat-ayat itu kepada engkau ? ( Abdullah ) berkata : Oleh karena perkataanku itu wajah Rasulullah SAW berubah merah padam. Abdullah bin Sabit kemudian berkata demikianlah saya berkata kepadanya ( Umar ) : Tidakkah engkau melihat sikap marahnya Rasulullah Saw pada wajahnya ? oleh karena itu Umar r.a. ( menyadari akan kesalahannya dengan segera ) maka ia berkata :

رضينا بالله تعلى ربا وبالإسلام دينا وبمحدصلىالله عليه وسلم رسولا\

Artinya : Kami ridho kepada Allah SWT sebagai Rab kami dan dengan Islam sebagai agama kami dan dengan Muhammad SAW sebagai Rasul kami. Abdullah berkata : karena itu kemarahan Rasulullah SAW menjadi surut dan Baginda berkata : Demi Dia yang nyawa Muhammad SAW berada dalam genggaman tangan Nya, jikalau Musa a.s. berada diantara kamu dan kemudian engkau mengikutinya dan meninggalkan aku maka sesungguhnya engkau berada dalam kesesatan. Sesungguhnya engkau adalah bagianku dari antara bangsa-bangsa ; dan aku adalah bagian dari engkau dari antara Nabi-nabi ( kejayaanmu terletak dalam mengikuti aku). (Musnad Ahmad ).

97- عن أبى هرير ة رضىالله عنه أن رسول الله صلىالله عليه وسلم قال : كل أمتى تدخلون الجنة إلامن أبى ، قالوا : يا رسول لله ! ومن يابى ؟ قال : من أطعنى دخل الجنة ، ومن عصانى فقد أبى. رواه البخارىز باب الإقتداء بسنن . رقم : 768
97. Abu Hurairah r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : Semua umat ( kaum-kaum )ku akan masuk ke dalam surga kecuali mereka yang menolak . ( sahabat ) berkata :Wahai Rasulullah SAW siapakah yang menolak ? Baginda menjawab : Siapa yang mentaati aku memasuki sorga dan siapa yang tidak mentaati aku dialahyang menolak ! ( HR.Bukhari )

98- عن عبد الله بن عمرورضىالله عنهما قال : قال رسواللهصلىالله عليه وسلم لايؤمن أحدكم حةى يكون هواه تبعا لما جئت به . رواه البغوى فى شرح السنة 1/ 213 ، قال النووى : حديث صحيح ، رويناه فى نتاب الحجة ياسناد صحيح ، جامع العلوم والحكم ص 324
98. Abdullah Ibnu Umar r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : Tiadalah seorang dianatara kamu yang akan memperoleh kamu iman yang sempurna, sehingga hawa nafsunya ditundukkan kepada apa yang aku bawa. ( Sharkhus Sunnah lil baghoi ).

99- عن أنس بن مالك رضىالله عنه قال: قال لى رسول الله صلىالله عليه وسلم : يابنى إن قدرت أن تصبح وتمس ليس فى قلبك غش لآ حد فعل، ثم قال لى يابنى وذلك من سنتى ، ومن أحيا سنتى فقد أحبنى كان معىفى الجنة . رواه الترمذى وقال : هذا حديث حسن غريب ، باب ما جاء فى الآخذبلسنة ..رقم : 2678
99. Anas Ibnu Malik r.a.meriwayatkan : bahwa Rasulullah SAW berkata kepadaku : Wahai anakku ! Jikalau engkau dapat diwaktu pagi dan petang hari menjadikan keadaan hatimu sedemikian, yang dalam hatimu tidak ada dengki kepada seseorang, maka lakukanlah demikian. Kemudian Baginda berkata kepadaku : wahai anakku ! dan inilah sunnah ( jalan ) ku, dan barangsiapa yang menghidupkan sunnah ku sesungguhnya ia mencintaiku ; dan barangsiapa yang mencintai ku akan bersama-sama denganku dalam sorga. ( Tirmidzi ).

100- عن أنس بن مالك رضىالله عنه يقول : جاء ثلاثة رهط إلى بيوت أزواج النبى صلىالله عليه وسلم يسألون عن عبادة النبى صلىالله عليه وسلم فلما أخبروا كأنهم تقالوهافقالوا : وأين نحن من النبى صلىالله عليه وسلم ؟ قد غفر اللهله ما تقدم من ذنبه وما تأخر : فال أحدهم : أماأنافأناأصلى الليل أبدا، وقال أخر : أنا أصوم الدهو ولا أفطر ، وقال اخر : أنا أعتزل النساء فلا أنزوج أبدا، فجاء إليهم رسول الله صلىالله عليه وسلم فقال : أنتم الذ ين قلتم كذا وكذا ؟ أما والله إنى لآخشاكم لله وأتقا كم له ، لكنى أصوم وأفطر ، وأصلى وأرقد، وأتزوج النساء ، فمن رغب عن سنتى فليس منى. رواه البخارى ، باب الترغيب فى النكاح ، رقيم : 5063
100. Anas Ibnu Malik meriwayatkan : ada sekelompok orang yang terdiri dri tiga orang datang ke rumah istri-istri Rasulullah SAW bertanyakan tentang ibadah Nabi SAW. Ketika mereka diberitahu ; kelihatannya sangat kurang ( menurut pandangan mereka ). Oleh sebab itu mereka berkata : Bagaimana kami dapat dibandingkan dengan Rasulullah SAW ? Allah sudah pasti mengampuni kelalain-kelalaiannya yang terdahulu dan segala kekurangannya yang akan datang kemudian. Salah seorang dari pada mereka berkata : bagi saya ; saya akan beribadah sepanjang malam, dan seorang yang lain lagi berkata : saya akan berpuasa selama masa ( hidupku ) dan tidak akan berbuka. Dan seorang lagi berkata : Saya akan meninggalkan wanita-wanita, tidak pernah akan kahwin. ( Ketika mereka sedang berbicara ) Rasulullah SAW datang kepada mereka dan berkata kamukah orang yang berkata begini dan begini ? dengarlah baik-baik. Demi Allah ! sesungguhnya saya adalah yang paling bertakwa kepada Allah dari antara kamu, dan yang paling teliti dari antara kamu dalam ketaatan kepada Nya akan tetapi saya berpuasa dan berbuka puasa dan saya mengerjakan shalat dan saya tidur ( dimalam hari ) dan saya berkahwin dengan wanita-wanita, oleh sebab itu barang siapa yang tidak mengikuti sunnah ku, dia bukan dari padaku (HR.Bukhari ).



101- عن أبى هريرة رضىالله عنه عنى النبىصلىالله عليه وسلم قال : من تمسك بسنتى عند فسد أمتى فله أجر شهيد . رواه الطبرانى ياسناد لابأس به ، الترغيب 1/80
101. Abu Hurairah r.a. meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda : Barang siapa yang berpegang teguh kepada sunnah ku selama ( masa ) kerusakan umatku, baginya pahala satu mati sahid ( HR. Tabrani ).
102-عن مالك بن أنس رحمه الله أنه بلغه أن رسول الله صلىالله عليه وسلم قال تركت فيكم أمرين لن تضلوا ما تمسكنتم بهما كتاب الله وسنة نبيه .رواه الإمام مالك فى الموطأ ، النهى عن القول فى القدرص 752
102. Malik Ibnu Anas rahimahullahualaihi meriwayatkan : Riwayat berikut telah sampai kepadanya yang mana Rasulullah SAW bersabda : aku telah tinggalkan kepadamu dua perkara ; dan kamu tidak pernah akan sesat selagi kamu berpegang teguh kepadanya : kitab Allah dan sunnah nabinya. ( Muatta Imam malik ).

103-عن العرباض بن سارية رضىالله قال : وعظنا رسول اللهصلىالله عليه وسلم يوما بعد صلوة الغداة موعظة بليغة ذرفت منها العيون ووجلت منها القلوب ، فقال رجل : إن هذه موعظة مودع فبماذا تعهد إلينا يارسول الله ؟ قال : أوصيكم بتقوىالله ، والسمع والطاعة وإن عبد حبشى ، فإنه من يعش منكم يرا اخنلافا كشيرا ، وإياكم ومحدثات الآمور فإنها ضلالة فمن أدرك ذلك منكم فعليه بسنتى وسنة الخلفاء الراشدين المهديين ، عضوا عليها بالنواجذ. رواه الترمذى، وقال : هذاحديث حسن صحيح ، باب ما جاء فى الآجذبالسنة ، الجامع الترمذ 2/52 طبع فاروقى كتب جانه ، ملتن
103. Irbad Ibnu Sariyah meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW pada suatu hari sesudah shalat subuh menasehati kami dengan sebuah nasehat yang sangat menyayat hati, sehingga menyebabkan air mata kami mengalir dan hati-hati kami bergetar. Oleh sebab itu seorang berkata : Sesungguhnya nasehat ini merupakan ucapan selamat tinggal ! Karena itu kepada apa engkau mengajak kami wahai Rasulullah ? Rasulullah SAW menjawab : Aku menasehatkankan kamu dengan takwa kepada Allah ( takut dan taat ) dan mendengar serta taat ( kepada mereka yang berkuasa ), walaupun jika ia adalah seorang hamba abesinia ! karena sesungguhnya barang siapa yang hidup diantara kamu akan memperhatikan banyak perbedaan. Dan saya memperingatkan kamu tentang pembaharuan–pembaharuan ; sebab sesungguhnya pembaharuan-pembaharuan itu adalah sesat. Sebab itu barang siapa diantara kamu yang sampai ( pada masa dan kejadian-kejadian ) itu, maka hendaklah kamu berpegang teguh kepada sunnahku dan sunnah khulafa urasyidin ( HR.Tirmidzi )

104 – عن عبد الله بن عباس رضىالله عنهما أن رسول الله صلىالله عليه وسلم رأى خاتما من ذهب فى يد رجل ، فنزعه وقال : يعمد أحدكم إلى جمرة من نار فيجعلها فى يده فقيل للرجل بعد ما ذهب رسول الله صلىالله عليه وسلم خ خاتمك النفع به ، قال : لا ، والله ! لا اخذه أبد، وقد طرحه رسول الله صلىالله عليه وسلم رواه مسلم ، باب تحريم خاتم الذهب .. . قم :5472
104. Abdullah Ibnu Abbas r.a meriwayatkan : Rasulullah SAW melihat sebentuk cicin emas pada tangan seorang laki-laki ; maka ia membukanya ( dari jari tangannya dan membuangnya dan bekata : ( betapa mengherankan yang ) seorang diantara kamu ingin meletakkan bara api diatas tangannya. ( bermakna barang siapa yang memakai ditangannbya sesuatu yang terbuat daripada emas maka tangan itu berrada dalam neraka). Sesudah dikatakan kepada orang itu, sesudah Rasulullah SAW pergi : ambillah cincinmu dan gunakan dia ( dengan menjualnya ). ia menjawab : tidak ! Demi Allah, Saya tidak akan apernha mengambil sesuatu yang telah dibuang oleh Rasulullah SAW ! ( HR.Muslim ).

105قالت زينب : دخلت على أم حبيبة زوج النبى صلىالله عليه وسلم حين توفى أبوها أبو سفيان بن حرب فدعت أم حبيبة بطيب فيه صفرة خلوق أو غيره فدهتة منه جارية ثم مست بعار ضيها ثم قالت : والله مالى بلطيب من حاجة غير النى سمعت رسول الله صلىالله عليه وسلم يقول : لا يحل لامرأة تؤمن بالله واليوم الأخر أن تحد على ميت فوق ثلاث ليال إلا على زوج أربعة أشهر وعشرا . رواه البجارى، باب تحدالمتوفى عنها أربعة أشهر وعسرا ، رقم : 5324
105. Zainab r.anha. meriwayatkan : Saya memanggil Ummu Habibah r.anha isri Nabi SAW ketika ayahnya Abu Supyan Ibnu Harb r.a meninggal dunia. Ummu Habibah r.anha meminta sedikit minyak wangi yang terdiri dari campuran bahan kuningan; ( barangkali ) kholuq atau bahan yang lainnya. Kemudian ia memberi pembantunya memakai sediki minyak, dan menghapuskan minyak itu pada kedua pipinya dan berkata : Demi Allah ! saya tidak perlu kepada wangi-wangian, akan tetapi saya telah mendengar Rasulullah SAW bersabda : Tidak diperbolehkan bagi seorang wanita yang beriman kepada Allah dan hari akhirat untuk berkabung keatas seorang yang meninggal lebih dari tiga hari kecuali keatas seorang suami, yang masanya empat bulan sepuluh hari. (HR.Bukhari ).
Catatan : Kholuq adalah sejenis campuran minyak wangi yang sapron lebih dominan.

106- عن أنس بن ملك رضىالله عنه أن رجلا سال النبىصلىالله عليه وسلم متى الساعة يارسول الله ؟ قال : ماأعدت لها؟ قال : ماأعددت لهامن كثير صلوة ولا صوم ولا صدقة ، ولكنى أحب الله ورسوله ، قال : أنت مع من أحببت . رواه البخارى ، باب علا مة الحب فىالله .رقم : 6171 عنى النبى
106- Anas Ibnu Malik r.a. meriwayatkan : Seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah SAW : Bilamana kan terjadi ( hari kebangkitan ) wahai Rasulullah ? Baginda menjawab : Apa yang telah engkau persiapkan untuk itu ? Ia menjawab : Saya tidak ada persiapan untuk itu dengan banyak shalat sunnat, atau puasa sunat, ataupun sedekah akan tetapi saya menyintai Allah dan Rasul Nya, ( Nabi ) bersabda : Kamu akan berada bersama dengan yang kamu cintai ! ( HR.Bukhari )


107- عن عائشة رضىالله عنهما قالت : جاء رجل إلى النبى صلىالله عليه وسلم فقال : يارسول الله ! إنك لآ حب إلى من نفسى ، وإنك لآ حب إلى من أهلى وملى ، وإنك لآحب إلى من ولدى ، وإنى لآكون فى البيت فأذكرك فما أصبر حتى اتى فأنظر إليك ، وإذا ذكرت موتى وموتك ، عرفت أنك إذا ذخلت الجنة رفعت مع النبيين ، وإنى إذا دخلت الجنة خشيت أن لا أراك ، فلم يرود عليه النبى صلىالله عليه وسلم شيئا حتى نزل جبريل عليه السلام بهذه اللآية : ( ومن يطع الله والرسول فأولئك مع الذين أنعم الله عليهم من النبيين والصديقين والشهداء والصلحين ). رواه الطبرانى فى الصغير والآوسطورجاله رجال الصحيح غير عبدالله بن عمر ان الغامدى وهوثقة مجمع الزوائد 7/62
107- Aisah r.anha meriwayatkan : Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah SAW dan berkata : Wahai Rasulullah ! engkau lebih aku cintai dari pada diriku sendiri, dan lebih aku cintai daripada istriku dan hartaku, dan lebih aku cintai daripada anak-anakku. Ketika saya berada di rumahku saya selalu berfikir tentang engkau ; saya menjadi tidak sabar sehingga saya datang dan melihat engkau. Dan saya mengetauhi bahwa engkau dan saya akan mati ; setelah ini engkau akan ditinggikan bersama dengan nabi-nabi dalam sorga, dan jika saya masuk sorga, saya takut bahwa saya tidak dapat melihat engkau ( karena saya berada pada derajat yang lebih rendah dari pada engkau ) ! Nabi tidak menjawab kepadanya sehingga ( ayat berikut ) diwahyukan kepadanya :



ومن يطع الله والرسول فأولئك مع الذين أنعم الله عليهم من النبيين والصديقين والشهداء والصلحين
Artinya : Barangsiapa mentaati Allah dan Rasulnya, mereka akan ( berada )diantara mereka yang Allah telah berikan nikmat ( pahala ) yang khusus ; mereka akan berada bersama dengan Nabi-nabi, siddiqin, suhada dan solihin.
( Tabrani dan Majma Uz Zawaid ).
Catatan : Siddiq bermakna seseorang yang derajat kekuatan iman dan yakinnya sangat tinggi. Oleh karena itu banyak pentafsir menterjemahkan siddiq sebagai orang – orang soleh.


108- عن أبى هريرة رضىالله عنه أن رسول الله صلىالله عليه وسلم قال : أن رسول الله صلىالله عليه وسلم قال : من أشد أمتى إلى حبا ، ناس يكونون بعدى ، يودأحدهم لو رانى بأهله وماله . رواه مسلم ، باب فيمن يودرؤبة النبىصلىالله عليه وسلم رقم : 7145
108 -Abu Hurairah r.a meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda diantara mereka yan sangat mencintaiku dari umatku adalah orang-orang ( yang datang ) setelah aku mereka tidak menyesal karena tidak melihat aku bahkan mengorbankan keluarga dan harta mereka ! ( HR.Muslim )


109- عن أبى هريرة رضىالله عنه أن رسول الله صلىالله عليه وسلم قال : فضلت على الآنبياء بست أعطبت جوا مع الكلم ، ونصرت بالرعب وأحلت لى المغانهم ، وخعلت لى الآرض طهورا ومسجدا، وأرسلت إلى الخلق كافة ، وختم بى النبيون . رواه مسلم ، باب المساجد ومواصلوة ، رقم :1167
109. Abu Hurairah r.a. meriwayatkan : bahwa Rasulullah SAW bersabda : aku telah di lebihkan keatas Nabi-nabi dengan enam perkara. Aku telah diberikan Jawami alkalim ( ungkapan – ungkapan yang sempurna ) dan aku telah di bantu ( oleh Allah ) dengan ketakutan ( ditempatkan Allah dalam hati-hati musuh ) dan ghanimah ( harta rampasan musuh ) di jadikan halal bagiku ( bagi orang – orang terdahulu, harta rampasan musuh mesti dibakar dengan api yang turun dari langit ) ; dan seluruh permukaan bumi dijadikan mesjid) di sucikan untuk mengerjakan shalat ; sedangkan umat-umat sebelumnya ibadah hanya dapat dilakukan pada tempat-tempat yang khusus dan seluruh permukaan bumi di sucikan bagiku ( dengan maksud tayyamum dimana kesucian dapat diperolehi ), dan saya dihantar untuk seluruh makhluk , ( sedangkan nabi-nabi terdahulu dihantar khususnya untuk kaum dan bangsa mereka sendiri ), dan pintu kenabian telah ditutup dengan kedatanganku. ( tidak ada nabi dan rasul baru yang akan datang setelah Rasulullah SAW ). ( HRR.Muslim ).
Catatan : Jawami alkalim bermakna ungkapan – ungkapan pendek yang memuat pengertian yang luas dan lengkap.


110- عن عرباض بن سارية رضىالله عنه صاحب رسول الله صلىالله عليه وسلم قال : سمعت رسول الله صلىالله عليه وسلم يقول : إنى عبدالله وخاتم النبيين. ( الحديث ) رواه الحاكم وقال : هذا حديث صحيح الإسناد ولم يخرحاه ووافقهالذهبى 2/418
110- Irbad Ibnu Sariyah r.a. sahabat rasulullah SAW meriwayatkan saya mendengar Rasulullah SAW bersabda : Sesunggguhnya aku adalah Abd ( hamba Allah ) dan penutup para nabi. ( Mutadrak Hakim )



111- عن أبى هريرة رضىالله عنه أن رسول الله صلىالله عليه وسلم قال: إن مثلى ومثل الآنبياء من قبلى كمثل رجل بنى بيتا فأحسنه وأجمله إلا موضع لبنة من زاوية فجعل الناس يطوفون به ويعجبون له ويقولون : هلا وضعت هذه البنة ؟ قال : فأنااللبنة ، فأنا اللبنة ، وأنا خاتم النبيين. رواه البخارى ، باب ختم النبيين ، رقم : 2535
111- Abu Hurairah r.a meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : Sesungguhnya perumpamaanku dan perumpamaan nabi-nabi sebelum aku adalah seperti seoorang yang membangun sebuah rumah dan menyempurnakannya dfan mempercantiknya akan tetapi tertinggal sebuah batu pada suatu tempat dalam pojok rumah itu. Orang-orang mengelilingi rumah itu dan mereka terkagum dengan kecantikannya akan tetapi mereka heran : mengapa tidak ada sebuah bata lagi yang diletakkan pada pojok ini ? ( Nabi ) berkata : akulah batu bata itu ; dan aku adalah penutup para Nabi. ( HR.Bukhari )


112- عن ابن عباس رضىالله عنهما قال : كنت خلف النبىصلىالله عليه وسلم يوما، فقل : ياغلام ! إنى أعلمك كلمات ، احفظ الله يحفظلك ، احفاظ الله تجده تجاهك، إذاسألت فاسأل الله ، وإذا استعنت فاستعن بالله، واعلم أن الأمة لواجتمعت على أن ينفعوك بشىء لم يضروك إلا بشىء لم بضروك إلا بسىء قد كتبه الله عليك، رفعت الآقلام وجفتالصحف. رواه الترمذ وقال : هذا حديث حسن صحيح ، باب حديث حنظة. .رقم : 2516
112- Ibnu Abas r.a. meriwayatkan : saya sedang berbonceng dibelakang Nabi SAW pada suatu hari ; Karena itu Baginda berkata kepadaku : Wahai orang muda ! Sesungguhnya aku mau mengajarkan kepadamu ( beberapa ) perkataan : jagalah ( hukum-hukum ) Allah, maka ia akan menjaga engkau ! Jagalah ( hukum –hukum ) Allah, engkau akan mendapati Dia dibalik engkau. Jikalau engkau meminta, mintalah kepada Allah, dan jika;lau engkau mencari pertolongan, maka carilah pertolongan dari Allah, dan ketauhilah bahwa jikalau ( semua ) bangsa berkumpul untuk memberi manfaat kepada engkau dengan sesuatu mereka tidak akan dapat memberi manfaat kepadamu kecuali apa yang telah dituliskan Allah bagimu ! dan jikalau mereka berkumpul untuk memberi mudarat kepadamu dengan sesuatu, mereka tidak akan dapat memudaratkan engkau kecuali apa yang telah Allah tuliskan bagimu. Pena ( Takdir ) telah diangkat, dan ( Tinta ) gulungan telah kering ! ( HR.Tirmidzi )
Catatan : Segala sesuatu yang berlaku telah tercatat dan tidak pernah berubah.


113- عن أبى الدرداء رضىالله عنه عن النبى صلىالله عليه وسلم قال: لكل شىء حقيقة، وما بلغ عبدى حقيقة الإيمان حتى يعلم أنما أصابه لم يكن ليخطئه وماأخطاه لم يكن ليصيبه. رواه أحمد والطبرانى ورجاله ثقات ،ورواه الطبرانى فى الآوسط ، مجمع الزوائد 7/454
114- Abu Darda r.a. meriwayatkan : bahwa nabi SAW bersabda : Bagi segala sesuatu ada hakekatnya ; dan tidak ada abd ( hamba Allah ) yang dapat mencapai hakekat iman sehingga ia menyatakan bahwa apa yang menimpanya tidak dapat meleset dari padanya ; dan apa yang lepas dari padanya tidak dapat menimpanya. ( Munad Ahmad, Tabrani dabn Majma Uz Zawaid ).
Catatan : Apa yang menimpa sesorang, mesti diyakini bahwa malapetaka itu telah ditakdirkan baginya oleh Allah. Barang kali ada kebaikan yang tersembunyi dibalik itu. Berimn kepada takdirmemelihara iman seseorang dan melindungi saeseorang dari bisikan-bisikan setan.

114 – عن عبد الله بن عمروبن العاص رضىالله عنهما قال : سمعت ن رسول الله صلىالله عليه وسلم يقول : كتب الله مقادير الخلائق قبل أن يخلق السموات والأرض بخمسين ألفسنة، قال : وعرشه على الماء. رواه مسلم ، باب حجا ج ادم وسى ...، رقم : 6748
114. Abdullah Ibnu Amar Ibnu Al As r.a meriwayatkan : saya mendengar Rasulullah SAW bersabda : Allah sudah menuliskan takdir ( seluruh ) makhluk 50.000 tahun sebelum ia menciptakan langit dan bumi. (Baginda ) juga berkata : dan Arsy Nya berada diatas air. ( HR.Muslim ).

115- عن أبى الدرداء رضىالله عنه قال : قال رسول الله صلىالله عليه وسلم إن الله عزوحل فر غ إلى كل عبد من خلقه من خمس : من أجله وعمله ومضجعه وأثره ورزقه. رواه أحمد 5/197
115. Abu Darda r.a meriwayatkan : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda : Allah SWT telah menetapkan bagi setiap hamba Nya lima perkara ; Masa ( mati ) nya, amalan – amalannya ( baik atau buruk ), tempa penguburannya, umurnya dan rezekinya. ( Musnad Ahmad )

116- عن عمرو بن شعيب عن أبيه عن جده رضىالله عنهما عن النبى صلىالله عليه وسلم قال : لايؤ من المزء حتى يؤمن بالقدر خيره وشره . رواه أحمد 2/181
116. Abdullah Ibnu Amir r.a. meriwwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda : Tiadalah seseorang menjadi seorang yang beriman tulen sehingga ia beriman kepada qadar ( takdir ) keatas yang baik dan buruk yang berasal dari Allah. ( Musnad Ahmad )


117- عن علىرضىالله عنه قال : قال رسول الله صلىالله عليه وسلم لايؤمن عبد حتى يؤ من بأربع : ن لآ إله إلا الله وأنى رسول الله بعثنى بالحق ، ويؤ من بالموت، ويؤمن بالعث بعدالموت ، ويؤ من بالقدر . رواه الترمذ ، باب ما جاء أن الإيمان بالقدر . رقم : 2145
117. Ali r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bewrsabda : Tiadalah seorang Abd ( hamba Allah ) menjadi sebenar-benar beriman sehingga ia beriman kepada empat perkara : 1. Ia bersaksi bahawa Tiada yang patut di sembah kecuali Allah dan bahwa ssaya adalah utusan Allah ; dan Dia telah mengutus saya dengan Kebenaran. 2. Beriman kepada maut. 3. Berimankepada kebangkitan setelah mati. 4. Beriman kepada qadar ( Takdir ). ( HR.Tirmidzi )

118- عن أبى حفصة رحمه الله قال : قال عبادة بن الصامت لابنه : يابنى ! إنك لن تجد طعم حقيقة الإيمان حتى تعلم أن ماأصابك لم يكن ليخطئك وما أخطاك لم يكن ليخطئك ، سمعت رسول الله صلىالله عليه وسلم يقول : إن أول ماخلق الله تعالى القلم فقال له : اكتب ، فقال : رب وماذا أكتب ؟ قال : اكتب مقادير كل شىء حتى تقوم الساعة ، يابنى ! إنى سمعن رسول الله صلىالله عليه وسلم يقول : من مات على غير هذا فليس منى . رواه أبو داود، باب فى القدر، رقم : 4700
118. Abu Hafzah rahimahullahualaihi meriwayatkan : Ubadah Ibnu Samit r.a menasehatkan putranya : Wahai putraku sesungguhnya engkau tidak pernah akan merasakan hakekat iman ( yakin ) sehingga engkau mengetauhi ( dengan pasti ) bahwa apa yang menimpa engkau tidak melesat daripadanya dan apa yang tidak mengenai engkau tidak akan dapat menimpa engkau. Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda : Sesungguhnya ( perkara ) pertama yang Allah SWT cipakan adalah kalam ; kemudian Dia berfirman kepadanya tulislah ! maka kalam itu bertanya : Wahai Rab ku apa yang mesti saya tulis ? dijawab Nya : Tulislah tentang takdir segala sesuatu sehingga hari kiamat. Wahai putraku. Sesungguhnya aku mendengar Rasulullah SAW : Barangsiapa yang mati dengan keyakinan yang lain dari pada ini, maka ia bukanlah dari golonganku. ( HR.Abu Daud ).


119- عن أنس بن مالك رضىالله عنه عن النبى صلىالله عليه وسلم قال: وكل الله بالرحم ملكا فيقول : أى رب نطفة ، أى رب علقة ، أى رب مضغة ، فإذا أراد الله أن يقض خلقها ، قال : أى رب ذكرأم أنثى ؟ أشقى أم سعيد ؟ فما الرزق ؟ فما الأجل ؟ فيكتب كذ لك فى بطن أمه. رواه البخارى، كتب القدر ، رقم : 6595
119. Anas Ibnu Malik r.a. meriwayatkan : Bahwa Nabi SAW bersabda : Allah Ta’ala memerintahkan seorang Malaikat untuk berada dalam rahim ( ibu ). Kemudian ( Malaikat itu berseru ) : Wahai Rab ku ! setetes sperma ( telah masuk ). Wahai Rab ku ! ( Sekarang ) ada sesuatu yang melengket. Wahai Rab ku ( sekarang ) telah menjadi segumpal daging. Kemudian apabila Allah berkehendak untuk menyempurnakan penciptaannya, maka (Malaikat) bertanya : wahai Rab ku apa yang mesti saya tulis tentangnya, laki-laki atau wanita ? apakah bernasib baik atau bernasib buruk ? bagaimanakah rezekinya ? bagaimana dengan ajalnya ? ( malaikat ) kemudian menulis segala seluk beluk dengan sebenarnya dalam rahim ibunya. (HR.Bukhari ).


120- عن أنس رضىالله عنه قال: قال رسول الله صلىالله عليه وسلم أن عظم الجزاء مع عظم البلاء ، وإن الله إذا أحب قوم ابتلاهم، فمن رضىفله الرضا ومن سخط فله السخط . رواه الترمذى وقال : هذا حديث غريب، باب ماجاء فى الصبر على البلاء ، رقم : 2396
120. Anas r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda sesungguhnya besarnya pahala adalah bergantung dengan besarnya penderitaan. Dan sesungguhnya apabila Allah mengasihi suatu kaum Dia akan menguji mereka (dengan penderitaan ). Oleh sebab itu barang siapa yang ridho ( dengan ketentuan Allah ) baginya adalah keridhoan ( Allah )!.dan barangsiapa yang tidak ridho, baginya adalah kemurkaan (Allah). (HR.Tirmidzi ).

121 - عن عانشة رضىالله عنها زوج النبى صلىالله عليه وسلم قالت : سألت رسول الله صلىالله عليه وسلم عنالطاعون فأخبرنى أنه عذاب يبعثه الله على من يشاء ، وأن الله جعله رجعله رحمة للمؤ منين ، ليس من أحد يقع الطاعون فيمكث فى بلده صابرا محتسبا يعلم أنه لايصيبه إلا ما كتب الله له إلا كان له مثل أجر شهيد. رواه البجارى ، كتب أحاديث الآنبياء ، رقم : 3474
121. Aisah r.anha istri Rasulullah SAW meriwayatkan : Saya bertanya kepada Rasulullah SAW tentang wabah. Kemudian ia memberitahu aku bahwa itu adalah hukuman ( yang ) Allah kirimkan kepada mereka yang Dia kehendaki; dan sesungguhnya, Allah SWT telah menjadikannya rahmat bagi orang-orang beriman. Barangsiapa yang tetap tinggal ditempatnya dengan sabar, sebagaimana wabah itu terjadi dengan mengharapkan pahala dari Allah, mengetauhi bahwa tiada sesuatu yang menimpanya kecuali apa yang Allah telah tetapkan baginya, maka baginya seperti pahala mati syahid! ( apakah ia mati karena bala atau tidak ). ( HR.Bukhari ).
Catatan : hadist lain menjelaskan perintah syariat bahwa jikalau bala mucul disuatu daerah, dan barangsiapa yang berada disana tidak boleh meninggalkan tempat itu, dan barang siapa yang berada diluar tempat itu tidak boleh masuk. Oleh karenanya hadist ini menjamin ketenangan bagi yang mengharapkan ganjaran orang yang menunggu dengan sabar pada tempat wabah itu terjadi. Wabah ini adalah penyakit yang dapat menular dalam mana sumber penyakit itu umumnya meluas pada bagian pinggang kemudian ketiak atau leher. Biasanya pasien meninggal dunia pada hari kedua atau hari yang ketiga.

122- عن أنس رضىالله عنه قال : خدمت رسول الله صلىالله عليه وسلم وأنا ابن ثمان سنين خدمته عشر سنين فما لا منى على شىء قط أتى فيه على يدى فإن لامنى لائم من أهله قال : دعوه فإنه لو قضى شى كان. مصابيح السنة للبغوي وعده من الحسان 4/57
122. Anas r.a. meriwayatkan : Saya berkhidmad kepada Rasulullah SAW selama 10 tahun ; mulai dari umur 8 tahun, dan ia tidak pernah menyalahkan aku bagi suatu ( kesalahan ) yang saya lakukan dengan tanganku. Dan jikalau seseorang daripada keluarganya menyalahkan aku baginda akan berkata : Biarkan dia, karena sesungguhnya jikalau sesuatu telah ditakdirkan pasti akan terjadi ! (Masabih Hus-Sunnah ).

123- عن عبدالله بن عمررضىالله عنهما قال : قال رسول اللهصلىالله عليه وسلم : كل شىء بقدر، حتى العجز والكيس. رواه مسلم ، باب كل شىءبقدر، رقم : 6751
123. Abdullah Ibnu Umar r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : bahwa setiap sesuatu telah ditulis dengan qadar ( takdir ), walaupun itu adalah kelemahan dan kecerdasan ! ( HR.Muslim ).

124- عن أبى هريرة رضىالله عنه قال : قال رسول الله صلىالله عليه وسلم قال المؤمن القوى خير واحب إلى الله من المؤمن الضعيف ، وفى كل خير ، احرص على ماينفعك واستعن بالله ، ولا تعجز، وإن أصابك شىء فلا تقل : لو أنى فعلت كان كذا وكذ ، ولكن قل قدر الله ، وما شاء فعلى، فإن لوتفتح عمل الشيطان. رواه مسلم ، باب الإيمان بالقدر .رقم : 6774
124. Abu Hurairah r.a. meriwayatkan : bahwa Rasululah SAW bersabda : seorang mukmin ( beriman ) yang kuat adalah lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah daripada seorang mukmin yang lemah akan tetapi pada keduanya terdapat khoir ( kebaikan ). Hendaklah kamu bercita-cita untuk apa yang memberi manfaat kepada kamu dan mintalah petolongan dari Allah ; dan jangan kamu tinggalkan kebiasaan ini. Dan jikalau sesuatu ( kerugian ) menimpa kamu jangan kamu mengatakan jikalau saya tidak berbuat ( begini atau begitu ), maka hal demikian tidak akan terjadi. Akan tetapi katakanlah, ( ini dikarenakan ) ketentuan Allah, maka apa Dia berkehendak pasti akan terjadi. Karena sesungguhnya perkataan jikalau membuka ( jalan ) peluang bagi kerja setan. ( HR.Muslim).
catatan : Kata-kata pengandaian sedemikian menunjukkan keyakinan tidak betul terhadap qadar yang menunjukkan bahwa rencana dan perbuatan seseorang bukan seluruhnya dikuasai oleh takdir Allah dan dengan demikian membuka jalan bagi setan untuk menaruh keyakinan yang salah dan tidak pasti pada rukun iman yang asas ini yakni qadar.


125- عن ابن مسعود رضىالله عنه قال : قال رسول اللهصلىالله عليه وسلم ألاوإن الروح الآمين نفث فى روعى أنه ليس من نفس تموت حتى تستوفى رزقها، فاتقوا الله وأجملوا فى الطالب ولا يحملنكم استبطاء الرزق أن تطلبوا بمعاصى الله فإنه لايدزك ما عندالله إلا بطاعته .(وهو طزف من الحديث ) شزح السنة للبوي 14/305، قال المحشى : رجاله ثقات وهو مرسل
125. Abdullah Ibnu mas’ud r.a. meriwayatkan bahwa Rasululah SAW bersabda : sesungguhnya Ruhul Amin ( Jibrail a.s ) mengilhamkan dalam hatiku ( kata-kata ini ) bahwa tiadalah seseorang akan mati sehingga ia telah menghabiskan ( memakai ) semua rezekinya . oleh sebab itu takutlah kepada Allah dan perindahlah dengan kejujuran pencaharianmu ( rezeki ). Dan janganlah kamu terpengaruh dengan terlambatnya rezeki, untuk mencarinya dengan ketidak taatan kepada Allah. Rezekimu berada dibawah kontrol Allah yang mana ia bersama dengan Allah maka tidak dapat diperolehinya kecuali dengan ketaatan kepada Nya. ( Sarhus Sunnah Lil Bagowi).

126- عن عوف بن مالك رضىالله عنه أن النبى صلىالله عليه وسلم قضى بين رجلين فقال المقضىعليه لماأدبر : حسبى الله ونعم الوكيل . رواه أبوداود ، باب الرجل يحلف على حقه ، رقم : 3667
126. Awf Ibnu Malik r.a. meriwayatkan bahwa : Nabi SAW memutuskan pendapat diantara dua orang karena itu yang satu bertentangan dengan orang yang pendapatnya telah diputuskan yang berkata :
artinya Allah saja cukup bagiku dan sebaik-baik perencana adalah Dia. Oleh karena itu Nabi SAW menegur : Sesungguhnya Allah SWT marah kepada kelemahan. Selain itu engkau harus ( menggunakan ) akalmu dan jikalau engkau dikuasai oleh berbagai urusan maka ucapkanlah ini : حسبى الله ونعم الوكيل Allah saja cukup bagiku dan Dialah sebaik-baik perencana. ( HR.Abu Daud )







































BERIMAN KEPADA HARI AKHIRAT

Ayat-ayat Al Qur’an


قال الله تعلى: يأيها الناس أتقوا ربكم إن زلزلة ألساعة شىء عظيم (1) يوم ترونها تدهل كل مرضعة عما أرضعت وتضع كل ذات حمل حملها وترى أاناس سكرى وما هم بسكرى ولكن عذاب الله شديد (2) (احج 1-2 )
Allah SWt berfirman : Hai manusia ! bertaqwalah kepada Tuhanmu. Sesungguhnya kegoncangan hari kiamat adalah suatu kejadian yang dahsyat. Pada hari itu ketika kamu melihat keguncangan itu setiap ibu yang menyusui akan melupakan anak yang disusuinya dan setiap wanita yang mengandung akan gugurlah kandungannya ; dan kamu lihat manusia dalam keadaan mabuk ; padahal sebenarnya mereka tidak mabuk akan tetapi azab Allah itu sangat kerasnya ( Al hajj 22: 1-2 ).
وقال تعلى: ولا يسئل حميم حميما (10) يبصرونهم يود المجرم لويفتدى من عذاب يوميذ ببنيه (11) وصحبيه ، وأخيه (12) وفصيلته ألتى تئويه (13) ومن فى ألأرض جميعاثم ينجيه(14) كلأ { المعارج : 10-15}
Allah SWT berfirman : dan tidak ada seorang teman akrab pun menanyakan temannya. Sedang mereka saling melihat. Orang-orang kafir ingin kalau sekiranya dia dapat menebus dirinya dari azab hari itu dengan anak-anaknya. Dan istrinya dan saudaranya, dan kaum familinya yang melindunginya dan orang-orang diatas bumi seluruhnya ; kemudian mengharapkan tembusan itu dapat menyelamatkannya sekali-kali tidak dapat ! ( Al Maarij 70 : 10-15 ).

وقال تعلى : ولا تحسبن الله غفلا عما يعمل أظالمون إنما يؤ خرهم ليوم تشخص فيه ألآبصر (42) مهطعين مقنعى رءوسهم لا ير تد إليهم طرفهم وأفئد تهم هوأء (43) {إبرهيم : 42-43}
Allah SWT berfirman : dan janganlah sekali-kali kamu mengira bahwa Allah SWT lalai dari apa yang diperbuat oleh orang-orang yang jalim. Sesungguhnya Allah memberi tangguh kepada mereka sampai pada hari yang pada waktu itu mata mereka terbelalak, mereka datang bergegas-gegas memenuhi panggilan dengan mengangkat kepalanya sedang mata mereka tidak berkedip-kedip dan hati mereka kosong ( Ibrahim 14: 42-43 ).

وقال تعلى: وألوزن يوميذ ألحق فمن ثقلت موز ينه ، فأوليك همالمفلحون (8) ومن خفت موزينه، فأوليك الذين خسروا أنفسهم بما كانوا بئايتنا يظلمون (9) { الآعراف 8-9 }
Allah SWT berfirman timbangan pada hari itu ialah kebenaran, maka barang siapa berat timbangan kebaikannya, maka mereka itulah orang-orang yang beruntung dan siapa yang ringan timbangan kebaikannya, maka itulah orang-orang yang merugikan dirinya sendiri, disebabkan mereka selalu mengingkari ayat-ayat kami ( Al A’raf 7:8-9).
وقال تعلى: جنت عدن يدخلونها يحلون فيها من أساور من ذهب ولؤ لؤا ولباسهم فيها حرير (33) وقالوا الحمد لله ألذى أذهب عنا ألحزن إن ربنا لغفورشكور (34) ألذى أحلنا دار ألمقامة من فضله ، لا يمسنا فيها نصب ولا يمسنا فيها لغب (35 ) {فاطر 33-35 ْ}
Allah SWT berfirman : bagi mereka surga Adn ! mereka ( yang melakukan amal saleh ) akan masuk kedalamnya, didalamnya mereka diberi perhiasan dengan gelas-gelas dari emas, dan dengan mutiara dan pakaian mereka di dalamnya adalah sutra dan mereka berkata : segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan duka cita bagi kami. Sesungguhnya Tuhan kami benar-benar Maha Pengampun lagi Maha mensyukuri. Yang menempatkan kami dalam tempat yang kekal dari karunia Nya ; di dalamnya kami tiada merasa lelah dan tiada pula merasa lesuh. ( Fatir 35 : 33-35 )

وقال تعلى : إن ألمتقن فى مقام أمن (51) فى جنت وعتون (52) يلبسون من سند س وإستبرق متقبلين (53) كذ لك وزوجنهم بحور عين (54) يدعون فيها بكل فكهة وامنين (55) لاتذوقون فيها ألموت إلا ألموته ألآولى ووقم عذاب الجحيم (56) فضلا من ربك ذلك هو الفوز ألعظيم (57) {الدخان: 51-57}
Allah SWT berfirman : Sesungguhnya ! orang-orang yang bertakwa ( kepada Allah ) berada dalam tempat yang aman, yaitu didalam taman-taman dan mata air-mata air, mereka memakai sutra yang halus dan sutra yang tebal, duduk berhadap-hadapan, demikianlah. Dan kami berikan kepada mereka bidadari. Didalamnya mereka meminta segala macam buah-buahan dengan aman. Mereka tidak akan merasakan mati didalamnya kecuali mati didunia dan Allah memelihara mereka dari azab neraka, seagai karunia dari Tuhanmu. Demikian itu adalah keberuntungan yang besar. ( Ad-Dukhan 44 : 51-57 ).

وقال تعلى : إن ألابرار يشربون من كأس كان مزاجهاكافورا (5) عينايشربها عبادالله يفجرونهاتفجرا (6) يوفون بألنذر ويخافون يوما كان شره ، مستطير (7) ويطعمون الطعام على حبه، مسكينا ويتيما وأسير (8) إنما نطعمكم لوجه الله لا نريد منكم جزأء ولا شكورا (9) إنا نخاف من ربنا يوما عبوسا قمطريرا (10) فوقهم الله شر ذلك أليوم ولقهم نضرة وسرورا (11) وجزهم بما صبروا جنة وحريرا (12) متكئين فيها على ألأرايك لا يرون فيها شمسا ولا زمهريرا(13) ودانية عليهم ظللها وذللت قطوفها تذليلا (14) ويطاف عليهم بئانية من فضة وأكواب كانت قواريرا (15) قواريرا من فضة قد روها تقديرا (16) ويسقون فيها كأسا كان مزاجها زنخبيلا (17) عينافيها تسمى سلسبيلا (18) ويطوف عليهم ولدن مخلدون أذا رأيتهم حسبتهم لؤلؤا منثورا (19) وإذا رأيت ثم رأيت نعيما وملكا كبيرا (20) عليهم ثيب سندس خضر وإستبرق وحلوا أسا ورمن فضة وسقهم ربهم شراب طهورا (21) إن هذا كان لكم جزاء وكان سعيكم مشكورا (22) {ألإنسان :5-22}
Allah SWT berfirman : Sesungguhnya orang-orang yang berbuat kebajikan minum dari gelas yang campurannya air kapur, yaitu mata air yang dari padanya hamba-hamba Allah minum, yang mereka dapat mengalirkannya dengan sebaik-baiknya. Mereka menunaikan nazar dan takut akan suatu hari yang azabnya merta dimana-mana. Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim dan orang yang ditawan, katanya : Sesungguhnya kami memberi makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridhoan Allah, kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidak pula ucapan terima kasih. Sesunguhnya kami takut akan azab suatu hari yang di hari itu orang-orang bermuka masam, dan penuh kesulitan dari Tuhan kamu. Maka Tuhan memelihara mereka dari kesusahan hari itu ( karena ketaatan dan keikhlasan mereka ), dan memberikan kepada mereka kejernihan wajah dan kegembiraan hati. Dan Dia memberi balasan kepada mereka karena kesabaran mereka dan pakaian sutra. Didalamnya mereka duduk bertelekan diatas dipan, mereka tidak merasakan didalamnya panasnya matahari dan tidak pula dingin yang bersangatan. Dan naungan pohon-pohon yang dekat diatas mereka dan buahnya di mudahkan memetiknya semudah-mudahnya. Dan diedarkan kepada mereka bejana-bejana dari perak dan piala-piala yang bening laksana kaca, yaitu kaca-kaca yang terbuat dari perakyang telah diukur mereka dengan sebaik-baiknya. Didalam sorga itu mereka diberi minum segelas minuman ( anggur ) yang campurannya adalah zanjabil ( jahe ). Yang didatangkan dari sebuah mata air sorga yang dinamakan salsabil dan mereka dikelilingi oleh pelayan – pelayan muda yang tetap muda. Apabila kamu melihat mereka kamu akan mengira mereka mutiara yang bertaburan. Dan apabila kamu melihat disana ( sorga ), niscaya kamu akan melihat berbagai macam kenikmatan dan kerajaan yang besar. Mereka memakai pakaian sutra halus yang hijau dan sutra yang tebal dan dipakaikan kepada mereka gelang terbuat dari perak dan Tuhan memberikan kepada mereka minuman yang bersih ( dan akan dikatakan kepada mereka ) : sesungguhnya ini adalah balasan untukmu dan usahamu adalah disyukuri . ( Al insan 76 : 5-22 ).

وقال تعلى : وأصحب أليمين ما أصحب اليمن ( 27) فى سدر مخضود (28) وطلح منضود (29) وظل ممدود (30) وماء مسكوب (31) وفكهة كثيرة (32) لا مقطوعة ولا ممنوعة (33) وفرش مرفوعة (34) إنا أنشأء (35) فجعلنهن أنكارا(36) عربا أترابا (37) لأصحب اليمين ( 38) ئلة من الأولين (39) وثلة من الأخرين (40) {الواقعة : 27-40}
Allah SWT berfirman : dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu
Berada diantara pohon bidara yang tidak berduri, dan pohon pisang yang bersusun-susun buahnya dan naungan yang terbentang luas, dan air yang tercura, dan buah-buahan yang banyak, yang tidak berhenti buahnya dan tidak terlarang mengambilnya, dan kasur-kasur yang tebal lagi empuk. Sesungguhnya kami menciptakan mereka ( bidadari-bidadari ) dengan langung, dan kami jadikan mereka gadis-gadis perawan ( yang hanya dikasihi oleh suami-suami mereka ( penuh cinta lagi sebaya umurnya ), ( kami ciptakan mereka ) untuk golongan kanan, yaitu segolongan besar dari orang-orang yang terdahulu ( yang telah memeluk islam ) dan segolongan besar pula dari orang yang kemudian. ( Al Waqiah 56 : 27-40 )
Catatan : Menurut tafsir yang lain generasi sebelumnya bermakna orang-orang dari umat sebelumnya ; dan generasi kemudian bermakna orang-orang daripada umat ini. ( Bayanul qur’an )

وقال تعلى : ولكم فيها ما تشتهى أنفسكم ولكم فيها ماتدعون (31) نزلا من غفوررحيم (32) {فصلت : 31-32}
Allah SWT berfirman : Didalamnya ( sorga ) kamu memperolehi apa yang kamu inginkan dan memperoleh pula didalamnya apa yang kamu minta. Sebagai hidangan bagimu dari Tuhan yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. ( Fushilat 41 : 31-32)


وقال تعلى : وإن للطغين لشرمئاب (55) جهنم يصلونها فبئس المهاد (56) هذا فليذوقوه حميم وغساق (57) وءاخرمن شكله أوج (58) {ص:55-58}
Allah SWT berfirman : Beginilah ( keadaan mereka yang beramal saleh ) !. Dan sesungguhnya bagi orang-orang durhaka, benar-benar disediakan tempat kembali yang buruk, yaitu neraka jahannam yang mereka masuk kedalamnya ; maka amat buruklah jahanam itu sebagai tempat tinggal sesungguhnya inilah azab mereka ( bagi orang-orang yang durhaka ) !. biarlah mereka merasakannya minuman mereka air yang sangat panas dan air yang sangat dingin. Dan azab yang lain yang serupa itu berbagai macam. ( Shad 38 : 55-58 ).




وقال تعلى : وقال تعلى : أنطلقوا إلى ماكنتم به، تكذبون (29) انطلقوا إلى ظل ذى ثلـث سعب (30) لاظليل ولايغنى من اللهب (31) أنها ترمىبشرر كالقصر (32) كأنه، جمٌلًًٌٌٌٍَُُت صفر (33) {المرسلات : (29-33)
Allah SWT berfirman : ( Dikatakan kepada orang-rang kafir ) : Pergilah kamu mendapatkan azab yang dahulunya kamu mendustakannya ! Pergilah kamu mendapatkan naungan yang mempunyai tiga cabang, yang tidak melindungi dan tidak pula menolak nyala api neraka. Sesungguhnya neraka itu melontarkan bunga api sebesar dan setinggi istana, seolah-olah ia iringan unta yang kuning. ( Al Mursalat 77: 29-33 )

وقال تعلى : لهم من فوقهم ظلل من النار ومن تحتهم ظلل ذلك يخوف الله به، عباده ، يعباد فاتقون(16)
Allah SWT berfirman : Bagi mereka lapisan-lapisan dari api diatas mereka dan dibawah merekapun lapisan-lapisan api. Demikianlah Allah mempertakuti hamba-hambanya dengan ajab itu . maka bertakwalah kepadaku wahai hamba-hamba KU. ( Azzumar 39 : 16 )

وقال تعلى : إن ثجرت الزقم (43) طعام الآثم (44) كالمهل يغلى فى البطون (45) كغلى الحميم (46) حذوه فاعتلوه إلى سواء الجحيم(47) ثم صبوا فوق رأسه، من عذاب الحميم (48) ذق إنك أنت العزيزالكريم (49) إن هذا ماكنتم به، تمترون (50) {الذحان : 43-50}
Allah SWT berfirman : Sesungguhnya pohon zaqqum itu, maka orang yang banyak berdosa, ia sebagai kotoran minyak yang mendidih dalam perut, seperti mendidihnya air yang sangat panas. ( Akan dikatakan kepada Malikat-malaikat ) : Peganglah dia kemudian seretlah dia ke tengah-tengah neraka, kemudian tuangkanlah diatas kepalanya siksaan air yang amat panas ( akan dikatakan dengan mengejek ) : rasakanlah, sesunguhnya kamu orang yang perkasa lagi mulia. Sesungguhnya ini adalah azab yang dahulu selalu kamu meragu-ragukannya. ( Ad-Dhukan 44 : 43-50 ).

وقال تعلى : من ورايه، جهنم ويسقى من ماء صديد (16) يتجرعه، ولا يكاد يسيغه، ويأتيه الموت من كل مكن وماهو بميت ومن ورايه، عذاب غليظ (17) { إبرهيم : 16-17}
Allah SWT berfirman : Dihadapannya ( setiap penjamin yang bangkang ) ada jahanam, dan dia akan diberi minuman dengan air nanah, diminumnya air nanah itu dan hampir dia tidak dapat menelannya dan datanglah maut kepadanya dari segenap penjuru, tetapi dia juga tidak mati ; dan dihadapannya masih ada azab yang berat. ( Ibrahim 14:16-17 )




HADIS NABAWI


127- عن ابن عباس رصىالله عنهما قال: قال أبوبكر رضىالله عنه : يا رسول الله !قد شبت قال : شيبتنى هود والواقعة والمرسلات وعم يتساء لون إذا الشمس كورت. رواه الترمذى وقال : هذاحديث حسن غريب، ومن سورة الواقعة، رقم : 3297
127. Ibnu Abbas meriwayatkan : Abu Bakar r.a. berkata ! Sesungguhnya rambutmu telah beruban ! ia menjawab : ( Surat ) Hud, Al waqiah, Al Mursalat, Amma yatta sa’alun dan Hijas samsu kuwwirat telah menyebabkan rambutku menjadi putih. (HR.Tirmidzi ).
Catatan : Hubungan antara rambut menjadi uban dan merujuk kepada bab-bab dalam Al qur’an menunjukkan peristiwa dahsyatnya hari kebangkitan dan azab bagi orang-orang yang durhaka. Telah disebutkan dalam beberapa surat tersebut diatas.

128- عن خالدبن بن عمرالعدوى رصىالله عنه قال : خطبناعتبة بن غزوان رصىالله عنه، فحمد الله وأثنى عليه، ثم قال : أما بعد ، فإن الدنيا قد اذ نت بصرم، وولت ححذاء ، ولم يبق منهما إلاصبابة كصبابة الإناء يتصابها صاحبها ، وإنكم منتقلون منها إلى دارلازوال لها، فانتقلوا بخير مابحضرتكم، فإنه قدذكر لنا أن الحجريلقى من شفة جهنم فيهوى فيها سبعين عاما، لايدرك لهل قعرا، ووالله لتملأن، أفعجبتم ؟ ولقد ذكرلنا أن مابين مصراعين من مصاريع الجنة مسيرة أربعين سنة، وليأتين عليها يوم وهوكظيظ من الزحام ، ولقد رأيتنى سابع سبعة مع رسول اللهصلىالله عليه وسلم مالنا طعام إلا ورق الشجر، حة قر حت أشداقنا فالتطت برد ة فشققتها بينى وبين سعد يب مالك، فاتزرت بنصفها، واتزرسعد بنصفها ، فما أصبح اليوم منا أحد إلا أصبح أميرا على مصر من الآمصار، وإنى أعوذباالله أن أكون فى نفس عظيما وعندالله صغيرا ، وإنها لم تكن نبوة قط إلا تناسخت، حتى تكون اخر عاقبتها ملكا ، فستخبرون وتجربون الأمراء بعدنا. رواه مسلم ، باب الدنيا سجن للمؤمنوجنة للكافر، رقم : 7435
128. Khalik Ibnu Umair Al Adawai r.a. meriwayatkan : Utbah Ibnu Gozwan r.a. ( ketika itu ia adalah gubernur Basrah ) setelah memuji dan memuliakan Allah berkata kepada kami : Tidak dapat diragukan bahwa dunia telah mengumumkan kesudahannya ; dan ia telah berbalik dengan bergegaslah ; dan apa yang tertinggal padanya kecuali setetes seperti sisa tetesan-tetesan dalam sebuah mangkuk yang orang minum berusaha untuk menghirupnya. Dan sesungguhnya kamu semua akan berpindah ( mati ) dari dunia ini kepada suatu tempat yang tidak pernah akan berakhir karena sesungguhnya, telah disebutkan kepada kita bahwa ( apabila sebuah batu dilemperkan dari pinggiran neraka,dia akan terus jatuh selama 70 tahun akan tetapi belum mencapai dasar neraka. Dan demi Allah akan datang suatu hari yang neraka itu akan terisi penuh dengan manusia dan jin ). Oleh sebab itu apakah ini tidak mengherankan kamu ? dan juga telah disebutkan bahwa permukaan antara dua papan pintu sorga adalah 40 tahun perjalanan, namun akan datang suatu hari dimana permukaan ini akan dipadatkan karena besarnya jumlah ahli surga. Dan sesungguhnya saya telah melihat waktu itu juga, apabila saya termasuk tujuh dari antara tujuh sahabat Rasulullah SAW, yang tidak mendapatkan sesuatu untuk dimakan kecuali daun-daun pohon, sehingga dinding-dinding mulut kami bernanah dengan bisul-bisul. Dan saya berusaha meeminta sehelai kain kasar yang saya bagi antara diri saya dan Saad Ibnu Malik. Oleh sebab itu saya memakainya untuk menutup separuh badan saya yang bawah dan Saad Ibnu Malik memakai sehelai yang lainnya. Akan tetapi hari ini setiap dari kita ada seorang amir ( gubernur ) kota dari antara kota-kota besar. Dan sesungguhnya aku berlindung kepada Allah yang saya merasa diri saya besar, tetapi Allah SWT, menganggap saya kecil ( dan tiada berarti ). Dan sesungguhnya tidak pernah ada kenabian ( dan jalannya ) kecuali ( yang akhirnya ) kenabian itu terlupakan orang sehingga menjadi semata-mata kerajaan duniawi. Oleh sebab itu pada masa akan datang kamu akan mengalami gubernur-gubernur lain setelah kami ). ( HR.Muslim )
Catatan : “Jalan-jalan kenabian “ menunjuk kepada sifat masa nabi-nabi yang penuh keadilan dan kedamaian dan dihiasai dengan ketidak acuhan terhadap dunia bersamaan dengan bertambahnya kecintaan kepada akherat. ( Takmalah fathul Mulhim ).

129- عن عائشة رصىالله عنهاقالت: كان رسول الله صلىالله عليه وسلم كلما كان ليلتها من رسول الله صلىالله عليه وسلم يخرج من اخر الليل إلى البقيع فيقول :"السلام عليكم دار قوم مؤمنين ، وأتاكم ما توعدون غدامؤجلون، وإنا-إن شاءالله- بكم لاحقون "، اللهم ! اغفرلأهل بقيع الغرقد. رواه مسلم ، باب ما يقال عنددخول القبور.. رقم : 2255
129. Aisah r.a.meriwayatkan bahwa bilamana malam gilirannya bersama dengan Rsulullah SAW, Baginda keluar pada akhir malam keperkuburab Baqi dan berkata

السلام عليكم دار قوم مؤمنين ، وأتاكم ماتوعدون غدامؤجلون ، وإنا-إنشائالله-بكم لاحقون،اللهم ! اغفر لأهل بقيع الغرقد

Assalamualaikum hai penghuni tempat kediaman orang beriman, dan apa yang telah dijanjikan kepadamui ( kematian ) telah menjemput kamu ; kamu telah pergi lebih dahulu dan Allah berkehendak kami akan bergabung dengan kamu. Wahai Allah, ampunilah penghuni Baqi. ( HR.Muslim)

130- عن مستوردبن شداد رصىالله عنه يقول : قال رسول الله صلىالله عليه وسلم والله ما الدنيا فى الأخرة إلا مثل ما يجعل أحدكم إصبعه هذه فى اليم ، أحدكم بم ترجع ؟. رواه مسلم، باب فناء الدنيا .. .رقم : 719
130. Mustawrid Ibnu Saddad r.a. meriwayatakan : Bahwa Rasulullah SAW bersabda : Demi Allah ! dunia ini apabila dibandingkan dengan akherat adalah seperti orang yang mencelupkan jarinya kedalam lautan dan melihat sejumlah air pada jari tersebut. ( air yang sebagaimana jumlah air diatas jari dibandingkan dengan laut adalah sangat sedikit), demikian pula kehidupan dunia ini dibandingkan dengan akherat.

131- عن شداد بن أوس رصىالله عنه عن النبي صلىالله عليه وسلم الكيس من دان نفسه وعمل لما بعد الموت، والعاجز من أتبع نفسه هواهاوتمنى علع الله. رواه الترمذ، وقال : هذا حديث حسن، باب حديث الكبس من دان تفسه ... .رقم: 2459
131. Saddad Ibnu Aus r.a meriwayatkan : Nabi SAW bersabda : Orang yang paling pandai yang menghisab dirinya dan bekerja ( membuat persiapan ) untuk kehidupan setelah kematian dan orang yang bodoh adalah yang mengikuti hawa nafsunya dan masih besar pengharapannya pada rahmat Allah ( yang Allah Ta’ala Maha Pengampun ). ( HR.Tirmidzi )
132- عن ابن عمررصىالله عنهما قال : أتيت النبى صلىالله عليه وسلم عاشرة فقام رجل من الأنصار فقال: يا بنى الله ! من أكبسالناس، وأحزم الناس؟ قال : أكثرهم ذكرا للموت، وأكثرهم استعداد للموت قبل نزول الموت، أوليك هم الأكياس، ذهبوا بشرف الدنيا وكر امة الأخرة. فلت : رواه ابن ماجه باختصار، رواه الطبرانى فى الصغر وإسناده حسن، مجمع الزوائد.1/556
132- Abdullah Ibnu Umar r.a. meriwayatkan : Saya datang kepada Nabi SAW menjadi yang kesepuluh dari sepuluh sahabat yang lain. Seorang Ansahar berdiri dan berkata : wahai Rasulullah ! Siapakah orang yang paling bijaksana dan yang paling tegas ? Baginda menjawab : barang siapa yang banyak mengingati maut dan mempersiapkan apa yang perlu sesudah mati, sebelum kematian menjemputnya ( sesungguhnya yang demikian adalah orang yang paling bajaksana ). Mereka akan pergi dari dunia ini dengan kemuliaan dan kemegahan akhirat. (Ibnu Majah, Tabrani dan Majma Uz – Zawaid ).





133- عن عبدالله رصىالله عنه قال : خطامربعا، وخط خطا فى الوسط خارمنه ، وخطط صغارا إلى هذا الذى فىالوسط من جانبه الذى الوسط ، فقال : هذا الإنسان، وهذا أجله محيط به – أوقد أحاط به- وهذا الذى هو خارج أمله ، وهذه الخطط الصغار الأعراض ، فإن أخطأه هذا نهشه هذا، وإن أخطأه هذا نهشه هذا، وهذا صورة. رواه البخارى، باب فى الأمل وطوله، رقم: 641
133. Abdullah r.a. meriwayatkan : Nabi SAW menggaris ( membuat sketsa ) persegi panjang dan ia membuat garis ( horizontal yang lain ) ditengah yang menonjol keluar dan ia membuat garis – garis yang lebih kecil ( vertikal ) yang berada pada pertengahan kemudian ia berkata : ( sketsa ini adalah manusia, dan garis persegi panjang ini adalah jangka waku kehidupan ( takdir ). Dan garis ini yang menonjol keluar daerah persegi panjang menunjukkan angan-angannya dan garis yang kecil-kecil adalah kejadian-kejadian ( yang berlaku dalam kehidupannya ). Jikalau satu kejadian ini meleset dari padanya ia akan dirusak oleh yang lain. Dan jikalau yang satu ini meleset daripadanya ia akan masih dirusak oleh yang lainnya. (HR. Bukhari )









134- عن محمود بن لبيد رصىالله عنه أن النبى صلىالله عليه وسلم قال : اثنتان يكرههما ابن ادم، الموت والموت خير من الفتنة ، ويكره قلة المال، وقلة المال أقل للحساب. رواه أحمد ياسند بن ورجال الصحيح الزوائد.1/453
134- Mahmud Ibnu Labit r.a meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda : ada dua perkara yang bani Adam benci : Kematian padahal kematian itu lebih baik baginya daripada fitnah dan ia membenci kalau mempunyai hanya sedikit harta padahal sedikit harta itu lebih ringan ( pada waktu ) penghisapan ! ( Musnad Ahmad ).
Catatan : Fitnah menunjuk kepada ujian-ujian dan penderitaan-penderitaan yang menimpa seseorang dalam kehidupan dunia ini dan iman serta yakin hamba-hamba Allah diuji melaluinya.

135- عن أبى سلمة رصىالله عنه قال : سمعت رسول الله صلىالله عليه وسلم يقول : من لقى الله يشهد أن لآ اله إلا الله وأن محمدا رسول الله وامن بالبعث والحساب دخالجنة. ذكرالحافظ ابن ابن كثير هذا الحديث بطو له فى البداية والنهاية5/304
135. Abu Salamah r.a.meriwayatkan bahwa : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda : Barang siaapa yang menjumpai Allah mengucapkan La Ilaha Illallah ( Tiada yang patut disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Allah dan beriman pada hari kebangkitan setelah kematian ) dan kepada hari perhitungan ( amal-amal ), pasti akan masuk sorga. (Al-bidayah Wan Nihaya )



136- عن أم الدرداء رصىالله عنها قالت : قلت لأبى الدرداء : ألا تبتغى لأضيافك ما يبتغى الرجا لأضيافهم فقال : إنى سمعت رسول الله صلىالله عليه وسلم يقول : إن أمامكم عقبة كؤودا لا يجاوزها المثقلون فأحب أن أتخفف لتلك العقبة. رواه البيهقى فى شعب الإيمان. 305
136- Umi Darda r.anha meriwayatkan : Saya bertanya kepada Abu Darda : Tidakkah engkau pergi dan mencari sesuatu untuk tetamu-tetamumu (apa yang manusia) biasanya mencari ( makanan dan minuman yang baik )bagi tetamu-tetamunya? Ia menjawab : saya mendengar Rasulullah SAW sesungguhnya dihadapan kamu ada sebuah jalaan kecil yang tak dapat dilalui! Orang yang membawa beban yang berat tidak dapat melewati melalui jalan itu dengan mudah, sebab itu saya ingin menjaga diri saya ringan apabila melewati lintasan itu. ( baihaqi )
catatan : manusia ( biasanya mencari ) makanan dan minuman yang baik, bermakna bahwa ia terpaksa menggunakan masa dan berusaha mencari kalau bukan untuk keluarganya maka ia mencari semata-mata untuk menyenangkan tetamu-tetamunya.

137- عن هانى مولىعثمان رحمه الله أنه قال : كان عثمان إذا وقف على قبر بكى حتى يبل لحيته، فقيل له تذكرالجنة والنار فلاتبكى وتبكى من هذا؟ فقال: إن رسول الله صلىالله عليه وسلم قال: إن القبر أول منزل من منازل الا خرة فإن نجا منه فما بعده أيسرمنه، وإن لم ينج منه فما بعده أشد منه قال : وقال رسول الله صلىالله عليه وسلم مارأيت منظر إلا والقبر أفظع منه. رواه الترمذى وقال : هذا حديث حسن غريب، باب ماجاءفى فظاعة القبر . ..رقم :2308 عنه
137- Hani Rahimahullahu seorang budak yang dibebaskan Ustman r.a.meriwayat kan: ketika Ustman mengunjungi kuburan ia menangis sehingga janggutnya menjadi basah. Kemudian dikatakan kepadanya ada apa dengan kamu apabila sorga dan neraka disebutkan kamu tidak menangis akan tetapi kamu menangis bila melihat kuburan ! dia menjawab : Sesungguhnya Rasulullah SAW bersabda : sungguh kuburan ini adalah perhentian pertama diantara perhentian akherat ; jiklau seseorang terselemat dari ( azab ) ini, maka apa yang selanjutnya akan menjadi mudah. Dan jika seseorang tidak dapat selamat dari perhentian ini maka apa yang selanjutnya lebih berat dari pada ini dan Rasulullah SAW bersabda : saya tidak pernah menyaksikan sebuah pemandangan yang lebih mengerikan daripada ( azab ) kubur. ( HR.Tirmidzi )

138- عن عثمان بن عفان رصىالله عنه قال : كان النبى صلىالله عليه وسلم إذا فرغ من دفى الميت وقف عليه فقال : استغفروا لأ خيكم واسألواله بالتثبيت فإنه الان يسأل. رواه أبو داود، باب ألإستغفار عند القبر .. . رقم : 3221
138- Ustman Ibnu Affan r.a. meriwayatkan : ketika Nabi SAW menyelesaikan pengebumian ( seorang muslim ), ia berdiri pada kuburannya dan berkata : mohonlah pengampunan bagi saudaramu dan berdolah kepad Allah untuk menguatkannya karena sesungguhnya ia sekarang sedang ditanya. ( Abu Daud ).

139- عن أبى سعيد رصىالله عنه قال : د جل رسول الله صلىالله عليه وسلم مصلاه فراى ناسا كأنهم يكتشرون قال : أماإنكم لوأكثرتم ذكرهاذم اللذات لشغلكم عما أرى الموت فأكثروا منذكر هاذم اللذات الموت، فإنه لم يأت على القبر يوم إلا تكلم فيقول : أنا بيت الغربة ، وأنا بيت الوحدة وأنا بيت التراب وأنا بيت الدود، فإذا دفن العبد المؤمن قال له القبر : مرحبا وأهلا ، أما إن كنت لأ حب من يمشى على ظهرى إلى فإذا وليتك اليوم وصرت إلى فسترى صنيعى بك، قال: فيتسع له مد بصره ويفتح له باب إلى الجنة، وإذادفن العبدالفاجر أوالكافر قال له القبرلا مرحبا ولا أهلا أما إن كنت لأبغض من يمشى على ظهرى إلى فإذ وليتك اليوم وصرت إلى فسترى صنيعى بك، قال : فيلتنم عليه حتى يلتقى عليه وتختلف أضلاعه ن قال: قل رسول الله صلىالله عليه وسلم بأصابعه فأدخل بعضها فى جوف بعض قال : ويقيض الله له سبعين تنينا لو أن واحدا منها نفخ فى الأرض ما أنبتت شيئا مابقيت الدنيا، فينهشنه ويخد شنه حتى يفضى به إلى الحساب، قال : قال رسول الله صلىالله عليه وسلم إنما القبرروضة من رياض الجنة، أوحفرة من حفر النار.رواه الترمذ وقال : هذاحديث حسن غريب ،باب حديث أكرواذكرهاذماللذات،2460
139. Abu Said r.a.meriwayatkan : Rasulullah SAW sambil masuk ketempat shalat ( mesjidnya ) mendapati beberapa orang sedang tertawa ( yang giginya mereka sampai kelihatan ). Baginda berkata : Sesungguhnya jikalau kamu banyak mengingat Pemutus kesenangan ( kematian ) maka ia akan mengalihkan kamu dari apa yang saya dapati ( tertawamu yang berlebihan ). Karena sesungguhnya tiadalah sehari berlalu keatas kuburan kecuali suara yang mengatakan : aku adalah rumah tempat pembuangan; dan aku adalah rumah kesunyian ; dan aku adalah rumah yang penuh dengan debu ; dan aku adalah rumah cacing-cacing. Apabila seorang yang beriman kepada Allah di kebumikan maka kubur akan berkata kepadanya : selamat datang ! sesungguhnya engkau adalah yang paling aku kasihi dari semua orang yang berjalan diatas permukaanku. Sebab itu sekarang apabila aku ditempatkan bertanggung jwab kepada engkau dan engkau telah dibawa kepadaku ; engkau akan mendapati aku memperlakukanmu dengan ramah tama. Rasulullah SAW bersabda : kemudian kubur akan membentang baginya sejauh mata memandang ; dan akan dibukakan baginya sebuah pintu yang menuju ke surga. Dan apabila seorang hamba Allah yang durhaka atau seorang kafir dikebumikan kubur akan berkata kepadnya : Tiada ucapan selamat bagimu ! sesungguhnya engkau adalah yang paling rendah dihadapanku dari semua orang yang berjalan diatas permukaanku. Maka hari ini sebagaimana aku telah diberi tanggungjawab kepadamu dan kamu telah dibawa kepadaku ; segera kamu akan melihat perlakuanku terhadap kamu. Rsulullah SAW bersabda : kemudian kubur akan menghimpitnya sehingga tepi yang satu bertemu dengan tepi yang lain, dan tulang-tulang rusuknya bertikaman satu sama lain ; Rasulullah SAW ( menggambarkan) meletakkan jari-jari ( satu tangan ) antara jari-jari pada pangkalan ( tangan yang lain). Kemudian Baginda bersabda : Dan Alah mengirim ke atasnya 70 ular ; jikalau salah satu daripadanya menyemburkan bisanya keatas permukan bumi ini niscaya tidak akan tumbuh tanaman-tanaman diatas permukan bumi ini ; ular-ular itu akan terus memagutnya dan mengoyak-ngoyaknya sehingga ia dibawah untuk penghisapannya ( pada hari kebangkitan ). Rasulullah SAW bersabda kubur adalah salah satu daripada taman-taman surga atau lobang dari antara lobang-lobang neraka. ( HR.Tirmidzi ).

140- عن البراء بن عازب رصىالله عنهما قال : جرجنا مع رسول الله صلىالله عليه وسلم فى جنازة رجل من الأنصار فانتهينا إلى القبر ولما يلحد فخلس رسول الله صلىالله عليه وسلم وجلسنا حوله كأنما على رووسنا الطير وفىيده عود بنكت نه فى الأرض، فرفع رأسه فقال :استعيذوا با لله من عذاب القبر مر تين أوثلاثا قال : ويأتبه ملكان فيجلسانه فيقولان له : من ربك ؟ فيقول : ربى الله، فيقولان له : ماذينك ؟ فيقول : ذينى الإسلام، فيقولان له :ماهذا الرجل الذى بعث فيكم ؟ قال فيقول : هورسول الله صلىالله عليه وسلم فيقولان له :وما يدريك ؟ فيقول: قرأت كتاب الله فامنت به وصدقت قال : فينادى مناد من السماء أن قدصدق عبدى فأفر شوه منالجنة وألبسوه منالجنة وافتحواله باب إلى الجنة قال : فيأتيه من روحها وطيبها قال : ويفتح له فيها مد بصره قال : وإن الكافر، فذكرموته قال : وتعاد روحه فى جسده ويأتيه ملكان فيجلسانه، فيقولان له: من ربك ؟ فيقول : هاه لاأدرى، فيقولان له : مادينك ؟فينادى مناد من السماء أنكذب فأفر سوه من لنار وألبسوه من النار وافتتحواله بابا إلى النار قال : فيأتيه من حرها وسمومها قال : ويضيق عليه قبره حتى تختلف فيه أضلاعه. رواه أبوداود، باب المسا لة فى القبر .رقم: 4753
140- Bara Ibnu Azib r.a. meriwayatkan : Kami keluar bersama Rasulllah SAW menghantar jenazah seorang laki-laki dari Anshar sehingga kami sampai kekuburan yang lobangnya belum digali. Kemudian Rasulullah SAW duduk dan kami duduk mengelilinginya dalam ( keadaan tidak bergerak ) sekalipun burung-burung bertengger diatas kepala-kepala kami, dan ditangannya ada sebuah tongkat dengannya ia membuat goresan diatas tanah kemudian diangkat meengangkat kepalanya dan berkata dua kali atau tiga kali : Mohonlah perlindungan kepada Allah dan siksa kubur. Kemudian ia berkata : Dua malaikat akan mendatanginya dan menjadikan ia duduk kemudian bertanya kepadanya : Siapakah Rab kamu ? Ia akan menjawab : Rab saya ialah Allah. Kemudian ditanya lagi : Apakah Din ( agama ) mu ? Ia kan menjawab Din aku adalah Islam. ditanya lagi : Apa ( yamg engkau katakan ) tentang orang ini yang diutus kepadamu ( sebagai seorang Nabi )? Ia akan menjawab : Ia adalah Rasulullah. Kemudian ditanya lagi : Bagaimana engkau boleh memastikan itu ? Ia akan menjawab : Saya membaca kitab Allah dan saya beriman dan saya bersaksi tentangnya. Kemudian seorang penyeru akan mengumumkan dari langit : Hamba Ku berkata benar sebab itu hamparkan baginya sebuah kasur dari surga dan pakaikan dia dengan pakaian dari sorga, dan bukankan baginya sebuah jendela yang mengarah ke surga. Maka angin sorga dan harum-haruman dari sorga akan bertiup kepadanya, dan kuburnya akan diperluas baginya sejauh mata memandang. Kemudian Rasulullah SAW menyebutkan kematian seorang yang tidak beriman ( kafir ) : Sesungguhnya ruh seorang kafir akan dikembalikan pada jasadnya. Dua malaikat akan mendatanginya, dan menjadikan dia duduk, dan akan mengajuakan pertanyaan kepadanya : Siapakah Rab kamu ? Ia akan menjawab : Wah-wah ! saya tidak tahu ! kemudian akan ditanya lagi : Apa agama mu ? Ia akan menjawab : Wah-wah ! Saya tidak tahu ! kemudian ditanya lagi : Apa ( yang kamu katakan tentang ) orang ini yang diutus kepadamu ( sebagai seorang nabi )? ia kan menjawab : Wah-wah ! saya tidak tahu ! Kemudian seorang penyeru dari langit akan mengumumkan : Ia berkata bohong bahwa dia tidak mengetauhi ) ! karena itu hamparkan baginya sebuah kasur dari neraka, dan pakaikan dia dengan pakaian dari neraka, dan bukakan baginya sebuah jendela yang mengarah ke neraka supaya hawa panas yang membakar dapat bertiup kepadanya dan kuburnya akan menghimpitnya sehinga tulang-tulang rusuknya bertikaman satu sama lain. ( HR.Abu daud )
Catatan : Pengumuman dari langit ( kepada orang kafir ), “ bahwa ia telah berbohong “ bermakna bahwa ia berpura-pura menjadi bodoh, padahal yang sebenarnya ia menyangkal ke Esaan Allah, kenabian Nya Nabi SAW dan Islam. ( Maariful Hadist ).

141- عن أنس بن مالك رصىالله عنه قال: قال رسول الله صلىالله عليه وسلم إن العبد ‘ذا وضع فى قبره وتولى عنه أصحابه، وإنه ليسمع قرع نعالهم ، أتاه ملكان فيقدانه فيقولان : ماكنت تقول فى هذا الرجل لمحمد صلىالله عليه وسلم ؟ فأما المؤمن فيقول : أشهد أنه عبد الله ورسوله، فيقال له: انظر إلى مقعدك من النار قد أبد لك الله به مقعدا من الجنة، فيرا هماجميعا وأما المنافق والكافر فيقال له : ما كنت تقول فى هذا الرجل ؟ فيقول : لا أدرى ، كنت أقول مايقوله الناس، فيقال : لادريت ولا تليت، ويضرب بمطارق من حديد ضربة فيصيح صيحة يسمعها من يليه غير الثقلين. رواه البخالى، باب ماجاءب القبر، 1374
141- Anas Ibnu Malik r.a. meriwayatkan Rasulullah SAW bersabda : Sesungguhnya hamba Allah apabila di tempatkan dalam kubur dan sahabat-sahabat meninggalkan dia maka sesungguhnya ia mendengar suara langkah-langkah mereka, dua malaikat mendatanginya menjadikan ia duduk dan akan bertanya kepadanya : Apa yang kamu ketauhi tentang orang ini yakni Muhammad SAW ? kalau ia seorang mukmin ia akan berkata : saya bersaksi bahwa ia adalah hamba Allah dan Rasul Nya. Maka akan dikatakan kepadanya : lihatlah kepada tempatmu didalam neraka ; Allah akan mengggantikannya dengan tempat tinggal dalam sorga. Ia kemudian akan melihat dua tempat tinggalnya itu dan kalau seorang munafik dan kafir akan dikatakan kepadanya: Apa yang kamu kata mengenai orang ini ? Ia akan menjawab : saya tidak tahu ;saya hanya mengatakan apa yang orang kata. Maka akan dikatakan kepadanya : sesungguhnya ia tidak tahu, sesungguhnya kamu tidak tahu dan kamu tidak mengikut orang yang tahu. Kemudian ia akan dipukul dengan palu dari besi yang menyebabkan ia berteriak dengan pekikan yang didengar oleh setiap orang sekitarnya kecuali manusia dan jin. ( HR.Bukhari )

142- عن أنس رصىالله عنه أن رسول الله صلىالله عليه وسلم قال : لا تقوم الساعة حتى لايقال فى الأرض : الله الله. وفى رواية : لا تقوم اساعة على أحد يقول : الله الله . رواه مسلم، باب ذهاب الإيمان اخرالزمان، رقم : 376،375
142. Anas r.a. meriwayatkan : Rasulullah SAW bersabda : masa ( Hari Kebangkitan ) tiadak akan mulai sehingga tiada seorangpun yang tinggal di atas dunia ini yang mengucapkan Allah, Allah. Dalam riwayat yang lain : masa( Hari Kebangkitan ) tidak akan dimulai ke atas seseorang yang masih mengucapkan Allah. Allah. ( HR.Muslim).
Catatan : Ini bermakna bahwa hari kebangkitan akan terjadi apabila dunia sama sekali tidak ada orang yang mengingati Allah. Hadist ini juga menjelaskan bahwa hari kebangkitan tidak akan terjadi selagi masih ada walaupun satu orang yang mengatakan : wahai manusia ! takutlah kepada Allah dan sembahlah Dia. ( Mirqat )

143- عن عبدالله رصىالله عنه عن النبى صلىالله عليه وسلم قال : لا تقوم السا عة إلا على إلا شرار الناس. رواه مسلم، باب قرب الساعة ، رقم : 7402
143- Abdullah r.a. meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda : Masa ( Hari Kebangkitan ) tidak akan terjadi kecuali ke atas manusia yang paling jahat. ( HR.Muslim ).

144- عن عبد الله بن عمرو رضى الله عنها قال :قال رسول الله صلىالله عليه وسلم .يخرج الدجال فى امتى فيمكث أربعين : لا ادرى أربعين يوما ، أو أربعين شهرا ، أو أربعين عاما ، فيبعث الله عيسى بن مريم كأنه عروة بن مسعود ، فيطلبه فيهلكه ثم يمكث الناس سبع سنين ، ليس بين اثنين عداوة ، ثم يرسل الله ريحا باردة من قبل الشام ، مال يبقى على وجه الأرض أحد فى قلبه مثقال ذرة من خير أو ايمان الا قبضته ، حتى لو ان احدكم دخل فى كبد جبل لدخلته عليه ، حتى تقبضه قال : فيبقى شرارالناس فى خفة الطير وأحلام السباع لا يعرفون معروفا ولا يبكرون منكرا ، فيتمثل لهم الشيطان فيقول : ألا تستجيبون؟ فيقولون : فما تأمرهم بعبادة الأوثان ، وهم فى ذلك دار رزقهم ، حسن عيشهم، ثم يتفخ فى الصور ، فلا يسمعه أحد الا اصغى ليتا ورفع ليتا ، فال : وأول من يسمعه رجل يلوط حوض ابله قال : فيصغق ، ويصعق الناس ، ثم يرسل الله مطرا كأنه الطل فتنبت منه اجساد الناس ، ثم ينفخ فيه أخرى فاذا هم قيامينظرون ، ثم يقول : يأيها الناس ! هلمو الى ربكم ، وقفوهم انهم مسئولون ، ثم يقول : أخروا بعث النار ، فيقول :من كم ؟ فيقول : من كل ألف ، تسعمائة وتسعة وتسعين قال : فذلك الولدان شيبا ، وذلك يوم يكسف عن ساق. رواه مسلم باب فى خروج الدجل صلىالله عليه وسلم .، رقم 738
وفى رواية فشق ذلك على الناس حتى تغيرت وجوههم فقال النبى صلىالله عليه وسلم . من يأجوج نسعمائة وتسعة وتسعين ومنكم واحد. (الحد يث) رواه البخارى باب قوله وترى الناس سكارى ، رقم: 4741
144- Abdullah Ibnu Umar r.a. meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda : Dajjal akan muncul pada umatku dan akan tetap tinggal selama 40 hari ; saya tidak tahu ( apakah ) untuk 40 hari, atau 40 bulan . atau 40 tahun. Kemudian Allah akan mengutus Isa Ibnu Maryam menyerupai Urwah Ibnu Mas’ud. Ia akan mengejar Dajjal dan membunuhnya. Sesudah itu manusia akan tetap tinggal selama 7 tahun tanpa ada sedikitpun rasa dendam ( bahkan ) anatara 2 orang. Kemudian Allah akan mengirim ( sejenis ) angin yang sejuk dari arah Syam ( Syiria ) ; yang mana tiada seorang pun yang masih tinggal diatas permukaan bumi yang hatinya mempunyai iman walaupun yang paling kecil, kecuali nyawanya akan dicabut dengan angin yang sejuk ini ( bermakna bahwa semua orang yang ada iman akan mati ). Bahkan jikalau seseorang dari pada kamu masuk kedalam liang yang paling dalam dari sebuah gunung, maka angin ini akan masuk kesana dan membunuhnya. Sesudah itu ( hanyalah ) orang-orang jahat ( yang hatinya sama sekali tak ada iman ) yang akan tinggal dengan menganggap enteng perbuatan-perbuatan jahat dan mempunyai pemikiran seperti binatang-binatang buas, mereka tidak mengetauhii yang baik dan tidak menolak yang buruk. Kemudian setan akan menampakkan diri kepada mereka dan berkata : Tidakkah kau menuruti (perintahku ) ? mereka akan berkata : apa yang engkau perintahkan kepada kami ? Ia akan memerintahkan mereka menyembah patung-patung dan ( oleh karenanya ) rezeki yang banyak akan diberikan kepada mereka dan mereka akan menikmati kehidupan yang baik dan mewah. Kemudian terompet akan ditiupkan ; dan tiada seorangpun yang tidak mendengarnya kecuali akan mengangkat kepalanya dengan penuh perhatian ( ingin mengetauhi ) dan orang yang pertama mendengar suara itu ( dan terpengaruh dengan suara itu ) adalah seorang yang sedang mengisi bak air untuk unta-untanya. Kemudian ia kan terjatuh tidak sadarkan diri, dan mati dan begitu pula orang-orang yang bersama dengan dia. Kemudian Allah akan menurunkan air hujan yang menyerupai embun, menyebabkan jasad-jasad manusia mekar ( seperti tanaman-tanaman dari bumi ) kemudian terompet akan ditiupkan kali kedua dan manusia akan bangun melihat sekelilingnya ( dengan penuh keheranan ). Kemudian akan diakatakan : wahai manusia bersegeralah kamu kepada Rab mu ! malaikat-malaikat akan menjadikan mereka berdiri ( dengan penuh perhatian ) dan berkata sesungguhnya mereka adalah tiada terkira banyaknya ! kemudian akan dikatakan : pisahkan penghuni – penghuni neraka ! akan dikatakan berapa banyak ( dari banyaknya manusia itu ) ! dari setiap seribu ; 999 ! pada hari itu ( bahkan ) anak-anak akan menjadi beruban rambutnya ( karena ketakutan) ; dan pada hari itu Shin akan menjadi kosong ( Allah akan menampakkan diri Nya dengan cara yang khusus ) ! (HR.Muslim )
Dalam riwayat lain dikatakan : Mendengar bahwa 999 hari dari seribu orang akan dilemparkan kedalam neraka jahannam, sahabat-sahabat sangat sedih sehingga kesedihan mereka itu ternampak jelas pada muka-muka mereka. Kemudian Rasulullah SAW bersabda : Sembilan ratus sembilan puluh sembilan akan berasal dari ( seperti ) Yajuz dan Majuz dan seorang yang berasal dari kamu. ( HR.Bukhari )
Catatan : Dajjal adalah pembohong besar yang akan keluar dekat pada akhir kiamatnya dunia dan ia akan menamakan dirinya Tuhan. Ia kemudian dibunuh oleh Nabi Isa a.,s.pada kedatangannya yang kedua.


145-عن أبى سعيد رضى الله عنه قال : قال رسول الله صلىالله عليه وسلم . كيف انعم وصاحب القرن قد النقم القرن واستمع الأذن متى يؤمر بالنفخ فينفخ فكأن ذلك ثقل على أصحاب النبى صلىالله عليه وسلم . فقال لهم : قولوا : حسبنا الله ونعم الوكيل على الله توكلنا . رواه الترذى وقال : هذا حديث حسن ، باب ما جا ءفى شأن الصور ، رقم 2431
145. Abu Said r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : Bagaimana saya boleh gembira dan hidup dalam kesenangan, apabila orang yan di amanahkan dengan sangkakala telah meletakkannya dimulutnya dan ia memasangkan telinganya dengan penuh perhatian sambil menunggu perintah untuk meniupnya. Pernyataan ini nampaknya berat bagi sahabat-sahabat Rasulullah SAW oleh sebab itu Baginda SAW berkata kepada mereka katakanlah :حسبن الله ونعم الوكيل على الله تو كلنا
artinya : Allah saja cukup bagi kamu ! Maha tinggi Allah yang kepadanya kami bertawakal. ( HR.Tirmidzi ).




146- عن المقداد رضى الله عنه قال: سمعت رسل الله صلىالله عليه وسلم . يقول تدنى الشمس يوم القيامة من الخلق ، حتى تكون منه كمقدار ميل فيكون الناس على قدر أعمالهم فى العرق ، فمنهم من يكون الى كعبيه ، ومنهم من يكون الى ركبتيه ، ومنهم من يكون الى حقويه ، ومنهم من يلجمه العرق الجاما قال : واشار رسول الله صلىالله عليه وسلم . بيده الى فيه . رواه مسلم ن باب فى صفه يوم القيامة ، رقم : 7206
146- Miqdad r.a.meriwayatkan : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda : Matahari akan dibawah mendekat kepada makhluk pada Hari Kiamat ; sehingga hanya ada satu mil jarak anatara matahari dan mereka. Manusia akan berkeringat seimbang dengan amal-amal perbuatan mereka ( semakin besar dosanya emakin banyak keringatnya ) ; sebagian dari mereka keringatnya akan sampai kepergelangan kaki, sebagiannya kan sampai kelututnya, sebagiannya akan sampai kepinggannya dan sebagiannya akan sampai kemuka-muka mereka. Rasulullah SAW menunjuk kemulutnya dan hidungnya ( yang sebagian orang yang susah bernafas dan terhambat dalam keringat mereka sendiri ). ( HR.Muslim ).


147-عن ابى هريرة رضى الله عنه قال: قال رسل الله صلىالله عليه وسلم . يحشر الناس يوم القيامة ثلاثة أصباف : صنفا مشاة وصنفا ركبانا وصنفا على وجو ههم قيل : يا رسل الله ! وكيف يمشون على وجوههم ؟ قال : ان الذى أمشاهم على اقادامهم على أن يمشيهم على وجوههم ، أما انهم يتقون بوجوههم كل حدب وشوكة . رواه الترمذى وقال : هذا حديث حسن ن باب ومن سورة بنى اسرآئيل ن رقم 3142
147. Abu Hurairah r.a. meriwayatkan : Bahwa Rasulullah SAW bersabda : Manusia akan dibangkitkan pada Hari Kiamat dalam tiga kategori : satu kelompok dalam keadaan berjalan, satu kelompok lagi dengan berkendaraan dan satu kelompok yang lain akan berjalan diatas muka-muka mereka. Ketika ditanya : wahai Rasulullah ! bagaimana mereka boleh berjalan diatas muka-muka mereka ? baginda menjawab : sesungguhnya Dia yang menjadikan mereka berjalan diatas kaki-kaki mereka dapat menjadikan mereka berjalan diatas muka-muka mereka. Mereka akan menghindari setiap rintangan dan duri-duri ( seperti seorang berjalan menghindar dengan kaki-kakinya ) dengan muka-muka mereka. !


147-عن عدى بن حاتم رضى الله عنه قال : قال رسل الله صلىالله عليه وسلم . : ما منكم من أحد الا سيكلمه ربه ليس بينه وبينه ترجمان ، فينظر أيمن منه فلا يرى الا ما قدم من عمله ، وينظر أشأم منه فلا يرى الا ما قدم ، وينظر بين يديه فلا يرى الا النار تلقاء وجهه ، فاتقوا ولو بشق تمرة . رواه البخارى ، باب كلام الرب تعالى ..رقم : 7512
148. Adi Ibnu Hatin R.a. meriwayatkna bahwa Rasulullah SAW bersabda : Tiadalah seorang mereka diantara kamu kecuali bahwa Rab nya akan berbicara secara langsung kepadanya tanpa ada perantara antara mereka. Kemudian ia kan melihat kearah kanan ; dan tidaklah ia melihat kecuali apa yang ia telah kirim terlebih dahulu dari amalan-amalannya. Dan ia akan melihat ( dalam keadaan yang tak berdaya ) kesebelah kiri ; dan ia tidak meliihat kecuaali apa yang ia telah kirim terlebih dahulu. Dan iia akan melihat dihadapannya ; dan tidaklah ia melihat kecuali neraka didepan mukanya. Oleh sebab itu jagalah diri kamu dari neraka jahannam walaupun dengan mengeluarkan hanya separuh biji korma ( dengan bersedekah ) ( HR.Bukhari ).


149- عن عائشة رضى الله عنها قالت: سمعت النبى- عن عائشة رضى الله عنها قالت : سمعت النبىصلىالله عليه وسلم . يقول فى بعض صلاته : اللهم حا سبنى حسابايسيرا ، فلما انصرف قلت : يا نبى اللع ! ما الحساب السير! قال : أن ينظر فى كيابه فيتجاور عنه ، انه من نوقش الحساب يو مئذيا عائشة علك . ( الحديث) رواه احمد 6/47
149- Aisah r.anha meriwayatkan : Saya mendengar Rasulullah SAW membaca dalam salah satu shalatnya. اللهم حاسبنى حسابا يسيرا Artinya : Wahai Allah jadikanlah hisabku hisab yang mudah. Ketika ia menyelesaikan ( shalatnya ), saya bertanya : Wahai Nabi Allah ! apa yang dimaksud dengan hisab yang mudah ? Baginda menjawab : bahwa buku amalan-amalan seseorang ketika dibacanya dan kemudian ia akan dilepaskan. Wahai Aisah ! sesungguhnya barngsiapa yang disoal pada hari kiamat ( akan dihisab amalan-amalannya ) akan binasa ! ( Musnad Ahmad )


150- عن أبى سعيد الخدرى رضى الله عنه أنه أتى رسول الله صلىالله عليه وسلم فقال : أخبرنى من يقوى على القيام يوم القيامة الذى قال الله عزوجل (يوم يقو الناس لرب العلمين ) فقال : يحخفف على المؤمن حتى يكون عليه كاالصلوة المكتوبة. رواه اليهقى فى كتاب العث والنشور، مشكوة المصابيح، رقم : 5563
150. Abu Said Alkudri r.a. mendekati Rasulullah SAW dan bertanya : Beritahukanlah kepadaku yang siapa akan dapat bertahan pad hari kiamat yaang lamanya adalah 50.000 tahun ( yang Allah SWT telah sebutkan :يوم يقوم الناس لرب العلمين
Artinya : Pada hari yang manusia akan berdiri dihadapan Allah Rabbul ‘alamin. Baginda menjawab : akan diringankan bagi orang-orang beriman sama dengan mas yang diambil untuk mengerjakan shalat fardhu ( Baihaqi dan Miskaat )


151- عن عوف بن مالك الأشجعى رضىالله عنه قال : قال رسوالله صلىالله عليه وسلم أتانى ات من عند ربى فخير نى بين أن يد خل نصف أمتى الجنة وبين الشفاعة، فاخترت الشاعة وهى لمن مات ربى فخيرنى بين أن يد خل نصف أمتى الجنة وبين الشفاعة، فاخترت الشفاعة وهى لمن مات لايشرك بالله شيئا. رواه الترمذ، باب منه حديث تخبيرالنبى صلىالله عليه وسلم رقم : 2441
151. Auf Ibnu Malik Al-Ashja’I r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : seorang malaikat datang kepadaku dari Rab ku dan memberikan kepadaku kebebasan untuk memilih antara separuh umatku masuk sorga, atau wewenangku untuk safaat. Oleh sebabab itu saya memilih safaat, ( supaya seluruh umatku mendapat manfaat daripadanya dan bagi mereka yang mati tanpa menserikatkan sesuatu kepada Allah. ( HR.Tirmidzi )


152- عن أنس بن مالك رضى الله عنه قال: قال رسول الله صلىالله عليه وسلم شفاعتى لإهل الكبائر من أمتى .رواه الترمذ وقال : هذى وقال : هذا حديث حسن صحيح غريب، باب منه حديث شفاعتى . رقم : 2435
152. Anas Ibnu Malik r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SA bersabda : diluar dari orang-orang yang melakukan dosa besar, aku akan memberi safaat bagi orang-orang yang bersal daripada umatku ( dan bukan semua ) (HR.Tirmidzi ).


153- عن أنس بن مالك رضى الله عنه قال : قال رسول لله صلىالله عليه وسلم إذا كان يوم القيامة ماج الناس بغضهم فى بغض، فيأتون ادم فيقولون : اشفع لنا إلى ربك، فيقول : لست لها، ولكن عليكم يإبراهم فإنه خليل الرحمن، فيأتون ادم فيقول: لست لها، ولكن عليكم بموسى فأنه كليم الله، فيأتون موس فيقول : لست لها، ولكن عليكم بعيسى فإنه روح الله وكلمته، فيأتون عيسى فيقول : لست لها ، ولكن عليكم بمحمد صلىالله عليه وسلم فيأتونى فأقول : أنالها، فأستادن علىربى فيؤذن لى ويلهمنى محامد أحمده بها لا تحضرنى الان، فأحمده بتلك المحامد ، وأخرله ساجدا ، فيقال : يامحمد ! ارفع رأسك وقل يسمع لك ، وسل تعط ، واثفع تشفع، فأقول : يارب ! أمتى أمتى ، فيقال: انطلق فأخرمنها من كان فى قلبه مثقال شعيرة من إيمان، فأنطلق فأفعل سم أعودفأحمده بتلك المحامد، ثم اخرله ساجدا فيقال :يامحمد ! ارفع رأسك وقل يسمع لك ، وسل تعط، واشفع تشفع، فأقول : يارب، أمتى أمتى، فيقول : النطلق فأخرج من كان فى قلبه أدنى أدنى مثقال حبة من خرد ل من إيمان فأخرجه منالنار منالنار منالنار، فأنطلق فأفعل، ثم أعود الرابعة فأحمده بتلك، ثم أخر له ساجدا فيقال : يا محمد ! ارفع راسك ، وقل يسمع، وسل تعطه ، واشفع تشفع، فأقول: يارب ! ائذن لى فيمن قال : لآإله إلاالله، فيقول : وعزتى وجلا لى وكبريائى وعظمتى لآخرجن منها من قال : لآ إله إلاالله. رواه البخارى، باب كلام الرب تعالى .رقم : 7510
(وفي حديث طويل ) عن سعيد الخدرى رضىالله عنه فيقول الله تعلى : شفعت الملائكة وشفع النبيون وشفع المؤمنون، ولم يبق إلا أرحم الراحمين، فيقبض قبضة منالنار فيخرج منها قوما لم يعملوا خيرا قط ، قدعادوا حمما فيلقيهم فى تهر فى أفواه الجنة يقال له نلهر الحياة : فيخرجون كما تخرج الحتة فى حمل السيل قال : فيخرجون كا للؤلؤ فى رقابهم الخواتم ، يعرفهم أهل الجنة، هؤلاءعتقاء الله الذين أدخلهم الله الجنة بغير عمل عملوه ولا خير قدموه ، ثم يقول : ادخلوا الجنة فما رإيتموه فهوا لكم، فيقولون : ربنا ‘عطيتنا ما لم تعط أحدامن العالمين، فيقول : لكم عندى أفضل من هذا، فيقولون : ياربنا ! أى شىءأفضل من هذا ؟ فيقول : رضائى فلا أسخط عليكم بعده أبدا. رواه مسلم ، باب معرفة طريقالروية، رقم : 454
153. Anas Ibnu Malik r.a.meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : pada hari kiamat manusia akan berlari-lari ( dalam kebingungan ) kepada satu sama lain. Kemudian mereka akan mendekati Adam a.s. dan berkata : berilah kami safaat dihadapan Rab mu. Tetapi ia menjawab : Aku tidak memnuhi syarat ( untuk memberi syafaat )., pergilah kamu mendatangi Ibrahim a.s, karena ia adalah Khalil ( sahabat ) Arrahman. Kemudian mereka akan mendekati Ibrahim a.s. tetapi ia akan berkata kepada mereka : Aku tidak memenuhi syarat, kamu pergilah kepada Musa a.s. karena ia adalah Kalamullah ( dapat berbicara secara langsung kepada Allah. Maka mereka mendatangi Musa a.s., tetapi ia berkata : aku tidak memenuhi syarat, silakan kamu mendatangi Isa a.s., karena ia adalah Ruhullah dan Kalimatullah ( Ruh Allah dan Perkataan Allah ). Maka mereka mendatangi Isa a.s., tetapi ia berkata : Aku tidak memuhi syarat, silakan kamu mendatangi Muhamad SAW. Karena itu mereka mendatangi aku dan aku akan berkata, akulah yang akan memberi syafaat. Sebab itu aku bermohon kepada Rab ku ; dan Dia akan membolehkan aku. Kemudian Allah akan mengilhamkan aku dengan kata-kata yang aku memuji dengannya akan tetapi saya tidak mempunyai pengetauhan akan kata-kata itu sekarang kemudian aku akan memuliakannya dengan pujian-pujian ini ; kemudian aku akan jatuh bersujud. Kemudian kan dikatakan : Hai Muhammad ! angkatlah kepalamu bicaralah maka engkau akan didengar ; mintalah maka engkau akan diberi ; berilah syafaat maka syafaatmu akan diterima maka aku akan bermohon : wahai Rab ! umatku! Umatku ! ( kasihanilah mereka ) maka akan dikatakan : pergilah dan keluarkan ( dari neraka ) siapa yang memiliki iman dalam hatinya sebesar biji gandum. Maka saya akan pergi dan mentati ( sebgaimana yang diperintahkan ). Kemudian saya kembali dan setelah memuji Nya dengan pujian yang sama ; dan bersujud dihadapannya. Kemudian akan dikatakan : hai Muhammad ! angkatlah kepalamu ; bicaralah maka engku akan didengar ; mintalah maka engkau akan diberi ; berilah syafaat maka syafatmu akan diterima. Maka saya kan bermohon wahai Rab ku ! umatku ! umatku ! maka akan dikatakan : pergi dan keluarkan ( dari neraka ) barangsiapa yang memiliki iman dalam hatinya sebesar debu. Maka saya akan pergi dan mentaati ( dengan apa yang diperintahkan ).
Kemudian saya kembali dan memuji Nya ( sekali lagi ) dengan puji-pujian yang sama: dan saya bersujud dihadapan Nya lalu dikatakan : Hai Muhammad ! angkatlah kepalamu ; bicaralah maka engkau akan didengar ; mintalah maka engkau akan diberi: berilah safaat maka safaatmu akan diterima. Maka saya memohon dengan sangat ; wahai Rab ku ! umatku ! umatku ! lalu dikatakan : pergilah dan keluarkan dari neraka sesiapa yang memiliki iman dalam hatinya walaupun lebih kecil, lebih kecil, lebih kecil, dari pada biji sawi. Kemudian saya akan pergi dan melakukan sebagaimana yang ditawarkan. Dan lalu saya akan kembali untuk kali yang keempat dan setelah memuji Nya dengan puji-pujjian ang sama dan saya bersjud dihadapan Nya. Maka akan dikatakan : hai Muhammad ! angkatlah kepalamu ; bicaralah maka engkau akan didengar ; mintalah maka engkau akan diberi ; berilah safaat maka safaatmu akan diterima. Kemudian saya akan mendesak ; Wahai Rab ku ! ijinkanlah aku ( untuk memberi safaat ) bagi sesiapa yng pernah mengucapkan La Ilaha Illallah. Demikianlah Allah SWT akan berfirman : Demi kehormatan Ku, dan kebesaran Ku, dan kemulian Ku, dan keagungan Ku, barang siapa yang pernah mengucapkan La Ilaha Illallah Aku akan ( pasti ) mengeluarkannya ( dari neraka). ( HR.Bukhari )
Dan dalam riayat ayang lain dari Abu Said Al Qudri r.a. : ( dalam menjawab kepada desakan Rasulullah SAW untuk kali yng ke empat ) Allah SWT akan berfirman : Malaikat-malaikat telah memberi safaat, dan nabi-nabi telah memberi safaat, dan orang-orang beriman telah memberi safaat, dan tiada lah yang masih tinggal kecuali Arhamurrahimin ( Yang Maha Penyayang dari orang-orang yang menunjukkan kasih sayangnya ). Oleh karena itu Allah akan memegang segemgam dari api neraka, sambil mengeluarkan orang yang tidak pernah melakukan walaupun satu amalan kebaikan, dan sesiapa yang telah berubah menjadi arang dia akan menempatkan mereka dalam sebuah aluran pada pintu msuk sorga, yang disebut nahar / ul / hayah ( Aluran Kehidupan ). Meraka akan dihidupkan seperti beenih – benih semaian yang tumbuh antara air buangan sesudah mengalir sesudah banjir dan mereka akan menjadi bercahaya dan memancarkan sinar seperti mutiara-mutiara ; sekeliling leher-leher mereka akan diberikan kalung-kalung emas. Para penghuni sorga akan mengenal mereka dengan kalung-kalung ini sebagaimana mereka yang Allah SWT telah bebaskan mereka dari neraka dan menjadikan mereka masuk sorga tanpa mereka melakukan amalan-amalan baik. Kemudian Allah SWT berfirman kepada mereka : masuklah kedalm sorga, dan apa saja yang kamu lihat itulah kepunyaan kamu. Kemudian mereka akan berkata, wahai Rab kami ! Engkau telah memberikan kepada kami apa yang tidak diberikan dalam dunia ! Dia kan menjawab: bagi kamu aku memiliki ( sesuatu) yang lebih baik dari pada ini. Mreka akan berkata : wahai Rab kami apakah ada yang lebih baik dari pada ini ? Allah akan menjawab : Ya Rada ( Yang Aku ridhoi ), sekarang Aku tidak akan peernha marah kepada kamu. (HR.Muslim).
Catatan : Isa a.s. disebutkan dalam hadist ini sebagai Ruhullah dan Kalimatulah, karena ia dilahirkan tanpa seorang ayah dengan perintah Allah Kun ! ( jadi ! maka jadilah ), dan dengan tiupan Jibrail a.s. ( sebagaimana diperintahkan oleh Allah ) ada leher ibunya yang menyebabkannya ada ruh dan menjadi makhluk hidup. ( Tafsir Ibnu Katsir ).
154- عن عمران بن حصين رضى الله عنهما عنالنبى صلىالله عليه وسلم قال : يخرج قوم منالنار بشفاعة محمد صلىالله عليه وسلم فيدخلون الجنة يسمون الجههنميين. رواه البخارى، باب صفة الجنة والنار، رقم : 6566
154. Imran Ibnu Husein r.a.meriwayatkan bahwa : Rasulullah SAW bersabda : Sekelompok manusia akan keluar dari neraka dengan safaat Muhammad SAW danmasuk sorga. Mereka akan dikenal sebagai jahannamin, yakni mereka yang seblumnya didalam neraka. ( HR.Bukhari ).

155- عن أبى سعيد رضى الله عنه ان رسول الله صلىالله عليه وسلم قال : إن من أمتي من يشفع للفئام من الناس، منهم من يسفع للقبيلة، ومنهم من يشفع للعصبة، ومنهم من ييشفع للرجل حتى يدخلوا الجنة. رواه الترمذ وقال : هذا حديث حسن،باب منه دخول سبعين الفا... رقم : 244
155. Abu Said r.a. meriwayatkan : bahwa Rasulullah SAW bersabda : sesungguhnya diantara umatku ada orang yang memberi safaat untuk suatu negeri ; dan ada yang memberi safaat untuk suatu kaum, dan ada yang akan memberi safaat untuk satu Usbah ( sekelompok kecil ) orang yang terdiri daripada sepuluh sampai empat puluh ), dan diantara mereka ada yang memberi safaat untuk satu orang, sehingga ( mereka semua akan memasuki sorga ). ( HR.Tirmidzi ).

156- عن حذيفة وأبي هريرة رضى الله عنهما(وفى حديث طويل ) قالا : قال رسول الله صلىالله عليه وسلم وترسل الآمانة والرحم فتقومان جنبي الصراط يمينا وشمالا، فيمر أولكم كالبرق قال قلت: بأبي أنت وأمى أى شىء كمر البرق ؟ قال : ألم ترا إلى البرق كيف يمر ويرجع فى طرفة عين ؟ ثم كمر الريح، ثم كمر الطير وشدالرجال، تجرى بهم أعمالهم، ونبيكم قائم على الصراط يقول : رب سلم سلم ، حتى تعجز أعمال العباد، حتى يجىء الرجل فلا يستطيع السير إلا زحفا قال : وفى حافتى الصراط كلا ليب معلقة مأمورة تأخذ من أمرت به فمخدوش ناج ومكدوس فى النار والذى نفس أبى هريرة بيده ! إن قعر جهنم لسبعين خريقا. رواه مسلم، باب أدنى أهل الجنة منزلة فيها، رقم : 482
156. Hudzaifah dan Abu Hurairah r.anhuma keduanya meriwayatkan satu riwayat yang panjang bahwa : Rasulullah SAW bersabda : Sifat “amanah” dan “silaturahmi” akan ( diberikan sebuah bentuk dan ) berdiri pada sebelah kanan dan kiri siroth ( jembatan yang ada diatas neraka ) – ( supaya memberi safaat kepada orang-orang yang memelihara mereka atau menolak oarng-orang yang tidak memperdulikan mereka. Maka yang pertama dintara kamu akan melewati shirat itu seperti kilat. Saya berkata kepada Nabi SAW : aku korbankan ayah dan ibuku untukmu apa yang engkau maksudkan dengan “ lewat atas shirat seperti kilat ? “ baginda menjawab : tidakkah engkau memperhatikan kilat ; bagaimana ia berlalu dan kembali dalam sekedip mata ! kemudian, ( barisan orang-orang berikut ) akan lewat seperti angin, dan seperti terbangnya burung layang-layang, dan seperti seorang pelari cepat. Hal mana setiap orang akan melewati shirat seimbang dengan amalannya. Dan Nabimu SAW akan berdiri ditepi shirat dan berkata : wahai Rab ku selamatkan mereka ! selamatkan mereka ! sehingga ada orang yang datang yang karena kelemahan amalan-amalan mereka, mereka hanya akan dapat merangkat ( diatas shirat ). Ia kemudian berkata : dan pada kedua tepi shirat bergantung kail-kail yang tajam yang mereka diperintah untuk mengail. Maka sebagian orang yang melarikan diri terluka, dan sebagian orang akan terjatuh kedalam tumpukan api dalam neraka. Dan demi Dia yang memegang nyawa Abu hurairah dalam tangan Nya ; sesungguhnya dlam neraka adalah 70 tahun. (HR.Muslim ).

- عن أنس بن مالك رضى الله عنه عنى النبى صلىالله عليه وسلم قال : بينما أنا أسير فى الجنة إذا أنا بنهر حافتاه قباب الدر المجوف، قلت : ماهذا يا جبريل ؟ قال : هذا الكوثر الذى أعطاك ربك، فإذا طينه مسك أذفر. رواه البخارى، باب فى الحوض،رقم : 6581
157. Anas Ibnu Malik r.a. meriwayatkan : bhwa Nabi SAW bersabda : ketika saya melewati sorga saya mendapati diri saya pada sebuah sungai, yang pada kedua tepinya terdapat telaga dari lembah mutiara-mutiara. Saya bertanya : apakah ini wahai Jibrail ? ia menjawab : ini adalah kautsar yang Rab mu berikan untuk kamu, kemudian ( saya memperhatikan bahwa ) dasarnya tercipta dari campuran musk yang harum. ( HR.Bukhari ).


158- عن عبد الله بن عمل و بن العاص رضى الله عنهما قال: قال رسول الله صلىالله عليه وسلم .حوضى مسيرة شهر ، وزواياة سواء ، وماؤه أبيض من الورق ، وريحه أطيب من المسك ، وكيزانه كنجوو السماء ، فمن شرب منه فلا يظمأ بعده أبدا. رواه مسلم، باب اثبات حوضى نبينا .، رقم 5971
158. Abdullah Ibnnu Amr Ibnu Al –As r.anhuma meriwayakan bahawa Rasulullah Saw bersabda telagaku ( Al Kautsar ) panjangnya adalah sejauh satu bulan perjalanan ; yang sudut-sudutnya seimbang, airnya lebih jernih daripada perak, dan harumnya lebih menyenangkan daripada musk dan cangkir-cangkir minumnya laksana bintang-bintang dilangit. Barangsiapa yang minum dari padanya tidak akan pernah haus sesudahnya. ( HR.Muslim ).
Catatan : Jarak satu bulan perjalanan menunjukkan bahwa ukuran Al kautsar adalah begitu luas yang memakan masa satu bulan untuk menyebranginya.


159- عن سمرة رضى الله عنه قال : قال رسول الله صلىالله عليه وسلم . ان لكل نبى حوضا وانهم يتباهون أيهم أكثر واردة وانى أرجو أن أكون أكثرهم واردة .رواه اليرمذى وقال : هذا الحديث حسن غريب ، باب ماجاءفى صفة الحوض ، رقم 2443
159. Samurah r.a.meriwayatkan bahwa raulullah SAW bersabda : Sesungguhnya bagi setiap Nabi ada sebuah telaga, dan sesungguhnya mereka berlomba-lomba ( satu dengan yang lain) yang telaga – telaga mereka yang paling banyak didatangi ( untuk minum dari padanya ), dan saya berharap, akan didatangi lebih banayk orang. ( HR.Tirmidzi )


160- عن عبادة بن الصامت رضى الله عنه عن النبى صلىالله عليه وسلم . قال: من شهدأن لآ اله الا الله وحده لا شريك له وأن محمدا عبده ورسوله وأن عيسى عبدالله ورسوله وكلمته ألقاها الى مريم وروح منه والجنة حق، والنار حق ، أدخله الله الجنة على ماكان من العمل . زاد جنادة : من ابواب الجنة الثمانية ايها شاء.رواه البخارى ، باب قوله تعالى يااهل الكبت ..، رقم 3435
160. Ubadah Ibnu Samid r.a. meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda : barangsiapa bersaksi tiada yang patut disembah kecuali Allah, Dia Yang Esa, tnpa ada serikat, dan Muhammad adalah hamba Nya dan rasul Nya, dan bahwa Isa a.s. adalah hamba Allah dan Rasul Nya, dan perkataannya yang diberikan kepada maryam a.s. dan Roh yang berasal dari Nya, dan bahwa sorga adalah hak dan neraka adalah hak. Allah. Allah akan pasti menjadikannya masuk sorga ketas apa saja amal yang ia telah perbuat. Junadh r.a. menambahkan pada riweayat ini : ( semoga ia memasuki ) dari pintu sorga mana saja yang ia kehndaki ! ( HR.Bukhari ).

161- عن ابى هريرة رضى الله عنه قال : قال رسول الله صلىالله عليه وسلم . ٌقال الله تعالى : أعددت لعباد ى الصالحين مالا عين رأت ، ولا ّأذن سمعت ، ولا خطر على قلب بشر ، فاقرء وا ان شئتم { فلا تعلم نفس ماأخفى لهم من قرة أعين } رواه البخارى ، باب ماجاء فى صفة الجنة صلىالله عليه وسلم ، رقم 3244
161. Abu Hurairah r.a. meriwayatkan : Rasulullah SAW menyebutkan sebuah hadist Qudsi : Aku sudah menyediakan bagi hamba-hambaku yang saleh yang mana tak pernah dilihat oleh mata dan tak pernah terdengar oleh telinga dan ( gambaran yang tidak pernah terdetak ke dalam hati seseorang ! Jikalau kamu hendak membaca :

{ فلا تعلم نفس ماأخفى لهم من قرة أعين ( As Sajadah 33:16 )

Artinya : Tiada seorang pun yang tahu cendera mata apa yang masih sembunyi bagi mereka ! ( HR.Bukhari )

162-عن سهل بن سعد الساعدى رضى الله عنه قال: قال رسول الله صلىالله عليه وسلم . موضع سوط فى الجنة خير من الدنيا وما فيها . رواه البخارى ماجاء فى صفة الجنة .. .،رقم 3260
162. Suhail Ibnu Saad Al –Saidi r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : Ruang yang ditempati tukang cambuk dalam sorga adalah lebih baik ( dan lebih berharga ) daripada dunia dan segala isinya. ( HR.Bukhari )

163- عن انس رضى الله عنه قال : قال رسول الله صلىالله عليه وسلم . ولقاب قوس أحدكم أوموضع قدم من الجنة خير من الدنيا وما فيها ، ولو أن امرأة من نساء أهل الجنة اطلعت إلى الارض لأضاءت ما بينمها ، ولملأت ما بينهما ريحا ، ولنصيفها يعنى الخمار خير من الد نيا وما فيها .رواه البخارى ، باب صفة الجنة والنار ، رقم 6568
163. Anas r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : luasnya tempat rukuk kamu, atau ruang yang satu tangga berada dalam sorga adalah lebih baik dunia beserta isinya. Dan jikalau seorang wanita daripada wanita-wanita sorga mmeliirik ke atas dunia ini, ( maka seluruh angkasa ) antara sorga dan dunia akan bercahaya dan dipenuhi dengan harum-haruman, sedangkkan selendangnya adalah lebih baik daripada dunia dan segala isinya ! ( HR.Bukhari )

164- عن أبى هريرة رضىالله عنه يبلغ به النبى صلىالله عليه وسلم قال : إن فى الجنة شجرة، يسيراكب فى ظلها مائة عام، لا يقطعها، واقرء وا إن ثئتم ( وظل ممدود ). رواه البخارى، باب قوله وظل ممدود، 4881
164. Abu Hurairah r.a. meriwayatkan : bahwa Rasulullah SAW bersabda : Sesungguhnya ada sebuah pohon dalam sorga yang kalau seorang penunggang kuda mengelilinginya selama seratus tahun dibawah naungannya maka dia tidak dapat sampai pada permulaannya. Jika anda mau dapat membaca ayat ini dalam alqur’an : ….wazillin mamdud ( Al waqiah 56 : 30 ), “ ….dan naungan yang membentang luas….” ( HR.Bukhari )

165- عن جابر رضىالله عنه قال : سمعت النبى صلىالله عليه وسلم يقول : إن أهل الجنة يأكلون فيها ويشر بون، ولا يتفلون ولا يبولون، ولا يبغو طون ولا يمتخطون قال ا: فما بال الطعام ؟ قال : جشاء ورشح كرشح المسك، يلهمون التسبيح والتحميد، كما يلهمون النفس. رواه مسلمز، باب فى صفات الجنة واهلها. رقم : 7152
165. Jabir r.a. meriwayatkan :Saya mendegar Nabi SAW bersabda : Sesungguhnya ahli-ahli sorga akan makan dan minum, merka tidak meludah da tidak membuang air kecil atau membuang air besar atau membuang ingus-ingus mereka. Sahabat bertanya: kemudian apa yang terjadi kepada makanan ( yang mereka makan ) ! Baginda menjawab : ( makanan dan minuman aka diubah menjadi ) serdawa dan peluh seperti musyk. Mereka akan diilhamkan ( untuk mengucapkan ) kemuliaan dan pujian kepada Allah , sebagaimana mereka bernafas ! ( HR.Muslim )

166- عن أبى سعيد الخدرى وأبى هريرة رضىالله عنهماعن النبىصلىالله عليه وسلم قال : ينادى مناد : إن لكم أن تصحوا فلا تسقموا أبدا، وإن لكم أن تحيوا فلا تموتوا أبدا، وإن لكم أن تشبوا فلا تهرموا أبدا، وإن لكم أن تنعموا فلا تبأسوا أبدا فذ لك قوله عزوجل : ( ونودوا أن تلكم الجنة أورثتموها بما كنتم تعملون ). رواه مسلم، باب فى دوام نعيم أهل الجنة.. . رقم: 7157
166. Abu Said Al Kudri dan Abu Hurairah Anhuma meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : seorang akan penyeru akan mengumumkan ( dalam sorga ) sesungguhnya telah ditetapkan bagi kamu bahwa kamu akan tetap sehat, tidak akan pernah jatuh sakit dan sesungguhnya telah ditetapkan bagi kamu bahwa kamu akan hidup terus , tidak pernah akan mati. Dan sesungguhnya telah ditetapkna bagi kamu bahwa kamu akan senantiasa muda tidak pernah akan menjadi tua. Dan sesungguhnya telah ditetapkan bagi kamu, bahwa kamu akan hidup dalam keridhoan dan kebahagaiaan, tidak pernah akan merasa sedih dan susah, dan inilah ( maksud ayat ) yang Allah berfirman :
ونودوا أنكم الجنة أورثتموها بما كنتم تعملون

akan diumumkan kepada mereka bahwa inilah sorga yang kamu wariskan dengan amal-amal kebaikan yang telah kamu lakukan. ( HR.Mulim)

167- عن صهيب رضىالله عنه عن النبى صلىالله عليه وسلم قال: إذا دخل أهل الجنة الجنة، قال يقول الله تعلى : تريد ون شيئا أزيدكم ؟ فيقولون : الم تبيض وجوهنا ؟ ألم تدخلنا الجنة وتنجنا من لنار؟ قال : فيكشف الحجاب، فما أعطو أحب إليهم من النظر إلى ربهم عزوجل. رواه مسلم، باب فيكشف الحجاب، فما أعطوا شيئا أحب إليهم من النظر إلى ربهم عزوجل. رواه مسلم، باب إثبات روية المؤمنين فى الاخرة.. . رقم : 449
167. Suhaib r.a.meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : Apabila ahli-ahli sorga sudah memasuki sorga, AllahTa’ala akan berfirman sukakah kamu supaya aku menganugerahkan kepada kamu dengan satu lagi rahmat yang khusus ? mereka akan bermohon : Tidakkah Engkau telah menjadikan muka-muka kami bercahaya ! Tidakkah Engkau memasukkan kami ke dalam sorga, dan menyelamatkan kami dari neraka ! ( apalagi yang kami inginkan )? ….Rasulullah SAW berkata : ….kemudian hijab akan diangkat ( antara Allah dan mereka ), dan tiadalah yang mereka lebih inginkan daripada wajah Rab mereka, yang Maha Kuat lagi Maha Besar.(HR.Muslim)

168- عن أبى هريرة رضىالله عنه ياقول : قال رسول الله صلىالله عليه وسلم لاتغبطوا فاجرا بنعمة، إنك لا تدرى ماهولاق بعد موته، إن له عند الله قاتلا لايموت. رواه الطبرانى فى الآوط ورجاله ثقات، مجمع الزوائد10/643
168. Abu Hurairah r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : janganlah kamu mendengki seorang jahat dalam -kurnia-kurnianya, karena sesungguhnya kamu tidak mengetauhi apap yang ia perolehi setelah kematiannya. Sesungguhnya baginya Allah mempunyaii seseorang pembunuh ( neraka jahannam ) dan yang tidak pernah mati ! ( Tabrani dan Majma Uz Zawaid ).

169- عن أبى هريرة رضىالله عنه أن رسول الله صلىالله عليه وسلم قال : ناركم جزء من سبعين جزء من نار جهنم قيل يارسول الله ! إن كانت لكافية ، قال : فضلت عليهن بتسعة وستين جزء كلهن مثل حرها. رواه البخارى، باب صفة النار وأنها مخلوقة، رقم : 3265
169. Abu Hurairah r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : api( dalam dunia ini ) adalah sebagian dari 70 bagian api neraka ! Telah ditanyakan : Wahai Rasulullah bahkan ( api seluruh dunia ) ini sudah cukup ! Baginda menegaskan : Api neraka sudah dikeraskan ke atas api dunia ini 69 kali ganda ; setiap derajat sama dengan panasnya api kamu dalam dunia ini! ( HR.Bukhari).
170- عن أنس بن مالك رضىالله عنه قال : قال رسول الله صلىالله عليه وسلم يؤتى بأنهم أهل الدنيا، من أهل النار، يوم القيامة، فيصبغ النار صبغة : ثم يقال : ياابن ادم ! هل رأيت خيرا قط؟ هل مر بك نعيم قط ؟ فيقول : لا، والله يارب! ويؤتى بأشد الناس فى الدنيا، من أهل الجنة، فيصبغ صبغة فى الجنة، فيقال له : ياابن ادم ! هل رأيت بؤسا قط ؟ هل مربك شدة قط ؟ فيقو: لان والله ياب ! مامربى بؤس قط ، ولارايت شدة قط. رواه مسلم ، باب صبغ انعم أهلالدنيا فىالنار، رقم : 7088
170. Anas r.a. meriwayatkan : bahwa Rasulullah SAW bersabda : pada hari kiamat seorang daripada ahli neraka yang telah hidup dengan penuh kesenangan dan kemewahan dalam dunia akan dibawah dan dimasukkan sekejap dalam neraka. Kemudian ia akan ditanya : Hai Bani Adam ! adakah kamu mengingat pernah mengalami kehidupan yang baik, kesenangan atau kemewahan sekejap saja ? ia menjawab : tidak, demi Allah wahai Rab ku ! dan begitu juga seorang dari ahli sorga yang mengalami kehidupan yang penuh kesusahan dalam duni ini akan dibawah dan dimasukkan sekejap kedalam sorga. Kemudian ia akan ditanya : Wahai Bani Adam ! adakah engkau mengingat pernah mengalami kehidupan sengasara, atau sekejap kesusahan ? ia akan menjawab : Tidak, demi Allah wahai Rab ku tiada suatu kesengsaran yang pernah saya lalui atau sekejap kesusahan ! (HR.Muslim )


171- عن سمرة بن جندب رضى الله أن النبى الله صلىالله عليه وسلم .قال : منهم من تأخده النار إلى كعبيه ، ومنهم من تاخذ ه النار إلى ركبتيه ، ومنهم من تأخده النار إلى حجزته ، ومنهم من تأخذه النار إلى ترقوته . رواه مسلو ، باب جهنم ، رقم 717
171. Samurah Ibnu Jundub r.a. meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda : dan diantara mereka ada sebagian manusia yang dimakan oleh api sampai kepergelangan kaki, dan ada sebagian yang sampai kelutut mereka, dan ada sebagian orang yag terbakar sampai pinggang mereka, dan ada sebagian dari mereka yang dimkan habis oleh api sampai kepada sampai kepada tulang selangka. ( HR.Muslim )

172- عن ابن عباس رضى الله عنهما ان رسول الله صلىالله عليه وسلم . قرأهذه الآ ية { اتقوالله حق تقتهولا تمتوتن إلا واتتم مسلمون ْ} (البقرة : 132) قال رسول الله صلىالله عليه وسلم لو أن قطرة من الزقم قطرت فى دارالدنيا لأفسدت علىأهل الدنيا معايشهم ، فكيف بمن يكون طعامه .رواه الترمذى وقال هذا حديث حسن صحيح ، باب ما جا ءفى صفة شراب أهل النار ، رقم 2585
172- Ibnu Abbas r.a. meriwayatkan : Rasulllah SAW membaca ayat berikut :
اتقوالله حق تقتهولا تمتوتن إلا واتتم مسلمون Artinya : Bertakwalah kepada Allah dengan sebenar-benar takwa, dan janganlah kamu mati kecuali dalam keadaan berserah diri kepada Allah .
Rasulullah SAW menegaskan berkenan dengan takwa kepada Allah dan azabnya : jikalau sebiji Zaqqum ( pohon dalam neraka ) dijatuhkan kedalam dunia ini, akan merusakkan kehidupan semua manusia ( didalamnya). Degan demikian bagaiman akan terjadi dengan dia dan menjadi makanan siapakah nantinya ? ( HR.Tirmidzi )

173- عن ابى هريرة رضى الله عنه ان رسول الله صلىالله عليه وسلم .قال: لما خلق الله الجنة قال لجبريل ، اذهب فنظر اليها ، فذهب فنظر اليها ثم جاء فقال : أى رب وعزيك ! لا يسمع بها احد إلا دخلها ، ثم حفها بالكماره ، ثم قال : يا جبريل ! 1هب فانظرإليها فذهب اليها فنظر اليها ثم جاء فقال : أى رب وعزتك !لقد خشيت أن لا يدخلها احد ، قال : فلما خلق الله تعالى النار قال : يا جبريل ! اذهب فانظر إليها ، فذهب فنظر أليها ثم جاء فقال : أى رب وعزيك ! لايسمع بها أحد فيدخلها ، فحفها بالشهوات ، ثم قال : يا جبريل ! فانظر إليها فذهب فنظر إليها ثم جاء فقال أى رب وعزتك وجلالك ! لقد خشيت أن لا يبقى أحد إلا دخلها .رواه ابو داوة ، باب فى خلق الجبة والنار : 3733
173. Abu Hurairah r.a. meriwayatkan : bahwa Rasulullah SAW bersabda : Ketika Allah menciptakan sorga, ia berkata kepada Jibrail a.s. : pergilah melihat sorga itu ! maka ia pergi melihatnya setelah kembali ia berkata : wahai Rab ku ! Demi kebesaranmu dan kehormatanku, tidaklah seseorang yang mendengar tentangnya kecuali ia akan berusaha memasukinya ! kemudian Allah SWT meliputi sorga itu dengan kesusahan-kesusahan ( ketaatan kepada syariat yang berlawanan dengan tabiat manusia ) dan Dia memerintahkan : Hai Jibrail ! pergilah sekali lagi melihat surga itu ! kemudian ia pergi dan melihatnya dan setelah kembali ia berkata : wahai Rab ku demi kebesaran dan kehormatan Mu, sesungguhnya saya khawatir bahwa tiada seorangpun yang akan dapat memasukinya ! kemudian Allah menciptakan neraka dan berkata : hai Jibrail pergilah melihat neraka itu ! maka ia pergi melihatnya, setelah kembali ia berkata : wahai Rab ku demi kebesaran Mu dan kehormatan Mu , tiadalah seorang yang mendengar tentangnya kecuali ia akan berusaha untuk menghindar dari padanya ! maka Allah SWT meliputi neraka itu dengan hawa nafsud dan perbutan-perbuatan yang tidak pantas, dan Dia memrintahkan : Hai Jibrail ! pergilah sekali lagi melihat neraka itu ! maka ia pergi, melihatnya dan setelah kembali ia berkata : Wahai Rab ku demi kebesaran Mu, kehormatan Mu dan keagungan Mu ; saya khawatir bahawa tiadalah seorangpun yangg dapat terhindar daripadanya ! ( HR.Abu Daud ).

























KEJAYAAN ADA DI DALAM MENTAATI PERINTAH-PERINTAH ALLAH TA’ALA



Untuk mendapatkan manfaat langsung dari Alah Ta’ala, maka perlu untuk meyakini bahwa kejayaan yang sempurna di dunia ini dan di akhirat terletak hanya dalam mentaati perintah-perintah Nya dengan cara yang telah ditunjukkan oleh Rasulullah SAW


Ayat-ayat Al Qur’an

قال الله تعلى : وما كان لمؤمن ولا مؤمنة إذا قضى الله ورسوله ، أمرا أن يكون لهم الخيرة من أمرهم ومن يعص الله ورسوله، فقد ضل ضللا مبينا (36) {الآحزاب: 36ْ}
Allah SWT berfirman : Tidaklah semestinya bagi seorang mukmin, laki-laki dan perempuan bila Allah dan Rasul Nya sudah menentukkan suatu keputusan, mereka akan memilih yang lain dalam keputusan mereka ; Barang siapa tidak mentaati Alah dan rasul Nya ia dalam kesesatan yang nyata. ( Al Azhab 33:36)

وقال تعلى:وما أرسلنا من رسول إلا ليطـاع بـإذ ن الله {النساء : 64 }
Allah SWT berfirman : Setiap Rasul yang Kami utus tiada lain supaya dipatuhi dengan ijin Allah. ( An nisa 4:64 )

وقال تعلى:وماءا تـكم الرسول فخذوه ومانـكم عنه فانتهوا {الخشر}
Allah SWT berfirman : Dan apa yang diberikan Rasul kepadamu terimalah, dn apa yang dilarang tingglkanlah . ( Al Hasyr 59 : 7 )

وقال تعلى: لقد كان لكم فى رسول الله أسوة حسنة لمن كان يرجوا لله واليوم الآخروذكرالله كثيرا (21) { الآحزاب : 21ْ}
Allah SWT berfirman : Sungguh dalam diri Rasulullah kamu mendapatkan teladan yang baik ; bagi barangsiapa mengharapkan Allah dan hari akhirat dan banyak yang mengingati Allah. ( Al Azhab 33: 21 )

وقال تعلى:فليحذر الذين يخا لفون عن أمره، أن تصيبهم فتنة أويصيبهم عذاب أليم ( النر: 63)
Allah SWT berfirman : maka hendaklah mereka yang menyalahi perintah Nya akan ditimpa cobaan atau ditimpa azab yang pedih. ( An nur 24: 63 )

وقال تعلى: من عمل صـلحا من ذكر أوأنثى وهو مؤمن فلنحيينه، حيوة طيبة ولنجزينهم أجرهم بأحسن ما كانوا يعملون (97) {النحل : 97ْ}
Allah SWT berfirman : Barangsiapa mengerjakan amal kebaikan laki-laki atau perempuan, dan dia beriman, pasti akan Kami beri ia kehidupan yang baru, suatu kehidupan yang baik dan bersih, dan akan Kami balas dengan pahala sebaik-baiknya sesuai dengan apa yang telah mereka kerjakan. (An-Nahl 16:97)



وقال تعلى:ومن يطع الله ورسوله، فقد فا فو اعظيما (71) {الأحزاب : 71}
Allah SWT berfirman : Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasulnya ia telah memperoleh kemenangan yang besar. (Al Azhab 33:71 )

وقال تعلى: قل إن كنتم تحبون الله فاتبعونى يحببكم الله ويغفر لكم ذنوبكم والله غفوررحيم {أل عمران : 31}
Allah SWT berfirman : Katakanlah ( Wahai Muhammad kepada manusia ) kalau kamu mencintai Allah maka ikutilah aku. Allah akan mencintai kamudan mengampuni segala dosamu. Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. ( Al Imran 33:31)

وقال تعلى: إن الذين ءامنوا وعملوا الصـلحت سيجعل لهم الرحمن ودا (96) {مريم: 96}
Allah SWT berfirman : kepada mereka yang beriman dan mengerjakan amal kebaikan, ( Allah ) yang Maha Pemurah akan menanamkan rasa kasih sayang. (Maryam 19:96)

وقال تعلى: ومن يعمل من الصـحت وهو مؤمن فلا يخاف ظلما ولا هضما (112) {طه : 112}
Allah SWT berfirman: Dan barangsiapa yang beramal saleh dan dia orang yang beriman, jangan khawatir akan mendapat perlakuan zalim dan dikurangi segala haknya. ( thoha 20 :112 )

وقال تعلى: ومن يتق الله يجعل له، مخرجا (2) ويرقه من حيث لا يحتسب { الطلاق : 2-3}
Allah SWT berfirman : Dan barangsiapa bertakwa kepada Allah ia membukakan jalan keluar bagi Nya.dan Ia membukakan rezekinya dari arah yang tak terduga-tuga ( At thalaq 65:2-3 )

وقال تعلى: ألم يروا كم أهلكنا من قبلهم من قرن مكنهم فى الأرض مالم نمكن لكم وأرسلنا السماء عليهم مدرارا وجعلنا الآنهر تجرى من تحتهم فأهلكنـهم بذنوبهم وأنشأنا من بعدهم قرناءخرين (6) {الآنعام}
Allah SWT berfirman : Tidakkah mereka perhatikan betapa banyak sebelum mereka yang telah kami binasakan ; generasi-generasi dibumi yang kami perkuat, yang tidak kami berikan kepada kamu ( kekuatan fisik, harta yang berlimpah, berasal dari keluarga yang mulia, menikmati kemuliaan, umur yang panjang, memiliki harta benda dan kekuatan dan seterusnya ). Untuk mereka kami curahkan air yang melimpah, kami jadikan sungai-sungai yang mengalir dibawah mereka. Namun kemudian Kami binasakan mereka karena dosa mereka sendiri dan sesudah itu kmi bangunkan generasi yang lain. ( Al an am 6 : 6 )


وقال تعلى: ألمال والبنون ينة ألحيوة الد نيا والبـقيت الصـلحت خيرعند ربك ثوابا وخير أملا (46) {الكهف : 46}

Allah SWT berfirman : Harta kekayaan dan anak-anak adalah hiasan kehidupan dunia. Akan tetapi amal kebaikan yang kekal dalam pandangan Tuhanmu itulah yang terbaik sebagai pahala dan terbaiksebagai harapan. ( Al Kahfi 18 : 46 )




وقال تعلى: ما عندكم ينفد وما عند الله باق ولنجزين الذين صبروا أجرهم بأحسن ماكانوا يعملون (96) {النحل : 96 }
Allah SWT berfirman : Apa yang ada padamu akan hilang dan apa yan ada pada Allah akan tetap bertahan. Dan pasti akan kami balas mereka yang sabar dan tabah, dengan pahala yang sebaik-baiknya sesuai dengan apa yangtelah mereka kerjakan. ( An nahl 16 :96 ).

وقال تعلى:وما أوتيتم من شىء فمتع الحيوة الدنيا وينتها وما عندالله خير وأبقى أفلا تعقلون (60) { القصص : 60}
Allah SWT berfirman : Segala sesuatu yang diberikan kepadamu hanyalah sebagai kenikmatan dan persiapan dalam hidup di dunia ini, tetapi apa yang ada pada Allah lebih baik dan lebih kekal. Tidakkah kamu mau memahami ? ( Al Qasas 28 : 60 )




Hadist-hadist Nabawi


173- عن أبى هريرة رضىالله عنه أن رسواللهصلىالله عليه وسلم قال: باد روا بالآعمال سبعا، هل تنتظرون إلافقرا منسيا، أوغنى مطغيا، أومرضامفسد، أوهرما مفندا، أومجهزا أوالدجال فشر غائب ينظر اوالساعة ؟ فالساعة أدهى وأمر. رواه الترمذ وقال : هذ حديث حسن غريب، باب ماجاء فى المبادرة بالعمل، رقم : 2306 الجامع الصحيح وهوا سنن الترمذى، طبع دار الباز
174. Abu Hurairah r.a. meriwayatkan : Bahwa Rasulullah SAW bersabda : bersegeralah mengerjakan amal-amal kebaikan sebelum terjadi 7 perkara. Adakah engkau akan masih menunggu akan suatu kemiskinan yang akan menjadikan engkau lupa, atau kekayaan yang akan menjadikan engkau membangkang, atau kesakitan yang akan menjadikan engkau tidak berdaya, atau umur yang tua yang akan menjadikan engkau hilang perasaanmu, atau kematian yang akan mengejutkan engkau ( sering tidak memberi peluang untuk bertobat ), atau dajjal yang adalah penjahat yang paling jahat yang dinanti-nantikan oleh orang jahat, atau masa ( Hari Pengadilan ) ? Masa itu adalah perkara yang sangat menyedihkan dan pahit ! ( HR.Tirmidzi )
Catatan : Ini bermakna bahwa seseorang mesti membuat persiapan untuk kehidupan akheratnya dengan mengerjakan amal-amal soleh sebelum salah satu dari tujuh keadaan yang tersebut diatas datang. Keadaan ini tidak boleh sampai yang salah satu dari halangan-halangan ini muncul dan seseorangg kehilangan kemampuan untuk melakukan amal-amal saleh.


175عن أنسى بن مالك رضىالله عنه يقول : قال رسوا لله صلىالله عليه وسلم يتبع الميت ثلاثة : فيرجع اثنان ويبقى واحد، يتبعه أهله وماله وعمله، فيرجع أهله وماله ويبقى عمله. رواه مسلم، كتاب الزهد، رقم: 7424
175. Anas Ibnu Malik r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : Tiga perkara akan menemani seorang yang mati ( pada saat penguburannya ) : dua daripadanya akan kembali dan hanya satu yang tinggal. Keluarga dan hartnya dan amalan-amalannya akan menemaninya da kemudian keluarga dan hartanya akan kembali dan amalan-amalannya saja yang tinggal bersamanya.. ( HR.Muslim )

176- عن عمرو ضىالله عنه أن النبى صلىالله عليه وسلم خطب يوما فقال فى خطبته : ألا إن الد نيا عرض حاضرياكل منها البر والفاجرالا وإن الآ خرة أحل صادق يقضى فيها ملك قادر، ألا وإن الخير كله بحذافيره فىالجنة، ألا وإن الشر كله بحذافيره فىالنار ألا فاعملوا وأنتم من الله علىحذير، واعلموا أنكم معروضون على أعمالكم، فمن يعمل مثقال ذرة خيرا يره، ومن يعمل مثقل ذرة شرايره. مسند الشافعى 1/148
176- Amr r.a. meriwatkan bahwa Nabi SAW pada suatu hari memberikan kutbah katanya: Dengarlah baik-baik ! dunia dan apa-apa yang ada padanya adalah barang keperluan yang sementara ( dan karena itu tidak ada harga dan nilai ), yang dibagi-bagi dan dimakan baik oleh orang yang baik dan orang yang durhaka ! sesungguhnya akherat adalah sesuatu yang hak dan akan tiba pada masa yang telah ditetapkan dalam mana pengadilan yang akan diadakkan oleh Raja Yang Maha Berkuasa.dengarlah baik-baik ! sesungguhnya segala kebaikan, dalam segala keaneka ragamannya ada dalam sorga ! sesungguhnya segala kejahatan, dalam segala keaneka ragamannya, berada dalam neraka hendaklah kami memahami ini denga sebaik-baiknya ; apa saja yang kamu lakukan, lakukanlah itu karena takut kepada Allah ; dan pahamlah bahwa kamu akan didatangkan ( dihadapan Allah Ta’ala ) bersama dengan amalan-amalanmu. Barangsiapa yang melakukan suatu amal kebaikan sebesar atom, ia akan melihatnya, dan barangsiapaa yang melakukan suaatu aamal kejahatan sebesar atom ia akan melihatnya juga ! ( Musnad Shaf’1 )


177- عن ابى سعيد الخدرى رضى الله عنه انه سمع رسول الله صلىالله عليه وسلم . يقول : إذا أسلم العبد فحسن إسلامه يكفر الله عنه كل سيئة كان زلفها وكان بعد ذلك القصاص : السنة بعشر أمثا لها إلى سبع مائة ضعف السيئة بمثلها إلا أن يتجاوزالله عنها .رواه البخارى ، باب حسن إسلام المرء رقم: 41
177. Abu Said Al Kudri r.a. meriwayakan bahwa : Ia mendengar rasulullah SAW bersabda : Apabila hamba Allah masuk kedalam Islam, dan kecantikan Islam datang dl;m kehidupannya, maka semua aamal-amal buruknya yang ia lakukan sebelumnya diampuni oleh Allah SWT. Oleh karena itu mulakanlah penyelesaian hisab pahala amal-amal baik adalah sepuluh kali sampai tujuh ratus kali ganda pahalanya dan amal-amal buruknya ia hanya dikenakan hukuman yang sama ( dengan satu amal keburukan ) akan tetapi jika Allah mengampuninya adalah masalah yang lain lagi. ( HR.Bukhari )
Catatan : Kecantikan Islam datang ke dalam kehidupan seseorang berrmakna bahwa : hati seseorang dipenuhi dengan cahaya iman dan jasadnya diabdikan dalam ketaatan kepada Allah SWT.


178- عن عمر رضلى الله عنه عن النبى صلىالله عليه وسلم . قال : الإ سلام أن تشهد أن لأ إله الله وأن محمدا رسول الله صلىالله عليه وسلم وتقم الصلاة، وتؤتى الزكاة، وتصوم رمضان، وتحج البيت إن استطعت إليه سبيلا. (وهوجزءمن الحديث) رواه مسلم. باب بيان الإيمان والإسلام.رقم : 93
178. Umar r.a. meriwaytkan bahwa : Nabi SAW bersabda : Islam ( rukun-ruku islam adalah ) bersaksi ( dengan hati dan lidah ) bahwa tiada yang patut disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah utusan Nya ; dan mengerjakan shalat, membayar zakat, puasa pada bulan ramadhan, mengerjakan ibadah haji ke Ka’bah, jikalau engkau ada kemampuan untuk melakukan demikian. ( HR.Muslim ).


129- عن أبى هريرة رضىالله عنه عن النبى صلىالله عليه وسلم قال: ألإسلام أن تعبد الله لاتشرك به شيئا وتقيم الصلوة وتوتى الزكاة وتصوم رمضان وتحج البيت، والأمر بالمعروف والنهى عن المنكر وتسليمك على أهلك فمن انتقص شيئا منهن فهوسهم من الإسلام يدعه ومن تركهن كلهن فقد ولى الإسلام ظهره. رواه الحاكم فى المستدرك 1/21 وقال : هذا الحديث مثلالأول فى الإستقامة
179. Abu Hurairah r.a. meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda : Islam adalah bahwa engkau menyembah Allah SWT dan tidak menserikatkan sesuatu kepada Nya, dan mendirikan shalat dan membayar zakat, dan berpuasa pada bulan Ramadhan, dan mengerjakan haji ke ka’bah, dan menyeruh kepada yang baik dan melarang daripada yang jahat, dan memberi salam kepada keluargmu. Oleh sebab itu jikalau seseorang mendapatkan sesuatu kekurangan dalam salah satu daripada ini ia telah kehilangan sebagian Islam dan barangsiapa meninggalkan semua daripadanya maka ia telah membelakangi Islam. ( Mustadrak hakim ).

180- عن حذيفة رضىالله عنه عن النبى صلىالله عليه وسلم قال : الإسلام ثمانية أسهم، الإسلام سهم والصلوة سهم والزكاة سهم وحج البيت سهم والصيام سهم والأمر بالمعرف سهم والنهى عن المنكر سهم والجهاد فى سبيل الله سهم وقد خاب من لا سهم له. رواه البزار وفيه: يزيد بن عطاء وثقه أحمد وغيره وضعفه جماعه وبقة رجاله ثقات، مجمع الزوائد1/191
180. Huzaifah r.a. meriwayatkan : bahwa Nabi SAW bersabda : bahwa Islam mempunyai delapan bagian penting. Iman adalah satu bagian, mengerjakan shalat adalah satu bagian dan membayar adalah zakat adalah satu bagian, dan haji ke rumah Allah adalah satu bagian dan berpuasa dalam bulan ramadhan adalah satu bagian, dan menyeruh kerpada yang baik adalah satu bagian, dan melarang daripada yang jahat adalah satu bagian, dan jihad (di jalan Allah ) adalah satu bagian ; dan sesungguhnya barangsiapa yang lupa baginya tidak ada bagian dalam Islam. ( Majma Uz Zawaid , Bazzar )

181- عن أبن عباس رضىالله عنهما عنالنبىصلىالله عليه وسلم قال: الإسلام أن تسلم وجهك لله وتشهد أن لآ إله إلا الله وأن محمدا عبده ورسوله وتقم الصلاة وتؤتي الزكاة. (الحديث) رواه أحمد1/319
181. Ibnu Abbas r.a. meriwayatkan bahwa : Nabi SAW bersabda : Islam adalah berserah diri kepada Allah ( menurut iman yaang saheh dan amal yang saheh ) dan bersaksi ( dengan hati dan lidah ) bahwa tiada yang patut disembah kecuali Allah dan bahwa Muhammad SAW adalah hamba dan utusan Nya, dan mendirikan shalat, dan membayar zakat. ( Musnad Ahmad ).

182- عن أبى هريرة رضىالله عنه أن اعرابيا أتى النبى صلىالله عليه وسلم فقال : دلنى على عملى إذا عملته دخلت الجنة، قال : تعبد الله لا تشرك به شيئا، وتقم الصلاة المكتوبه، وتؤدى الزكاة المفروضة، وتصوم رمضان، قال : والذى نفسىبيده ! لا أزيد على هذا، فلما ولى قال النبى صلىالله عليه وسلم من سره أن ينظر إلى رجل من أهل الجنة فلينظر إلى هذا. رواه البجارى، باب وجوب الزكاة، رقم : 1397
182. Abu Hurairah r.a. meriwayatkan bahwa : Seorag Badui mendekati Rasulullah SAW dan bertanya : Tunjukkan kepada saya suatu amalan sedemikian yang jikalau saya beramal dengannya, saya akan masuk sorga. Rasulullah SAW mnejawab : Sembahlah Allah dan janganlah menserikatkan sesuatu kepadanya, dan dirikanlah shalat fardu dan bayarlah zakat fardhu, dan berpuasalah pada bulan ramadhan. Kemudian Badui itu menjawab : Demi Dia yang nyawaku berada dalam genggaman tangan Nya ( saya akan melakukan amalan-amalan sebagaimana engkau jelaskan kepada saya ) saya tidak akan menambah lebih daripada itu. Kemudian ketika dia berpaling dan pergi, Nabi SAW bersabda :Barangsiapa yag ingin untuk melihat seorang laki-laki dari antara ahli sorga, maka ia boleh melihat kepadanya. ( HR.Bukhari )

183- عن طلحة بن عبد الله رضىالله عنه قال: جاءرجل إلى رسول اللها من أهل نجد ثائرالرأس نسمع دوى صوته ولا نفقه ما يقول حتى دنافإذا هو يسأل عن الإسلام ، فقال رسول اللهصلىالله عليه وسلم حمس صلوت فىاليوم والليلة، فقل : هل على غيرها؟ قال:لا، إلا أن تطوع، قال رسول الله صلىالله عليه وسلم وصيام رمضان، قال : هل على غيره؟ قال : لا، إلا تطوع، قال : وذكر له رسول الله صلىالله عليه وسلم الزكاة ، قال:هل على غيرها؟ قال : لا، إلا تطوع، قال : فأدبر الرجل وهو يقل: والله لا أزيد على هذا ولا أنقص، قال رسول الله صلىالله عليه وسلم أفلح إن صدق. رواه البخارى، باب الزكاة من ألإسلام، رقم : 46
183. Tolha Ibnu Ubaidullah r.a. meriwayatkan bahwa : seorang laki-laki datang kepada Rasulullah SAWdari suku Nadj. Rambut kepalanya kusut dan walaupun kami dapat mendengar dengungan suaranya akan tetapi ( karena jarak ) kami tidak dapat memahami apa yang ia katakan sehingga ia datang mendekat kepada Rasulullah SAW dan ( kami baru memahami bahwa ) ia bertanya tentang ( amalan-amalan ) dalam Islam. Kemudian Rasulullah SAW menjawab ( kepada pertanyaannya ) ada 5 kali shalat ( fardhu ) dalam sehari dan semalam. Lelaki itu kemudian bertanya : adakah saya diwajibkan untuk suatu shalat lebih daripada itu ? Rasulullah SAW menjawab : Tidak akan tetapi jikalau engkau ingin mengerjakan shalat nafil engkau boleh mengerjakan. Kemudian Rasulullah SAW berkata : dan puasa pada bulan Ramadhan adalah wajib. Ia berkata : adakah saya diwajibkan untuk puasa lebih daripada itu ? Rasulullah SAW menjawab : tidak, akan tetapi jikalau engkau ingin untuk mengerjakan puasa nafil engkau boleh melakukannya. Rasulullah SAW menyebut zakat. Ia bertanya adakah sedekah yang lain yang wajib ke atasku terpisah daripada zakat ? Rasulullah SAW menjawab : tidak, akan tetapi jika engkau ingin untuk memberi sedekah nafil engkau boleh melakukan demikian. Kemudian ia berpaling dan pergi sambil berkata : demi Allah saya tidak akan buat lebih daripada itu dan tidak akan mengurangi lebih daripada itu. Rasulullah SAW berkata : ia sudah berjaya jikalau ( ia berpegang teguh ) benar pada perkataannya. ( HR.Bukhari )

184- عن عبادة بن الصامت رضىالله عنه أن رسول الله صلىالله عليه وسلم قال وحوله عصابة من أصحابه- : بايعونى على ألأ تشركوا بالله شيئا، ولا تسرقوا، ولا تزنوا، ولا تقتلوا أولادكم، ولا تأتوا ببهتان تفترونه بين أيديكم وأرجلكم و، ولا تعصوا فى معروف، فمن وفى منكم فأجره على الله، ومن أصاب من ذلك شيئا فعوقب فىالد نيا فهو كفارة له، ومن أصاب من ذلك سيئا ثم ستره الله فهو إلى الله، إن ساء عفاعنه ، وإن شاء عاقبه، فبايعنا ه على ذلك. رواه البخارى، كتب الإيمان، رقم : 18
184. Ubadah Ibu Samit r.a. meriwayatkan : Rasulullah SAW berkata kkepada sekelompok para sahaabatnya yangsedang duduk mengelilinginya : Berbaitlah kepadaku bahwa kamu tidak akan menserikatkan sesuatu kepada Allah, dan bahwa kamu tidak mencuri dan tidak akan berzina, dan tidak akan membunh kanak-kanakmu ( karena takut akan berkurangnya keprluan ) dan tidak akan mmebuat fitnah dengan sengja kepada seseorang, dan tidaak akan melanggar suatu perinntah sariat ( hukum hakam islam ) oleh karena itu, brang siapa memenuhi sumpahnya pahalanya akan menjadi tanggung jawab Allah. Dan barangsiapa yang melakukan salahsatu daripada dosa-osa ini ( kecuali syirik, yakni menserikatkan sesuatu kepada Allah ) dan akan dihukum dalam dunia ini ( dengan had ) yakni hukuman menurut syariat, kemudian hkuman itu akan seimbang bagi dosanya. Akan tetapi jikalau salah satu dariopada dosa-dosaini dilakukandan Allah menyembunyikannya ( ia idakakan dihukum dlam dunia ini karena dosanya, maka dalam hal ini bergantung kepada kehendak Allah ; jikalau Ddia meghendaki Dia boleh ( dega rahmat dan kasih sayang Nya ) mengampuninya, dan jiklau Dia menhendaki Dia boleh menghukumnya. Demikianlah Ubadah Ibnu Samit r.a. berkata bahwa ( kami berbaiat kepada Rasulullah SAW pada perkara-perkara ini. (HR.Bukhari ).

185- عن معاذ رضىالله عنه قال : أوصانى رسول الله صلىالله عليه وسلم بعشر كلمت قال : لا تشرك با الله شيئا وإن قتلت وحرقت، ولا تعقن والديك وإن أمر اك أن تخرج من أهلك ومالك، ولا تتركن صلا مكتو بة متعمدا، فإن من ترك صلاة مكتوبة متعمدا فقد برئت منه ذمةالله، ولا تشربن خمرا فإته رأس كل فاحشة، وإياك والمعصية فإن بالمهصية حل سخط الله عزوجل، وإتاك والفرارمن الزحف وإن هلك الناس، وإذا أصاب الناس موت وأنت فيهم فاثبت، وأنفق على عياك من طولك ولا ترفع عنهم عصاك أدبا وأخفهم فى الله . رواه أحمد 5/238
185. Muaz r.a meriwayatkan : Rasulullah SAW mengajak kepadaku sepuluh perkara : jangan menserikatkan sesuatu kepada Allah bahkan walaupun kamu dibunuh dan dibakar ; dan jangan mendurhakai orang tuamu bahkan jikalau mereka menyuruh kamu utuk menceraikan istrimu dan belanjakanlah semua hartamu ; dan jangan kamu melalaikan dengan sengaja shalat fardhu, karena barangsiapa meninggalkan shalat dengan sengaja tidak ada baginya tanggungjawab Allah ; da janganlaah kamu minum arak, karena sesungguhnya ia adalah sumber dari seegala amalan buruk ; dan berwaspadalah daripada mendurhakai Allah Ta’ala, karena sesungguhnya mendurhakai Nya menyebabkan murka Allah diturunkan ; dan hati-hatilah melarikan diri dari barisan pertempuran walaupun semua sahabat-sahabatmu matii ; dan jjikalau orang-orang mati ( dar malapetka sperti wabah dan seterusnya ) dan kamu berada diantara mereka tetaplah tinggal diaman kamu ada, dan berbelanjalah keatas keluarga kamu menurut kesanggupan hartamu ; dan janganlah kamu meninggalkan menggunakan tongkat dalam membesarkan mereaka dengan kebiasaan –kebiasaan baik dan jadikan mereka takut kepada Alllah. (Hr.Bukhari )
catatan : dalam hadist ini ketaatan kepda orang tua yang disebut adalah ketaatan pada peringkat yang tinggi. Demikian pula dikatakan dalam hadis ini : Janganlah menderiktkan sesuatu kepada Allah walaupun kamu dibunuh dan dibakar, menyebutkan peringka amalan yang tertinggi karena dalam keadaan sedemikian diperbolehkan untuk mengucapkan kata kufr jikalau hati penuh beriman.

186- أبى هريرة رضىالله عنه قال: قال النبى صلىالله عليه وسلم من امن باالله وبرسوله وأقام الصلاة، وصام رمضان كان حقاعلى الله أن يد خله الجنة، جاهد فى سبيل الله إوجلس فى أرضه التى ولد فها فقالوا: يا رسول الله! أفلا نبسر الناس ؟ قال : إن فى الجنة مائة درجة أعدها الله للمجا هدين فى سبيل الله، مابين الد رجتين كما بين السماء والأرض، فإذ سألتم الله فاسئالوه الفردوس فإنه أوسط الجنة وأعلى الجنة وفوقه عرش الرحمن ومنه تفجر النار الجنة. رواه البخارى، باب درجات المجاهدين فى سبيل الله، رقم : 279
186. Abu Hurairah r.a. meriwayatkan bahwa : Nabi SAW bersabda : Jikalau seorang beriman kepada Allah dan Rasul Nya mendiirikan shalat, dan berpuasa pada bulan ramadhan, Allah SWT pasti akan memasukkannya kedalam sorga ; Apakah ia terlibat dalam jihad di jalan Allah, ataukah ia tinggal ditempatnya dimana ia dilahirkan tanpa ( terlibat dalam) jihad . Sahabat r.anhum bertanya : Wahai Rasulullah ! bolehkah kami sampaikan kabar gembira ini kepada khalayak ramai ? Rasulullah SAW menjawab : jangan ( karena), di sorga ada seratus tingkat yang Allah sediakan bagi orang-orang yang berjihad di jalan Allah dan antara tiap-tiap dua tingkat ada jarak yang sama dengan jarak antara bumi dan langit. Oleh sebab itu apabila kamu berdoa kepada Allah untuk sorga, mintalah kepadanya untuk sorga firdaus, karena tingkat ini adalah bagian sorga yang terbaik dan tertinggi, diatas tingkat ini terdapat Arsy daripada yang maha pengasih, dan dari sana sungai-sungai sorga mengalir. ( HR.Bukhari ).


187- عن أبى الدرداء رضىالله عنه قال : قال رسول الله صلىالله عليه وسلم خمس من جاء بهن مع إيمنان دخل الجنةز من حافظ على الصلوات الخمس على وضونهمن وركو عهن وسجو دهن ومواقيتهم وصام رمضان وحج البيت إن استطاع إليه سبيلا واتى الزكاة طيبة بها نفسه وأدى الأ مانة، قيل : يارسول الله ! وما أداء الأمانة ؟ قال : الغسل من الجنابة إن الله لم يأمن ابن ادم على شىء من دينه غيرها. رواه الطبرانى ياسند ، الترغيب 1/241
187. Abu Darda r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : barangsiapa yang datang pada mahkamah Allah dengan iman dan mengerjakan lima amalan ini akan masuk sorga : ia yang menegerjakan shalat lima kali secara istiqomah pada waktu-waktu yang telah ditetapkan, mengambil wudhu dengan sempurna, ruku’ dan sujud ; berpuasa selama bulan ramadhan ; melaksanakan ibadah haji jikalau ia memiliki kemampuan ; membayar zakat dengan suka hati ; dan meninaikan amanah yang dipercayakan kepadanya. Ketika ditanya : wahai Rasulullah apa yang dimaksudkan dengan menunaikan amanah ? Rasulullah SAW menjawab : bersuci dari janabah ( mandi sesudah dalam keadaan hadas besar ), karena Allah SWT tidak menempatkan amanah dengan bani Adam mengenai suatu amalan agama kecuali bersuci dari janabah ( karena mandi janabah merupakan amalan yang tersembunyi yang dilakukan karena takut pada Allah dapat menjadikan seseorang untuk mengerjakannya ). ( HR.Tabrani )


188- عن فضالة بن عبيد الأنصارى رضىالله عنه يقول : سمعت رسول الله صلىالله عليه وسلم تقول : أنا زعيم لمن امن بى وأسلم وهاجر ببيت فى ربضالجنة، وبيت فى وسط الجنة، وأنا زعيم لمن امن بى وأسلم وحاهد فى سبيل الله ببيت فر ربض الجنة ، وبيت فى أعلى غرف الجنة، فمن فعل ذلك لم يدع للخير مطلبا ولا من الشر مهربا يموت حيث شاءأن يموت. رواه ابن حبان، قال المحقق : إسناده صحيح10/480
188. Fadhala Ibnu Ubaid Al Anshari meriwayatkan : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda : saya bertanggungjawab untuk menetapkan kepada sesiapa yang memiliki iman kepadaku, dan mentaati aku, dan berhijrah, akan mendapatkan sebuah rumah ditepi sorga dan sebuah rumah ditengah-tengah surga. Dan bagi seorang yang memiliki iman kepada ku, mentaati aku, dan berjuang dalam jihad dijalan Allah, saya bertanggungjawab untuk menetapkan baginya sebuah rumah pada pinggiran surga, sebuah rumah ditengah-tengah surga, dan sebuah rumah diatas sorga. Barangsiapa melakukan ini telah memperoleh kebaikan dari segala sesuatu dan diselamatkan daripada kejahatan segala sesuatu dan dalam apa saja keadaan ia mati ( ia akan berhak mendapatkan sorga ). ( Ibnu Hibban )


189- عن معاذ بن جبل رضىالله عنه قال: سمعت رسول الله صلىالله عليه وسلم بقول : من لقى الله لا يشرك به شيئا يصلى الخمس ويصوم رمضان غفرله . (الحديث ) رواه أحمد 5/232
189. Muaz Ibnu Jabal r.a. meriwayatkan : Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda: Barangsiapa menjumpai Allah SWT dalam suatu keadaan yang ia tidak menserikatkan sesuaatu dengannya, menjaga lima kali shalat dan berpuasa selama bulan ramadhan, ia akan diampuni. ( Musnad Ahmad )

190- عن أبى هريرة رضىالله عنه قال: قال رسول اللهصلىالله عليه وسلم من لقى الله لا يشرك به شيئا وأدى زكاة ماله طيبا بها نفسه محتسبا وسمع وأطاع فله الجنة.(الحديث) رواه أحمد2/361
190. Abu Hurairah r.a. meriwayatkan bahwa : Rasulullah SAW bersabda : Barangsiapa menjumpai Allah SWT dalam suatu keadaan yang ia tidak menserikatkan sesuatu dengan Allah, dan membayar zakat atas hartanya dengan suka hati, semata-mata mengharapkan pahala ; dan ia mendengar dan mentaati ( imam , pemimpin, dalam islam ), maka sorga menjadi wajib baginya. ( Musnad Ahmad )

191- عن فضالة بن عبيد رضىالله عنه قال : قال النبى صلىالله عليه وسلم المجاهد من جاهد نفسه. رواه الترمذ وقال: حديث فضالة حديث حسن صحيح، باب ماجاء فى فضل من مات مرابطا، رقم: 1621
191. Fadhala Ibnu Ubaid r.a. meriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda : Mujahid ( orang yang berjuang dijalan Allah ) adalah orang yang berperang melawan hawa nafsunya sendiri yakni dia berjuang untuk beramal melawan kehendak pribadinya sendiri ( dan keinginan dari dalam dirinya sendiri ). ( HR.Tirmidzi )

192- عن عتبة بن رضىالله عنه أن رسول الله صلىالله عليه وسلم قال : لوأن رجلا يخرعلى وجهه من يوم الد إلى يوم يموت فى مرضاة الله عزوجل لحقره يوم القيامة. رواه أحمد والطبرانى قى الكبير وفيه: بقية وهو مد لس ولكن صرح بالتحديث وبقية رجاله وثقوا ، مجمع الزوائد1/210
192. Utbah Ibnu Abd r.a. meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : jikalau seseorang tetap dalam sujud mulai dari hari ketika ia dilahirkan sampai hari ia mati, semata-mata karena Allah SWT, namun demikian pada Hari Kiamat ia akan mendapatkan amal ini sangat kecill. ( Musnad Ahmad, Tabrani, Majma Uz Zawaid )

193- عن عبدالله بن عمرورضىالله عنهما قال : سمعت رسول الله صلىالله عليه وسلم يقول : خصلتان من كانتا فيه كتبه الله شاكرا صابرا، ومن نظرفى د نياه إلى من هو دونه فحممدالله علىمافضله به عليه، كتبه الله شاكرا وصابرا؛ ومن نظرفى دينه إلى من هو دونه ونظر فى دنياه إلى من هو فوقه فأسف على ما فاته منه، لم تكتبه الله شاكرا ولا صابرا. رواه الترمذى وقال : هذا حد يث حسن غريب، باب انظروا إلى من هوأسفل منكم، رقم : 2512
193. Abbdullah Ibnu Amr r.anhum. meriwayatkan : saya mendengar Rasulullah SAW bersabda : barangsiapa yang memliki dua kebiasaan akan dicatat oleh Allah berada di kalangan orang yang bersyukur dan orang yang sabar. Dan jikalau ia tidak memiliki kedua kebiasaan ini, maka tidak dicatat oleh Allah berada diantara orang-orang yang bersyukur dan sabar : Barangsiapa yang melihat kebaikannya dalam islam dan mengikutinya, dan melihat seseorang lebih rendah dalam urusan-urusan duniawi dan kemudian menyatakan kesyukurannya kepada Allah SWT , yang karena rahmat dan kasih sayang Allah telah menjadikannya dalam suatu keadaan lebih baik. Maka Allah akan mencatatnya diantara orang yang bersyukur dan bersabar. Dan barangsiapa yang melihat kepada kerendehnnya mengenai Din ( agama ), dan memandang bahwa seorang yang kaya dalam dunia lebih baik, dan ia mengeluh karena mendapat yang lebih sedikit, maka Allah SWT tidak akan mencatatnya berada diantara orang yang bersyukur dan bersabar. (HR.Tirmidzi ).

194- عن أبى هريرة رضىالله عنه قال: قال رسول الله صلىالله عليه وسلم الد نيا سجن المؤمن وجنة الكافر. رواه مسلم، باب الدنيا سجن للمؤمن . رقم : 7417
194. Abu Hurairah r.a. meriwayatkan : bahwa Rasulullah SAW bersabda :dunia ini adalah penjara bagi seorang beriman, dan sorga bagi seorang kafir. (HR.Muslim )
catatan : Bagi seorang beriman pahala-pahala dan kesenangan sorga yang ada disaana baginya menjadikan dunia ini seperti penjara, dan bagi orang kafir azab yang tidak berkesudahan diakherat menjadikan dunia ininampak kepada mereka laksaana sorga. ( Mirqaat ).


195- عن أبى هريرة رضىالله عنه قال: قال رسول الله صلىالله عليه وسلم إذا اتخذ الفىء دولا، والأ مانة مغنما، والزكاة مغرما، وتعلم لغير ال ين، وأطاع الرحل امرأته وعق أمه، وأدنى صديقه وأقص أباه وظهلرت الأصوات فى المساجد، وساد القبيلة فاسقهم، وكان زعيم القوم أرذلهم ، وأكرم الرجل مخافة شره، وظهرت القينات والمعازبف، وشربت الخمور، ولعن اخر هذه الأمة أولها فليرتقبوا عند ذلك ريحا حمراء وزلزلة وخسفا ومسخاوقذفا، وايات تتابع كنظام بال قطع سلكه فتتابع. رواه الترمذى، وقال : هذا حديث غريب، باب ماحاءفى علامة حلول
195. Abu Hurairah r.a. meriwayatkan : Rasulullah SAW bersabda : ketika ghanimah ( harta rampasan perang yang dibagi-bagikan pemimpin ) dikira sebagai harta sendiri, dan tanah milik yang diberikan sebagai amanah akan dikira sebagai ghanimah ( yang dimakandan dirampas untuk diri sendiri ) zakat akan dilihat sebagai hukuman ( yang diberikan karena segan ) pengetauhan yang dicari untuk keperluan dunia yang dituntut bukan untuk kepentingan islam, seorang laki-laki yang mentaati istrinya dan merendahkan ibunya, seorang akan menjaga sahabat-sahabatnya lebih dekat kepadanya dan menjauhkan ayahnya, suara-suara bising akan ditimbulkan secara terbuka dimesjid-mesjid, para pendosa akan menjadi pemimpin keatas kaum mereka, dan anggota suatu perkumpulan yang paling hina akan menjadi pemimpinnya, seorang akan dihormati karena takut mudharat yang boleh ia sebabkan, penyanyi-penyanyi wanita dan alat-alat musik akan lebih digemari, minum arak menjadi kebiasaan, dan generasi belakangan akan mulai melaknat generasi-generasi sebelumnya, maka bersiap-siaplah, karena angin merah yang galak, gempa bumi akan ditelan oleh bumi, pencacatan ( muka-muka manusia ), hujan batu dari langit seperti hujan, dan penyaakit-penyakit berantai secara terus menerus disusul oleh satu dengan yang lain, seperti manik-manik, dari kalung yang jatuh sau disusul oleh yang lain, ketika talinya putus. ( HR.Tirmmidzi ).


196- عن عقبة بن عامررضىالله عنه قال: قال رسول الله صلىالله عليه وسلم إن مثل الذى يعمل السيئات، ثم يعمل الحسنات، كمثل رجل كانت عليه درع ضيقة قد خنقته ، ثم عمل حسنة فانفكت حلقة ثم عمل حسنة أخرى فانفكت أخرى ، حتى يخرج إلى الأرض . رواه احمد 4/145
196. Uqbah Ibnu Amir r.a. meiwayatkan bahwa Rasulullah Saw bersabda : Barangsiapa yang melakukan amalan-amalan buruk, dan sesudah itu menjaga melakukan amalan-amalan baik, adalah seperti seorang yang ditutup oleh baju besi yang sempit yang mencekeknya, dan kemudian apabila ia melakukan satu amalan baik, maka sambungan baju besi itu terlepas dan apabila ia melakukan amalan baik berikutnya maka sambungan yang kedua terlepas, demikianlah dengan melakukan setiap amalan baik maka sambungan demi sambungan akan terlepas yang akhirnya ( baju besi itu ) akan terjatuh ketanah. ( Musnad Ahmad )
Catatan : ini bermakna bahwa seorang pendosa terikat dalam dosa-dosanya dan berada dalam keadaan kesukaran. Dengan melakukan amalan-amalan baik maka keterikatannya dengan dosa-dosa secara perlahan terlepas dan kesukaran-kesukarannya terangkat.

197- عن عبدالله بن عباس رضى الله عنهما أنه قال: ماظهر الغلول فى قوم قط إلا القى فى
قلوبهم الرعب ولا فشى الزنا فى قوم قط إلا كثر فيهم الموت ولا نقص قوم المكيال والميزان ألا قطع عنهم الرزق ولا حكم قوم بغير الحق إلا فشى فيهم الدم ولا ختر قوم بالعهد إلا سلط عليهم العدو. رواه الإمام ملك فى الموطا، باب ماجاء فى الغول ص 476
197. Abdullah Ibnu Abbas r.a. berkata : apabila penggelpan dalam ghanimah ( harta rampasan perang ) menjadi lajim dianatara manusia, Alah SWT akan meletakkan rasa takut terhadap musuh kedalam hati-hati mereka ; dan apabila perzinahan merebak dianatar manusia, maka kematian akan menjadi umum dikalangan mereka ; dan apabila manusia memendekkan ukuran dan berat, maka rezeki mereka akan dicabut ( keberkahan rezeki yang kan ditarik ; dan apabila orang melakukan ketidak adilan dalam pengambilan keputusan, maka pertumpahan darah akan menyebar dintara mereka, dan apbila oraan melanggar janjji-janji mereka, maka musuh akan diadakan ke atas mereka. ( Muattak Imam Malik ).

198- عن ابى هريرة ر ضى الله عنه أنه سمع رجلا يقول : إن الظالم لا يضر إلا نفسه فقال أبوهريرة رضى الله عنه : بلى والله حتى الحبارى لتموت فى وكرها هزلا لظلم الظالم .رواه البيهقى فى شعب الإ يمان 6/54
198. Abu Hurairah r.a. mengatakan bahwa ia mendengar seorang berkata : seorang yang kejam hanya memudaratkan dirinya sendiri. Atas perkataan ini Abu Hurairah berkata : ia tidak hanya memudaratkan dirinya sndiri, akan tetapi saya bersumpah demi Allah, bahwa oleh karena kekejaman penindas burung puyuh bertambah buruk dan binasa dalam sarangnya sendiri ( HR.Baihaqi )
Catatan : Kemudaratan seorang yang kejam tidak dibatasi pada orang yang kejam, tetapi nasib buruknnya dapat menyebabkan penderitaan akan malapetaka dalam segala bentuk dapat tersebar. Hujan akan berhenti, dan akibatnya bahkan burung-burung tidak mendapatkan sebutir gandum, dan akhirnya binasa dalam sarang-sarang mereka karena kelaparan.

199- عن سمرة بن جندب رضىالله عنه قال: كان رسول الله صلىالله عليه وسلم يعنى مما يكثر أن يقول
199. Samura Ibnu Jundub r.a.meriwayatkan : Rasulullah SAW sering sekali bertanya kepada sahabat-habatnya : adakah seseorang daripada kamu yang bermimpi ? maka salah satu daripada mereka akan menceritakan mimpinya dan Rasulullah SAW akan menjelaskannya. Suatu pagi Nabi SAW bersabda : malam tadi dua orang datang kepadaku (dalam mimpi ) dan membangunkan saya dan berkata : pergilah bersama dengan kami. Saya berangkat dengan mereka dan kami melewati seorang laki-laki yang berbaring, dan seorang lagi berdiri dari sebelah atas kepalanya, ia memagang batu karang yang besar, dan ia melemparkan batu itu kekepala laki-laki ( yang sedang berbaring itu ) sehingga batu itu meremukkan kepalanya. Batu itu terlempar jauh sehingga samapi ke ujung jalan, kemudian orang yang melempar itu menyusulnya dan membawa batu itu kembali ketika dia sampai kepada orang itu, kepalanya telah pulih dalam keadaannya yang normal. Pelempar itu kemudian melakukan hal yang sama sebagaimana ia telah lakukan sebelumnya. Saya bertanya kepada sahabat-sahabatku Subhanallah siapakah kedua orang ini ? mereka berkata : mari kita berjalan terus ! maka kami meneruskan perjalanan dan kami datang kepada seorang laki-laki yang sedang berbaring diatas belakangnya ; dan seorang laki-laki yang lain berdiri sebelah atas kepalanya dengan sebuah kail besi , dan ia meletakkan kail itu dari satu sisi mulut laki-laki itu, mensobek pipi salah satu daripada mukanya, hidungnya dan matanya sampai ketengkuk, dan demikian pula ia melakukan hal yang sama pada pipi sebelah yang lain. Ketika ia mencabik-cabik salah satu bagian dari muka orang itu bagian yang satu telah kembali dalam keadaan yang normal, kemudian ia kembali kepada bagian yang pertama utuk mengulanginya. Saya bertanya kepada kedua sahabatku : Subhanallah ! siapakah kedua orang ini ? mereka meminta saya untuk pergi kemudian kami meneruskan perjalanan dan kami sampai pada sesuatu seperti tannur ( semacam oven bakar, sebuah lobang yang biasanya terbuat dari tanah untuk membakkar roti. Rasulullah SAW bersabda : dalam oven itu terdengar suara ribut dan jeritan. Kami melihat ke dalamnya dan mendapatkan laki-laki dan wanita dalam keadaan telanjang dan nyala api yang sampai kepada mereka dari bawah, dan apabila api itu sampai kepada mereka mereka menjerit dengna suara yang keras. Saya bertanya kepada mereka ; siapakah mereka ini ? mereka meminta saya untuk pergi, maka kami meneruskan perjalanan. Kemudian kami datang sampai kesebuah sungai yang berwarna merah seperti darah. Rasuklullah SAW menmbahkan : dan sesungguhnya ! dalam sungai itu ada seorang laki-laki yang sedang berenang, dan pada tepinya ada seorang laki-laki yang sudah mengumpulkan batu-batu. Lelaki yang sedang berenang itu datang mendekat kepada laki-laki dengan batu-batu itu. Orang yang terdahulu membuka mulutnya dan orang yang kemudian( yang berada pada tepi sungai ) melemparkan batu kedalam mulutnya, kemudian dia pergi dan berenang kembali. Ia kembali, dan setiap kali ini di ulangi. Saya bertanya kepada kedua sahabatku : siapakah mereka ? mereka berkata kepadakku : Teruskan! Teruskan ! maka kami meneruskan perjalanan sehingga kami datang pada seorang laki-laki dengan wajah yag menjijikkan, wajah yang sangat menjijikkan yang tak pernah terlihat ! selain dia ada api dan ia sedang menyalahkannya dan berlari mengelilingi api itu. Saya bertanya sahabat-sahabatku : siapakah orang ini ? mereka berkata kepadaku : teruskan–teruskan maka kami meneruskan perjalanan sehingga kami sampai pada sebuah taman yang daun hijaunya sangat lebat, yang memiliki warna dari semua sumber. Ditengah-tengah kebun itu ada seorang laki-laki yang sangat tinggi dan saya dpat melihat kepalanya ; karena sangat tinggi, dan disekelilingnya ada kanak-kanak dalam jumlah yang besar yang tidak pernah saya liha sesuatu seperti itu. Saya bertanya kepada sahabat-sahaatku : siapakah ini? Mereka menjawab : teruskan teruskan ! maka kami teruskan perjalanan sehingga kami datang kepada sebuah taman yyang sangat anggun, lebih besar dan lebih baik daripada yang pernah saya lihat ! kedua sahabatku berkata kepadaku : pergilah dan naiklah. Rasulullah SAW menampakkan : maka kami naik sehingga kami mendapati sebuah kota yang dibangun daripada emas yang bata-batannya terbuat dari emabs dan perak, dan kami pergi kegerbangnya, dan pintunya terbuka maka kami masuk dalam kota itu, dan kami mendapatkan didalamnya laki-laki dengan separuh badannya sangat tampan sebagaimana orang yang paling tampan yang pernah engkau lihat. Separuh yang lain badan mereka sejelek orang yang paling jelek yang pernah kamu lihat. Kedua sahabat ku memerintahkan orang-orang ini untuk terjun kedalam sungai itu sesungguhnya ada sebuah sungai yang mengalir ( melewati )yang airnya putih seperti susu. Orang –orang yang pergi dan mencelupkan didalamnya dan kemudian kembali kepada kami dengan kejelekkan mereka yang tertutup dan menjadi tampan keseluruhannya. Rasulullah SAW menambahkan : kedua sahabat-sahabatku kemudian sambil menunjuk berkata kepada ku, itulah tempat buat kamu, yaitu Jannatul And . saya mengangkat pandangan saya dan sesuungguhnya saya melihat disana sebuah mahligai seperti awan putih ! kemudian kedua sahabat iu berkata kepadaku : bahwa istana itu adalah kepunyaanmu. Saya berkata kepada mereka. بارك الله فيكما Artinya :Semoga Allah memberkahi kalian berdua ! ijinkan saya untuk masuk kedalamnya. Mreka menjawab : buka sekarang, tetapi engkau akan memasukinya ( pada suatu hari ). Saya berkata kepada mereka : saya telah melihat banyak kejadian pada malam ini. Apa kah makna dari semua ini ? mereka menjawab : kami akan memberitahu kamu : peristiwa orang pertama yang kamu lalui, kepalanya sedang di lempari dengan batu, ia adalah simbol seoorang yang mempelajari Al Qur’an dan kemudian tidak membacanya atau tidak beramal dengan perintah-perintahnya, dan tidur tanpa mengerjakan shalat. Dan bagi orng kamu lalui keatasnya kedua sisi mulutnya, hidung dan matanya disobek dari depan ke belakang, ia adalah simbol laki-laki yang kleuar darai rumahnya pada waktu pagi dan menyebarkan kebohongan-kebohongan yang menyebar keseluruh dunia. Dan laki-laki dan perempuan yag telanjang itu, yang kamu lihat dalam oven seperti bangunan adalah pezina laki-laki dan wanita. Laki-laki yang engkau lihat sedang berenang disungai dan yag diberikan batu unuk dietelan adalah pemakan riba , dan laki-laki yang kelihatan jelek yang kamu lihat dekat api yang sedang dinnyalakannya dan pergi mengelilinginya adalah Malik penjaga neraka, dan laki-laki yang tinggi yang engkau melihatnya dalam taman adalah Ibrahim a.s., dan kanak-kanak yang mengelilinginya adalah kanak-kanak yang mati dalam keadaan fitrah. Periwayat menambahkan : sebagian orang islam bertanya kepada nabi SAW wahai Rasulullah ! bagaimanakah dengan kanak-kanak orang musrikin, yang mana Rasulullah menjawab : dan juga kanak-kanak orang musrikin. Rasulullah saw menambahkan : orang yang engkau lihat separuh tampan dan separuh jelek, adalah orang-orang yang bersama dengan amalan-amalan baik memiliki juga amalan-amalan yang buruk akan tetapi Allah mengampuni mereka. ( HR.Bukhari )

200- عن ابى ذر أبى الدراء رضى الله عنهما أن رسول الله صلىالله عليه وسلم . قال: إبى لأعرف أمتى يوم القيمات بين الأمم ، قالوأ : يارسول الله ! وكيف تعرف امتك ؟ قال : أعرفهم بسيماهم فى وجوههم من أثرالسجود أعرفهم يؤتو ن كتبهم بأيمانهم وأعرفهم بسيماهم فى وجوههم من أثر السجود وأعرفهم بنورهم يسعى بين أيدهم . رواه أحمد 5/199
200- Abu Dzar dan Abu Darda r.anhuma meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda : sungguh saya kan mengenal umatku antara semua umat yang lain pada hari kebangkitan . sahabat r.anhumm berkata : wahai Rasulullah SAW bagaimana engkau dapat mengenal umatmu ? Baginda bersabda saya akan mengenal mereka dengan buku-buku amalan mereka dalam tangan kanan mereka. ; saya akan mengenal meerka dari muka-muka mereka mereka yang bercahaya karena tanda-anda pada dahi-dahi mereka karena mereka senantiasa bersujud. Dan saya akan mengenal mereka dengan sebuah nur yang khsusus yang mengalir dihadapan mereka. ( Musnad Ahmad )
Catatan : Nur ini akan menjadi cahaya iman bagi setiap orang beriman. Setiap orang beriman, akan menrima bagian cahaya, menurut kekuatan imannya.( Kashaf-Ur-Ahman).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar